COOKING,  RECIPES

SUNNYGOLD, Frozen Food Olahan Ayam Favorit Keluarga Mamika. Sudah Pernah Coba?


Hello Readers
!

Sudah 2021 nih, bagaimana perasaannya?

Apa? Bosan? Yah, itu sih semua orang juga tahu karena mereka juga merasakannya. Termasuk saya, tentunya! Tetapi, demi kebaikan bersama (bahkan seluruh dunia!), kita semua mau tidak mau, suka tidak suka, sebisa mungkin harus tetap di rumah saja. Pergi keluar sebaiknya bila hanya ada kepentingan mendesak agar penyebaran covid-19 berhenti. Sudah hampir setahun loh pandemi ini. So, just stay at home masih tetap cara terbaik untuk mengurangi penyebaran virus. Sabar yaa 🙂

Ngomongin soal bosan selama pandemi, selain karena kendala terbatasnya aktivitas di luar rumah, adakalanya seorang ibu rumah tangga seperti saya ini bosan dengan aktivitas dapur. Ya, aktivitas dapur alias memasak. Sehari-hari, bahkan sebelum pandemi ini ada, saya terbiasa untuk masak sendiri di rumah. Bedanya, sebelum pandemi di waktu akhir pekan, biasanya saya libur masak. Saya dan keluarga pergi makan di luar, entah itu di restoran besar, small cafe, atau sekedar restoran fast food dekat rumah. Sedangkan saat pandemi, aktivitas makan di luar saat akhir pekan seperti dahulu, saya tunda. Adapun jika dilakukan sekarang akan sangat beresiko, apalagi bawa anak-anak. Lalu, kendalanya di mana? Kendalanya adalah pusing memikirkan variasi menu makanan, bahkan disaat akhir pekan sekalipun. So, terkadang menunya ya itu-itu saja alias kurang beragam, Bund!

SunnyGold Nugget Sosis ayam

Pandemi ini sebenarnya menjadi sebuah tantangan untuk saya, tantangan membuat menu makanan berbeda setiap harinya. Bahkan setiap minggunya. Apalagi punya anak kecil yang mood makannya naik turun dan gampang bosan. Membuat berbagai variasi menu makanan dari mulai sarapan, makan siang, dan makan malam tidaklah mudah. Belum ditambah variasi menu cemilan. Menguras pikiran dan juga tenaga, Shaaay…!

Sebagai alternatif variasi menu makan sehari-hari saat pandemi, selain delivery makanan restoran, solusi saya adalah selalu stok frozen food di kulkas. Selain praktis, tak perlu prepare bahan mentah, memasak frozen food dapat menghemat waktu dan tenaga juga. Tak bisa dipungkiri, seorang ibu terkadang muncul rasa ‘lagi malas masak’, ya kan? Tentu ketika rasa itu muncul, menu masakan pun inginnya yang cepat, praktis, mudah, dan enak.

Sunnygold nugget

Well, sesuai judulnya, saya memang akan mengulas produk frozen food olahan favorit keluarga, yaitu merek SunnyGold. Sebelum saya membahas tentang SunnyGold, kalian para pembaca pasti bertanya, mengapa harus frozen food sih? Mengapa tidak membuat sendiri?

Dari dulu, saya memang sudah terbiasa stok makanan di kulkas. Mulai dari sayuran, buah-buahan, bahan makanan protein mentah (telur, ayam, seafood, atau daging sapi), hingga frozen food yang seperti tadi saya katakan. Stok tersebut biasanya adalah stok untuk satu bulan (kecuali sayur dan buah adalah stok mingguan). Untuk frozen food yang saya stok di kulkas pun beragam. Mulai dari frozen food cemilan, seperti dimsum, donat frozen, kebab, risoles, hingga frozen food lauk protein pendamping nasi seperti olahan daging ayam bumbu siap goreng, nugget ataupun daging sosis.

Sudah stok daging mentah, ayam, ikan dan teman-temannya, mengapa masih tetap stok frozen food daging-dagingan siap saji juga?

Alasan pertama, tentu untuk menghemat waktu dan tenaga. Alasan lainnya,  frozen food olahan hewan seperti nugget ayam dan sosis bisa menjadi salah satu upaya saya untuk mengkontrol rasa bosan pada makanan yang saya masak sehari-hari. Tak munafik, saya stok frozen food karena rasanya yang saya akui lebih enak dibanding masak sendiri, hahaha. Adanya stok frozen food juga sebagai ‘penyelamat’ ketika saya telat bangun untuk mempersiapkan bekal makanan suami dan anak-anak di pagi hari. Hehehe.

Nah, karena suami dan anak-anak adalah pecinta sejati ayam, stok frozen food di kulkas pun didominasi oleh olahan ayam. Oleh karena itu, seperti pada judul tulisan ini, saya ingin berbagi cerita dengan membuat ulasan produk SunnyGold yang biasa saya beli setiap bulannya.

 

SUNNYGOLD

Sunnygold frozen food

Siapa yang di sini juga menyukai produk SunnyGold seperti saya? Suka produk yang mana nih? Nugget, karage, tempura, sosis, atau yang mana nih? Bagi yang pernah mencoba, SunnyGold memang terkenal enak karena cita rasanya yang ayam banget dengan daging yang tebal.

Sedikit cerita, awal mula saya tahu merek ini adalah dari tetangga. Dulu sebelum pandemi, ketika tetangga saya sedang menyuapi anaknya sambil bermain di taman komplek, saya iseng tanya anaknya sedang disuapi dengan lauk apa karena makanannya terlihat menarik. Lalu, tetangga menjawab, anaknya sedang makan ayam tempura. Seketika itu saya langsung tanyakan resep membuat ayam tempura. Tetangga saya menjawab kembali bahwa ayam tempuranya beli jadi, tempura frozen food merek SunnyGold. Dari percakapan tersebut, saya langsung cari tahu tentang merek SunnyGold yang ternyata produknya ada di minimarket dekat rumah. Sejak pertama kali beli dan mencicipi ayam tempuranya, saya tergoda membeli varian lainnya. Hingga sekarang, setiap bulan saya selalu stok produk SunnyGold dalam berbagai varian.

 

BERAGAM PILIHAN PRODUK FROZEN FOOD OLAHAN AYAM DI SUNNYGOLD

Sunnygold sosisi nugget frozen food

Selain rasanya memang enak, alasan lain yang membuat saya terus membeli produk SunnyGold adalah ada bermacam-macam jenis olahan ayam. SunnyGold memiliki varian produk olahan ayam yang beragam mulai dari Sayap Ayam Berbumbu, Nugget Ayam Tempura, Karage Ayam dengan berbagai variasi rasa original, pedas, hingga lada hitam, Sosis Ayam, bahkan ada juga Kulit Ayam Krispi loh. Dari seluruh varian yang ada, hampir semuanya sudah saya coba. Kecuali, ayam tulip. Favorit saya yang mana? Hmm, sebelum saya kasih tahu, saya akan mereview beberapa produk SunnyGold yang saya beli bulan ini. Kebetulan, produk yang saya ulas di bawah ini, adalah varian yang selalu saya beli setiap bulannya (FYI, setiap bulan saya membeli varian SunnyGold yang berbeda-beda).

 

REVIEW PRODUK SUNNYGOLD

Nugget Ayam Tempura (Chicken Nugget Tempura)

Harga : Rp. 40.000
Berat : 500gr

Sebagai produk pertama yang saya beli, saya langsung jatuh cinta dengan tekstur dan rasanya. Produk inilah yang mendorong rasa penasaran saya mencoba varian SunnyGold lainnya. Ya, tentu. Sebab, ekspektasi saya, kalau satu produk rasanya berhasil, enak dan cocok di lidah, biasanya varian lainnya juga pasti enak. Jadi, produk seperti apakah nugget ayam tempura ini?

Nugget ayam tempura sunnygold

Seperti yang kita tahu, pada umumnya nugget adalah olahan daging ayam yang dihaluskan yang kemudian dibalut dengan tepung panir. Namun, berbeda dengan nugget ayam tempura ini. Nugget Ayam Tempura milik SunnyGold tidak dibalut dengan tepung panir, melainkan dengan tepung biasa. Tekstur luar nugget ayam tempura setelah digoreng lebih crunchy saat digigit, dibandingkan dengan nugget ayam biasa. Walaupun di luar crunchy, daging ayam di dalamnya tebal, empuk, dan padat loh (lihat foto di atas). Soal rasa juga jangan ditanya, enak! Rasanya tidak terlalu asin dan tidak terlalu gurih. Pokoknya, perpaduan rasanya pas dan enak. Bahkan, suami sampai bilang rasa nugget ayam tempura ini mirip gorengan nugget ayam di salah satu restoran Jepang yang terkenal di Indonesia. Menariknya, tidak hanya soal rasa dan tekstur yang mirip, penyerapan minyak pada produk pun juga sama, yaitu sangat sedikit. Bisa dikatakan cenderung kering, tidak minyakan. Wajib dicoba deh!

 

Nugget Ayam (Chicken Nugget)

Harga : Rp. 40.000
Berat : 500gr

Kalau tadi nugget ayam tempura, yang ini nugget ayam saja tanpa embel-embel tempura. Varian Nugget Ayam ini merupakan nugget ayam klasik, daging ayam yang dihaluskan sampai lembut dan dibalut oleh tepung panir. Bedanya nugget ayam yang biasa dijual pasaran dengan nugget ayam SunnyGold adalah soal rasa, isi daging, dan penyerapan minyaknya.

Nugget ayam sunnygold

Untuk nugget ayam SunnyGold ini sendiri, walaupun sama-sama berjenis nugget, rasa nugget ayam varian original ini lebih ‘soft‘ dibandingkan varian nugget ayam tempuranya. Artinya, rasa asin dan gurihnya tidak terlalu menonjol. Lebih ke rasa gurih alami ayam dan bumbunya. Rasanya yang jelas tetap enak (kalau tak enak, anak saya mana mungkin nambah sampai 7 buah sekaligus sekali makan). Selain itu, daging ayamnya tebal. Beneran tebal dan padat! Ditambah, produk ketika selesai digoreng pun tidak banyak minyak. Bahkan, saat nugget tidak habis dan didiamkan semalaman, nugget tidak lepek mengeluarkan banyak minyak pada piring, seperti halnya gorengan yang disimpan lama setelah digoreng. Hanya kulitnya saja yang menjadi tidak krispi.

 

Karage Ayam (Chicken Kaarage)

Harga : Rp. 47.300
Berat : 500gr

Kesan pertama setelah produk ini digoreng adalah aromanya! Duh, ya ampun aromanya wangi banget. Aroma ayam goreng krispi gitu deh (ya iya masa aroma pisang goreng!). Untuk karage, daging ayamnya tidak dihaluskan, tetapi dibiarkan utuh. Ya, UTUH. Varian Karage Ayam dari SunnyGold ini merupakan daging ayam utuh yang dipotong kecil-kecil, lalu dicelupkan ke dalam tepung krispi agar menghasilkan gorengan ayam dengan kulit krispi yang ‘keriting’.

Karage ayam sunnygold

Awalnya, saya tidak berekspektasi bahwa daging ayamnya benar-benar banyak. Saya mengira bakal lebih banyak kulit tepung krispinya daripada dagingnya. Ternyata dugaan saya salah. Potongan dagingnya lumayan besar sehingga bukan tebal karena kulit krispinya. Daging ayam yang digunakan pun sepertinya daging bagian dada. Sebab, tekstur serat daging ayamnya padat. Walaupun padat, daging ayamnya tetap lembut kok.

Sunnygold nugget dan sosis ayam frozen food

Soal rasa sudah pasti enak. Banget! Kadar rasa gurih dan asinnya mengingatkan saya pada ayam goreng krispi di salah satu restoran cepat saji di negara Singapura. Dimana rasa asin dan gurihnya tidak terlalu strong, tetapi tidak hambar juga, namun tetap enak dan membuat ketagihan hingga bisa dijadikan cemilan. Apalagi sambil dicocol pakai saus sourcream, tak bisa berhenti ngunyah! Hehe. Entah bagaimana hampir semua produk SunnyGold didevelope dengan rasa asin dan gurih yang pas. Hal yang saya suka lainnya, tentu produk ini juga menyerap sangat sedikit minyak sehingga hasil gorengan tidak basah. Thumbs up!

 

Karage Ayam Pedas (Chicken Spicy Kaarage)

Harga : Rp. 54.000
Berat : 500gr

Ketika melihat varian ini, saya langsung sangat tertarik mencobanya. Sebab, sepertinya saya jarang melihat frozen food karage ayam dengan rasa pedas seperti milik SunnyGold. Nah, foto di bawah ini adalah penampakan bagian dalam daging ayam ketika dibelah. Coklat oranye kemerahan itu adalah bumbu yang mengeluarkan rasa pedasnya. Menggiurkan, ya?!

Karage ayam pedas sunnygold

Sama seperti karage ayam di atas, yang rasa original, perbedaan varian ini memang terletak pada rasa pedasnya. Bagi pecinta makanan pedas, wajib mencoba varian ini. Rasa pedasnya beneran puoooool! PE-DAS BA-NGET! Tapi anehnya, walaupun sejujurnya saya tidak kuat pedas dan memang kepedesan saat makan karage ayam varian ini, saya terus tambah lagi dan lagi. Kalau dimakan bersama nasi, waspada nambah nasi loh, Bund! Hehe.

 

Sosis Ayam (Chicken Sausage)

Harga : Rp. 31.900
Berat : 400gr

Ketika saya bertanya kepada beberapa teman dekat dan keluarga tentang lebih suka sosis ayam atau sosis sapi, jawaban mereka sebagian besar lebih menyukai sosis sapi. Alasannya, lebih gurih, lebih enak, dan lebih padat. Begitupun dengan saya jika ditanyakan perihal sosis sapi atau sosis ayam. Namun, pilihan saya itu berubah saat mencoba sosis ayam milik SunnyGold.

Sosis ayam sunnygold

Biasanya, sosis sapi berwarna merah dan sosis ayam berwarna lebih pucat seperti krem atau putih. Sosis ayam milik SunnyGold berwarna salem. Sosis ayam ini dibalut oleh plastik yang wajib dilepas sebelum dimasak. Jangan khawatir, plastiknya mudah dikelupas kok. Hal yang membuat saya suka dari sosis ini adalah rasa dan kepadatan dagingnya. Memang rasanya seperti apa sih?

Bagi yang suka dengan smoke beef sausage, blackpapper beef sausage, dan bbq beef sausage, kalian pasti suka sosis ayam ini. Sebab, menurut indera pengecapan saya, sosis ayam ini memiliki perpaduan gurih dari ketiga rasa tersebut. Pedas dong? Oh tidak. Walaupun seperti ada sedikit rasa seperti blackpaper, sosis ini tidak pedas sama sekali. Aman untuk anak-anak. Hanya saja, ada rasa rasa gurih khas dari lada. Susah mendeskripsikannya. Kalian harus coba sendiri secara langsung. Dari segi kepadatan, dagingnya padat loh! Sama nikmatnya seperti saat makan sosis sapi. Setelah dimasak, sosis ayam SunnyGold pun tidak akan ciut. Ukurannya tetap padat, sama seperti sebelum dimasak.

Sunnygold nugget dan sosis ayam
Saking cintanya dengan SunnyGold, saat liburan ke rumah Eyang di Bandung pun dibawa agar dapat disantap sebagai cemilan.

Nah, itulah ulasan saya mengenai produk SunnyGold bulan ini. Produk mana yang paling saya suka? Sebenarnya hampir semuanya saya suka. Namun, kalau boleh pilih satu atau dua, saya sangat suka dengan nugget ayam tempura dan semua jenis karage ayamnya, baik yang pedas maupun yang tidak pedas, termasuk Karage Ayam Blackpaper yang tadinya mau saya beli juga namun, stoknya sedang habis. Berbeda dengan saya, suami sangat suka varian nugget ayam tempura dan karage ayam pedas. Sedangkan, anak-anak sudah pasti menyukai semua produk SunnyGold, kecuali varian yang ada rasa pedasnya seperti Karage Ayam Pedas dan Karage Ayam Blackpaper.

 

SARAN CARA MEMASAK SUNNYGOLD ALA MAMIKA

Cara memasak frozen food memang sangat mudah. Seperti SunnyGold ini yang tinggal goreng, lalu selesai dan siap santap. Namun, seperti yang kita tahu bahwa konsumsi gorengan itu tidak baik untuk kesehatan. Apalagi setiap hari, sangat tidak disarankan.

Saya setuju dengan pernyataan bahwa makan gorengan terus-menerus tidak sehat. Saya pun berusaha menghindari konsumsi gorengan setiap hari. Efek langsung yang terasa biasanya keadaan tidak nyaman pada tenggorokan. Ya gak? Berdasarkan pengalaman saya, kondisi tersebut biasanya muncul dari produk gorengan yang terlalu menyerap banyak minyak. Jadi, walaupun sudah ditiriskan, residu minyaknya masih menempel dan membuat gorengan tersebut basah minyakan. Lain halnya, jika kalian menggoreng semua produk SunnyGold. Mengapa?

Berdasarkan klaim, produk SunnyGold akan menyerap sedikit minyak saat digoreng. Hal itu benar adanya karena saya sudah membuktikannya sendiri. Informasi yang saya dapat, ternyata produk SunnyGold memiliki teknologi DOUBLE-SFO, apakah itu? Kalian bisa lihat pada infografis di bawah ini.

Sunnygold frozen food nugget

Hmm… maka tak heran ya, saat selesai digoreng, produk SunnyGold tidak akan basah oleh minyak seperti yang sudah saya ulas di atas.

Walaupun sudah menggunakan teknologi double-sfo, ada baiknya kalian tetap memperhatikan cara menggoreng yang tepat agar produk gorengan semakin sedikit menyerap minyak dan tetap kering. Kalian bisa ikuti langkah berikut ini :

1. Keluarkan produk beku SunnyGold dari freezer 15 menit sebelum dimasak atau diolah. Untuk sosis agak sedikit lebih lama sekitar 20-30 menit.

2. Panaskan minyak sampai benar-benar panas. Minyak pun harus cukup banyak, sehingga produk terendam dalam minyak ketika digoreng.

3. Ketika sudah mau digoreng, volume api jangan terlalu besar untuk menghindari produk hanya matang di luar. Saya biasanya api sedang.

4. Jangan sering membolak-balikkan produk ketika sedang digoreng.

5. Setelah produk berubah warna menjadi coklat kuning keemasan, angkat.

6. Tiriskan produk di sutil penyaring minyak. Setelah itu pindahkan ke dalam piring yang sudah dilapisi oleh tissue dapur. Tissue dapur akan membantu mengurangi minyak pada produk.

Alhasil, produk yang nugget atau karage yang kalian goreng bisa kering. Jangan lupa, makan gorengan boleh, tetapi, agar tubuh tetap sehat, seimbangkan juga kebutuhan makanan bergizi lainnya seperti sayuran dan buah-buahan.

 

VARIASI MENU MAKANAN DENGAN SUNNYGOLD

Produknya enak, ada banyak berbagai pilihan jenis olahan ayam, bebas minyakan, dan mudah dikreasikan kembali dalam berbagai jenis masakan. Itulah keunggulan SunnyGold. Di atas, sempat saya katakan frozen food sebagai pengontrol rasa bosan. Sebab, frozen food seperti SunnyGold ini memang masih bisa dikreasikan kembali dengan berbagai resep masakan, tak hanya digoreng polosan begitu saja. Sehingga, menu makanan di rumah bisa bervariasi. Tidak itu-itu melulu. Suami dan anak-anak juga tidak bosan dan membuat mereka secara tidak langsung excited saat waktu makan tiba.

Menu makan yang beragam bisa menjadi salah satu kunci kenyamanan dan faktor kebahagiaan selama di rumah saja loh. Pandemi harus happy yaa biar imun tidak drop.

Untuk produk sosis ayam SunnyGold, cara pengolahannya sangatlah mudah untuk dikreasikan. Bisa dijadikan sebagai toping tambahan pada masakan sup ayam, toping spaghetti brulee, pizza ala rumahan, campuran untuk aneka tumisan sayur, toping nasi atau mie goreng, atau sebagai menu breakfast ala western yang tinggal ditambahkan dengan saus mayonaise dan kentang. Pecinta Korean drama juga bisa membuat corndog dengan sosis ayam ini :).

Untuk varian nugget dan karagenya juga jangan salah loh bisa dikreasikan dalam berbagai masakan, tidak hanya sekedar digoreng. Salah satunya, menu untuk bekal suami yaitu karage ayam pedas dengan saus telur asin. Biasanya, sebelum membuat ayam goreng saus telur asin, saya harus membuat ayam krispinya terlebih dahulu. Tetapi, semenjak ada Karage Ayam SunnyGold, saya tak perlu membuatnya lagi. Hanya tinggal membuat saus telur asinnya saja. Rasa dan kulit tepungnya juga lebih kriuk daripada saya membuat sendiri. Praktis ya!

Sunnygold frozen food

Selain saus telur asin, kalian bisa juga diganti dengan saus asam manis. Masih banyak sih resep atau cara kreasi ulang menggunakan produk SunnyGold ini. Untuk mendapatkan inspirasi menu kreasi SunnyGold, kalian bisa kunjungi websitenya di https://sunnygoldnugget.com/.

 

HARGA DAN TEMPAT PEMBELIAN SUNNYGOLD

Seperti yang sudah saya katakan di atas, pertama kali saya membeli SunnyGold yaitu di minimarket dekat rumah. Namun, saat pandemi, saya berusaha untuk mengurangi bepergian keluar rumah, termasuk pergi belanja ke minimarket. Solusinya adalah membeli SunnyGold via online melalui toko resmi di Shopee, SunnyGold Shopee.

Sunnygold nugget dan sosis ayam

Untuk harga, masing-masing varian produk SunnyGold berbeda-beda. Di atas sudah saya cantumkan harganya. Untuk varian lainnya yang belum saya ulas, harganya juga tidak jauh dari kisaran 30ribu – 50ribuan.

 

KESIMPULAN

Konsumsi produk frozen food tidaklah selalu buruk. Apalagi produk frozen food SunnyGold ini memiliki kualitas bahan yang baik. Ayam yang digunakan sebagai olahan adalah ayam jenis terbaik dengan kualitas pakan (ISO 9001 & ISO 22000) dan kandang yang bersih. Dengan teknologi double-fso juga, gorengan yang dihasilkan juga lebih berkualitas dan tidak menyerap banyak minyak pada produk.

Sunnygold frozen food nugget sosis ayam

SunnyGold juga sebagai penyelamat saat ibu sedang lelah dan bosan masak makanan yang itu-itu saja. Tinggal keluarin dari kulkas, goreng, lalu siap santap produk yang enak dan lezat ini. Sebagai ibu rumah tangga, sesekali masak makanan frozen food sah-sah saja. Bosen rasanya masak ayam kecap, pepes ayam, sup ayam, ataupun lele goreng setiap hari. Sesekali menikmati makanan ala restoran siap saji tak ada salahnya, kan? Apalagi kalau kalian seorang ibu yang kreatif, menu makan menggunakan produk SunnyGold mungkin bisa jadi seperti menu restoran fancy. Hehe.

Walaupun pandemi, Pak Suami ini juga masih pergi ke kantor 3 kali dalam seminggu. Itu artinya, saya harus membuat menu bekal makan siang. Dengan adanya stok frozen food seperti SunnyGold ini, waktu dan tenaga untuk prepare lunchbox bisa sedikit dipangkas, sehingga waktu yang tersisa masih bisa digunakan untuk melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Maklum tak ada asisten rumah tangga. So, stok frozen food SunnyGold wajib ada di kulkas, Bund! Anak-anak merengek kelaparan sementara masakan belum jadi? Tinggal goreng saja Nugget atau Ayam Tempuranya. Beres!

Sunnygold frozen food sosis ayam

Soal harga, SunnyGold masih tergolong terjangkau dengan tempat pembelian yang mudah dijangkau pula. Tak ada di minimarket dekat rumah, online pun jadi. Untuk isi produk dalam satu kemasan pun lumayan banyak. Sebanding lah antara harga dan isi.

Produk frozen food SunnyGold ini multifungsi. Bisa sebagai lauk pendamping nasi atau kentang, bisa juga sebagai cemilan di kala me time atau kumpul bareng keluarga di ruang tv. Tinggal pilih saja. Yang jelas, SunnyGold bisa menyatukan keluarga. Siapa yang bisa menolak aroma wanginya Karage Ayam atau Ayam Tempuranya? Mencium aromanya, pasti semua berkumpul untuk berebut ambil, kan? Hehe.

Terakhir yang ingin saya sampaikan, konsumsilah produk frozen food SunnyGold ini dengan tambahan sayuran dan buah-buahan agar tubuh tetap sehat dan kebutuhan gizi serta vitamin juga dapat terpenuhi.

Sekian ulasan tentang SunnyGold kali ini. Next, mungkin akan saya ulas varian lainnya. Terima kasih telah menyempatkan waktunya membaca. Semoga bermanfaat. Sampai ketemu di tulisan saya berikutnya. Sehat selalu ya!

Salam hangat,

Ika Riyanti

Sunnygold nugget review

 

Info lebih lanjut tentang produk SunnyGold, klik link di bawah ini :

Facebook: http://facebook.com/sunnygoldID/

Instagram: https://www.instagram.com/sunnygoldid/

*Foto-foto yang digunakan dalam tulisan ini adalah dokumen pribadi penulis (Ika) yang di-edit dalam beberapa aplikasi. Adapun beberapa foto yang diambil dari katalog Shopee SunnyGold.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.