COOKING,  HOUSEHOLD,  LIFE STYLE,  RECIPES

SNACKS-DESSERTS.ID : Pertolongan Pertama Pada Ibu Galau Pencari Resep Cemilan

Hello Readers !

Suka ngemil gak? Ngemil apa hari ini?

Saya dan keluarga sih suka sekali ngemil. Apalagi selama pandemi, intensitas keinginan untuk makan cemilan meningkat. Sejam sehabis makan berat, anak-anak dan suami sudah minta cemilan lagi. Mau nonton tv bareng di ruang keluarga, harus siap cemilan juga. Setelah selesai meeting online WFH atau sekolah online, suami dan anak pasti minta cemilan. Itulah sebabnya, timbangan kami sekeluarga selalu bergerak ke kanan selama setahun terakhir ini. Hehe.

 

IBU BIJAK, NGEMIL BIJAK

Sebagai seorang ibu dan istri di rumah, urusan soal dapur dan masak-memasak, saya yang memegang penuh kendali. Termasuk urusan ngemil ini. Ngemil atau makan makanan selingan di luar makanan pokok berat itu sah-sah saja ya. Tidak ada larangan. Asal tidak berlebihan dan tetap memperhatikan kandungan gizi cemilan yang dimakan. Supaya apa? Supaya tubuh kita tetap mendapatkan manfaat kebaikan dari cemilan tersebut. So, sehari-hari, selain memikirkan menu makanan wajib, sarapan, makan siang, dan makan malam, saya pun memikirkan menu cemilan terbaik untuk keluarga.

Cemilannya beli atau bikin di rumah?

Kalau saya, dua-duanya. Terkadang beli, terkadang bikin sendiri di rumah. Namun, cenderung lebih sering bikin sendiri di rumah. Kenapa? Selain dapat mengetahui kandungan gizi dari bahan-bahan yang saya masak sendiri di rumah, seorang ibu juga harus bijak dalam membelanjakan uang. Sebab, terlalu sering jajan di luar tidak baik untuk kesehatan dompet! Alias bisa boros! Hehe. Sesekali jajan di luar tak apa lah, apalagi kalau jajan cemilan yang dijual oleh teman pasti akan saya beli.

Tetapi, sering memasak cemilan sendiri di rumah juga ada kendalanya, yaitu kehabisan ide resep. Sudah pasti reaksi suami dan anak-anak saya saat diberikan cemilan yang itu-itu lagi adalah,

loh kok cemilannya ini lagi, Mi?”.

Lantas, kalau sudah begitu, biasanya saya akan membalas,

kalo mau gonta-ganti menu, tinggal aja di cafe..”.

Pusing, anak-anak dan ayahnya suka banyak request, Bund! Hehehe.

 

IDE CEMILAN DARI MONDELEZ

Kalau ada hambatan, pasti akan ada jalan keluar. Yakinlah akan hal itu. Sama halnya dengan kendala yang saya alami, kesulitan membuat ide baru masak cemilan di rumah. Senangnya, satu bulan yang lalu saya mendapat temuan baru bermanfaat, situs snacks-desserts.id dari Mondelez.

Mondelez Internasional

Sekilas informasi umum, Mondelez adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang makanan. Beberapa produk seperti Kraft, Oreo, Biskuat, Ritz, Toblerone, Cadbury, Chips Ahoy, berada di bawah naungan perusahaan tersebut. Produknya tentu tidak asing di telinga kita, terutama anak-anak. Dikit-dikit ambil Oreo, coklat Cadbury, biskuit Ritz atau Biskuat kalau anak-anak sedang ke minimarket. Betul tidak, Bun? Hehe. Produk keju Kraft pun sudah pasti ada di dalam daftar belanja bulanan para ibu-ibu, termasuk saya. Tak bisa dipungkiri, produk makanan Mondelez memang enak untuk dicemil dengan harga yang relatif masih terjangkau. To be honest, produk-produk mereka adalah favorit keluarga yang memang selalu ada di lemari stok makanan milik saya di rumah.

#NgemilBijak

Ternyata, pilihan saya membeli cemilan biskuit Oreo, Biskuat, Ritz, coklat Cadbury, dan keju Kraft sebagai stok bulanan adalah sudah tepat. Apalagi kampanye Mondelez tahun lalu sejalan dengan prinsip saya untuk makan cemilan dengan bijak. Mengutip tulisan dari wartakotalive.com,

Ngemil bijak mondelez snacks-desserts.id

Oleh karena rajin stok produk Mondelez setiap bulan dan sepakat dengan kampanye mereka tahun lalu, hadirnya situs snacks-desserts.id membawa angin segar di kehidupan dapur saya. Dengan hadirnya situs buatan Mondelez tersebut, itu artinya saya dan keluarga dapat menikmati produk Mondelez dengan cara yang berbeda.

 

SNACKS-DESSERTS.ID

Adalah situs dengan tampilan berwarna ungu gelap khas Mondelez yang berisi aneka inspirasi resep masakan, khususnya menu cemilan sehari-hari di rumah. Oleh karena ini milik Mondelez, resep-resep yang diberikan pun berbahan baku produk-produk Mondelez. Ya, produk seperti Oreo bisa diolah menjadi menu cemilan baru yang berbeda. Tidak hanya diputar, dijilat, dicelupin, dan berakhir dimakan, tetapi sebungkus Oreo bisa dihancurkan, dimasak, jadi hidangan fancy dan menghasilkan cuan! Hihi penasaran kan kenapa sebungkus Oreo bisa menghasilkan cuan?!

 

ALASAN IBU WAJIB MENGUNJUNGI SITUS SNACKS-DESSERTS.ID

Setelah sebulan saya rutin mengunjungi situs snacks-desserts.id untuk mencari inspirasi cemilan, – terutama saat lebaran kemarin yang bosan dengan opor dan rendang – , akhirnya saya bisa berbagi pengalaman dalam mengakses situs ini. Bisa dibilang, situs ini membuat saya terus-menerus ingin mencoba mempraktekkan resep yang ada di snacks-desserts.id loh.

 

1. Pengalaman Menyenangkan UX dan IX Melalui Mobile Phone (HP) Maupun Laptop

snacks-desserts.id mondelez review

Situs snacks-desserts.id ini bisa diakses melalui laptop maupun mobile phone. Tampilan website menyesuaikan perangkat yang digunakan. Jadi, saat akses melalui mobile phone (hp), tidak ada gambar terpotong karena size terlalu lebar seperti di laptop. Singkat kata, tampilan website yang diakses melalui mobile phone (hp) sama bagusnya seperti akses melalui laptop. Tampilan yang sederhana, jelas, tanpa banyak embel-embel yang menyulitkan pengguna (baca: gak bikin ‘sakit mata’) dan ukuran foto serta size tulisan masih bisa terbaca dengan nyaman. Karenanya, saya tidak menjumpai kesulitan dalam mengakses situs tersebut.

 

2. Variasi Menu Resep Masakan Banyak

Snacks-desserts.id review mondelez

Sebagai seorang yang sangat diandalkan dalam urusan mengisi perut lapar di rumah, saya selalu berusaha menyediakan menu makanan terbaik dan bervariasi setiap hari untuk keluarga. Salah satu hal yang saya lakukan adalah membuat jadwal menu makanan sehari-hari. Jika Ibu terbiasa mencatat jadwal menu makanan untuk seminggu seperti saya, Ibu wajib mengunjungi snacks-desserts.id. karena variasi menu resepnya lumayan banyak. Mulai dari cemilan ringan seperti kue kering (cookies), makanan utama (main course), makanan penutup (desserts), hingga minuman. Dalam satu sampai dua minggu, Ibu bisa mencoba satu-dua resep yang berbeda dalam sehari. Dijamin keluarga jadi senang dan anak-anak akan berkata, “wah mami hebat masaknya beda-beda setiap hari”. Ya begitulah pujian yang saya terima dari suami dan anak-anak. Bahagia gak? Bahagia lah masa enggak. Hehe 🙂

 

3. Ada Fitur Save dan Share

Sudah menemukan ide resep yang sesuai dan hendak dicoba, jangan lupa tekan tombol “save” di bagian bawah. Tombol save ini dapat digunakan setelah Ibu login ke akun snacks-desserts.id. Jadi, ketika mulai memasak, tidak perlu lagi scroll mencari resep. Tinggal buka profil akun, muncul lah berbagi resep yang sudah di-save sebelumnya. Selain ada fitur save, Ibu juga bisa membagikan resep ini kepada teman. Misalnya, saat selesai membuat salah satu menu dan teman bertanya tentang resep tersebut, Ibu tinggal tekan tombol “share” saja tanpa perlu cape menulis ulang bahan dan instruksi pembuatan. Sangat memudahkan, kan?


4. 
Bahan-Bahan Resep Mudah Ditemukan

Hal yang sangat saya suka ketika hendak mempraktekkan resep adalah bahan-bahan resep yang akan digunakan mudah dicari di minimarket dekat rumah. Jelaslah ya, semacam Oreo, Cadbury, Biskuat, Kraft keju, banyak sekali dijumpai di minimarket. Tak hanya itu, bahan pelengkap lainnya seperti susu bubuk, margarin, kental manis, sayuran, juga mudah ditemukan di warung klontong dekat rumah. SoAlhamdulillah, sebagian besar resep snacks-desserts.id ini memang warung-friendly dan minimarketfriendly. Hihi.

 

5. Rincian Informasi Resep Lengkap dan Mudah Dipahami

Tak hanya bahan-bahannya yang mudah ditemukan, rincian informasi di setiap masing-masing resep mudah dimengerti dan lengkap. Pada situs web snacks-desserts.id, masing-masing resep ada informasi yang berisi tingkat kemudahan resep (level mudah, sedang, dan sulit), durasi pembuatan resep, takaran bahan-bahan pembuat yang sangat mudah dipahami, begitu juga dengan instruksi pembuatan yang dituliskan dengan kata-kata yang singkat, padat, dan jelas.

 

6. Kualitas Rasa Resep Masakan Seenak Restoran

Saya sudah mencoba beberapa resep yang ada di snacks-desserts.id. Surprisingly, semua resep yang saya coba praktekkan rasanya sangat enak seperti menu di cafe atau restoran. Takaran manis atau asinnya cukup sesuai dan tidak berlebihan. Salah satu resep favorit saya dari situs ini adalah Yoghurt Oreo Red Velvet.

 

7. Meningkatkan Kreativitas dan Skill Memasak

Saya sadar kemampuan memasak saya mungkin masih level basic. Namun, saya termasuk orang yang selalu excited dalam belajar mencoba menu masakan baru di rumah. So, ketika melihat banyak resep yang berasal dari cemilan yang biasa dibeli oleh anak-anak, saya merasa tertantang untuk mencoba mempraktekkannya. Snacks-desserts.id ini juga memberikan pengalaman belajar baru bagi saya dalam membuat menu minuman, yang awalnya saya tidak pernah terpikir dan tertarik untuk membuat menu minuman enak a la cafe atau coffee shop.

 

8. Ide Peluang Bisnis

Sadar atau tidak, di masa pandemi ini banyak sekali orang yang berjualan makanan. Sebab, keadaan yang tak menentu termasuk ekonomi rumah tangga, menuntut seseorang mencari peluang pendapatan penghasilan tambahan di luar pendapatan pokok. Bagi Ibu yang ingin memulai bisnis di bidang makanan, baik skala besar maupun rumahan, wajib kunjungi situs web snacks-desserts.id ini. Resep yang dihadirkan di snacks-desserts.id bisa dibilang unik dan enak, namun mudah dipraktekkan untuk skala masak rumahan. Seperti yang sudah saya katakan di atas, rasa yang dihasilkan dari menu resep-resep Mondelez ini terbukti enak seperti menu di cafe atau restoran. So, hal ini bisa menjadi peluang ide bisnis kuliner para Ibu di rumah, tinggal dikemas sesuai dengan kreativitas para Ibu saja. Skill masak bertambah, uang jajan pun bertambah jika Ibu-ibu berhasil menjual makanan hasil kreasi resep dari snacks-desserts.id. Asik banget, kan? 🙂

 

 

DAFTAR AKUN SEBELUM AKSES SNACKS-DESSERTS.ID

Nah, sudah jelas ya alasan Ibu harus mengunjungi situs web snacks-desserts.id. Ada baiknya, Ibu membuat akun terlebih dahulu agar bisa menyimpan resep dan mengakses resep spesial yang hanya bisa diakses setelah login. Gak rugi dan gak buang-buang kuota kok Bund untuk sesuatu yang bermanfaat seperti ini :).

 

MENCOBA RESEP

Setelah akses situs web snacks-desserts.id, saya langsung membuat daftar menu resep yang akan saya coba dan memasukkannya ke dalam daftar belanja bulanan kemarin. Sebagian besar dari beberapa menu yang saya coba juga mudah dan memiliki durasi proses pembuatan yang tidak lama. So, inilah beberapa menu resep yang saya coba di rumah yang sempat saya abadikan dengan foto dan video. Semoga dengan adanya video proses pembuatan dari saya ini, Ibu-ibu atau kalian yang sedang belajar masak bisa lebih mudah mempraktekkannya di rumah.

*Tambahan informasi, dalam resep yang saya coba di bawah ini, saya mengikuti persis takaran dari snacks-desserts.id. Adapun yang berbeda, saya informasikan di bawah atau video yang saya upload di youtube.

 

1. NASI GURIH KEJU

Porsi : 1-2 orang

Resep ini menurut saya masuk dalam kategori menu makanan utama. Resep ini menggunakan bahan produk Mondelez yaitu Kraft Cheddar. Namun, saat prakteknya, saya menggunakan keju Kraft all in 1 karena di rumah hanya ada stock varian keju Kraft tersebut. Tetapi, itu tidak akan mengubah rasa kok. Link resep : Nasi Gurih Keju.

Resep nasi gurih keju mondelez snacks-desserts.id

Review Rasa

Rasanya gurih margarin dan keju dengan perpaduan manisnya suwiran ayam. Durasi waktu pembuatan cukup singkat, sehingga untuk Ibu yang memiliki balita dan waktu yang terbatas (dan tidak ada asisten rumah tangga), bisa mencoba resep ini. Anak-anak dijamin suka. Namun, saya sarankan kurangi pemberian lada. Berikut, di bawah ini video cara membuat nasi gurih keju a la saya.

 

2. SPAGHETTI CREAMY

Porsi : 2-3 orang (jika untuk menu makan malam), 3-4 orang (jika untuk menu sarapan)

Menu resep ini masuk ke dalam menu utama. Saya dan keluarga biasanya memasukkan menu ini untuk makan malam. Produk Mondelez yang digunakan dalam resep ini adalah Kraft Quick Melt. Link resep : Spaghetti Creamy.

Resep spaghetti creamy mondelez snacks-desserts.id

Review Rasa

Spaghetti Creamy ini mirip dengan resep klasik carbonara. Rasanya gurih dan cukup kental. Kekentalan spaghetti creamy yang saya buat mungkin sedikit berkurang karena tidak menggunakan susu cair, melainkan krimer nabati. Berikut, di bawah ini video cara membuat Spaghetti Creamy a la saya.

 

3. BURN CHEESE TOAST BREAD

Porsi : 3-5 orang

Menu ini adalah salah menu yang cocok dikonsumsi saat sarapan pagi. Produk Mondelez yang digunakan adalah Kraft Cheddar. Kali ini, saya memang menggunakan keju Cheddar bukan All In One. Untuk link resep : Burn Cheese Toast Bread.

Resep ngemil bijak mondelez

Review Rasa

Tekstur keju yang dipanggang di atasnya sama seperti menu di salah satu toko roti terkenal, bagian toping kejunya kering, namun rotinya tetap lembut. Saat basah, baru diangkat dari panci, teksturnya selai kejunya seperti fla. Saat sudah di oven menjadi padat, hampir menyerupai mozzarella. Soal rasa, rasanya creamy gurih keju dan agak sedikit manis. Satu lembar roti keju panggang ini sudah cukup mengenyangkan untuk sarapan. Sayangnya, hasil panggangan saya tidak terlalu coklat seperti gambar di situs web snacsks-desserts.id. Setelah ditelusuri, saya juga lupa menambahkan olesan kuning telur pada roti. Hehe. But, overall tetap enak. Berikut, di bawah ini video cara membuat Burn Cheese Toast Bread a la saya.

 

4. YOGHURT RED VELVET OREO

Porsi : 2-3 gelas (@200ml)

Ini adalah menu resep minuman pertama yang saya coba. Sebelumnya, saya tidak pernah tertarik mencoba membuat resep minuman. Namun, karena ingin membuat menu sarapan spesial untuk anak saya yang sedang ujian, akhirnya saya membuatnya. Produk Mondelez yang digunakan dalam resep ini adalah Oreo Red Velvet. Link resep : Yogurt Red Velvet Oreo.

Yoghurt red velvet oreo resep mondelez

Review Rasa

Awalnya, saya mengira rasanya bakal asam karena menggunakan yoghurt. Ternyata tidak. Rasanya enak sekali seperti minuman di cafe-cafe. Creamy, sedikit asam dan manis gurih susu bercampur Oreo Red Velvet. Menu ini sangat saya rekomendasikan untuk dicoba di rumah. Bisa juga sebagai ide main a la makan di restoran bersama anak-anak. Berikut, di bawah ini video cara membuat Yoghurt Red Velvet Oreo a la saya.

 

5. GREEN TEA MILKSHAKE OREO

Porsi : 3-4 gelas (@200ml)

Tak kalah enak juga seperti menu minuman yang saya coba sebelumnya, Green Tea Milkshake Oreo ini mengingatkan saya dengan menu minuman favorit di salah satu coffee shop terkenal di Indonesia. Produk Mondelez yang digunakan Oreo Klasik Vanila. Link resep : Green Tea Milkshake Oreo.

Green tea milkshake oreo resep mondelez snacks-desserts.id

Review Rasa

Rasanya manis (tetapi tidak manis berlebihan) dan creamy dengan dominan rasa Oreo dibandingkan green teanya. Mungkin karena saya tidak menggunakan bubuk green tea asli, melainkan menggunakan bubuk minuman rasa green tea. Cukup berbeda yaa dalam hal rasa. Sebab, bubuk green tea asli rasanya lebih pekat dan pahit. But, minuman ini tetap sangat enak dan untuk membuat minuman jadi lebih creamy, sebelum membuat, masukkan UHT terlebih dahulu dalam freezer agar tak perlu menambahkan es batu lagi yang dapat mengurangi kekentalan minuman. Berikut, di bawah ini video cara membuat Green Tea Milkshae Oreo a la saya.

 

6. BOLA BOLA CADBURY

Porsi : 4-5 orang

Resep ini merupakan menu cemilan sepanjang masa karena mirip dengan resep bola-bola biskuit jaman saya kecil dulu. Proses membuatnya bagi saya sangat mudah. Produk Mondelez yang digunakan dalam resep ini adalah biskuit Ritz dan Cadbury Dairy Milk. Link resep : Bola Bola Cadbury.

Resep bola bola cadbury

Review Rasa

Kemarin, saya membuat resep ini menggunakan Biskuit Ritz rasa keju. So, rasa yang dihasilkan sangat enak. Manis namun ada sedikit rasa gurih keju khas biskuit Ritz. Sayangnya, saat melelehkan cokelat ada sedikit kesalahan. Saya terlalu banyak menuang susu untuk mencairkan cokelat. Namun, rasanya tetap enak dan anak-anak suka, Bund! Alhamdulillah. Berikut, di bawah ini video cara membuat Bola Bola Cadbury a la saya.

 

7. OREO RED VELVET IN JAR

Porsi : 2-3 jar (@200-275ml)

Bagi keluarga saya, resep ini masuk ke dalam menu makanan penutup. Untuk satu jar, bisa makan berdua karena sangat padat dan mengenyangkan. Produk Mondelez yang digunakan dalam resep ini adalah Oreo Red Velvet dan Kraft Cheddar. Link resep : Oreo Red Velvet In Jar.

Resep oreo red velvet jar mondelez snacks-desserts.id

Review Rasa

Kesan pertama yang saya coba, asin gurih keju bercampur manisnya red velvet. Teksturnya saat dingin hampir menyerupai cake in jar kekinian. Enak! Berikut, di bawah ini video cara membuat Oreo Red Velvet In Jar a la saya.

 

8. PERKEDEL KEJU LELEH KRAFT

Porsi : 4 orang

Menu ini biasanya saya dan keluarga makan sambil nonton tv. Tekstur dan bentuknya hampir mirip dengan bitterballen. Namun, dengan bahan dan proses pembuatannya lebih mudah (biasanya bitterballen menggunakan daging cincang untuk isian dalamnya). Produk Mondelez yang digunakan adalah Kraft Quick Melt. Link resep : Perkedel Kentang Leleh Kraft.

Resep perkedel leleh keju mondelez

Review Rasa

Pecinta makanan gurih pasti akan suka ini ditambah ada sensasi keju yang mencair di dalamnya. Cemilan ini banyak mengandung manfaat gizi baik untuk anak-anak. Berikut, di bawah ini video cara membuat Perkedel Keju Leleh Kraft a la saya.

 

9. MARTABAK KEJU LUMER KRAFT

Porsi : 15 buah martabak

Resep ini adalah salah satu resep menu cemilan yang bisa dijadikan untuk menu sarapan di keluarga saya. Resep ini menghasilkan martabak yang tebal dan mengenyangkan walau hanya makan 1 buah (kalau di keluarga saya sih 1 buah saja sudah mengenyangkan, hehe!). Produk Mondelez yang digunakan adalah Kraft Quick Melt. Link resep : Martabak Keju Lumer Kraft.

Martabak keju lumer mondelez resep snacks-desserts.id

Review Rasa

Sebelum membahas rasa, saya mengganti daging sapi cincang yang ada di resep dengan daging ayam. Saya menggunakan seperempat dari daging dada utuh. Saya rebus, goreng, suwir, lalu saya blender hingga menjadi seperti daging ayam cincang. Soal rasa, martabak ini gurih alami dari ayam, daun bawang, dan keju leleh Kraft. So, menurut saya, jangan terlalu banyak menambahkan garam. Teksturnya sendiri, sangat padat dan yang paling menggemaskan adalah sensasi keju yang lumer saat digigit. Wajib recook!

 

So, bagaimana? Menarik yaa resep-resepnya. Masih banyak yang menarik loh seperti kukis isi kurma, greek donat cadbury, bahkan schotel ketupat rendang! Asli deh saya gak kepikiran kurma dan rendang bisa dijadikan olahan lain yang menarik. Cocok banget untuk dijualin, Bund! 🙂

Sekian tulisan saya tentang snacks-desserts.id. Harapan saya, tulisan ini bermanfaat dan menginspirasi Ibu-ibu lain untuk mencoba di rumah bahkan menjadikan resep tersebut sebagai ide bisnis kuliner. Akhir kata, jangan lupa kunjungi snacks-desserts.id yaa! Kalau saya perhatikan, sepertinya setiap minggu ada saja resep yang baru dan menarik untuk dicoba.

Terima kasih dan sampai bertemu di tulisan saya selanjutnya!

Salam Hangat,

Ika 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *