COOKING,  HEALTH,  HOUSEHOLD,  RECIPES

Kampanye #KejuAsliCheck, Ajak Ibu Cerdas Kenali Keju Berkualitas!

Hello Readers !

Tahukah kalian, bahwa hadirnya sepiring penuh berisi makanan lezat dan menggugah selera, menjadi salah satu cara untuk mempersatukan seluruh anggota keluarga saat berada di rumah. Dari yang awalnya sibuk dengan urusan masing-masing, sebut saja anak-anak sedang asyik bermain dan suami sibuk membalas email kantor, seketika saat ada panggilan makan, mereka semua bergegas menuju meja makan. Hal itu baru saya sadari ketika sudah berumah tangga. Menyadari pentingnya kehadiran makanan, yang tak hanya sebagai pemenuh kebutuhan primer, namun juga sebagai pemersatu keluarga, saya pun harus bijak dan cerdas dalam menyediakan makanan yang berkualitas.

Pentingnya Memilih Bahan Makanan Berkualitas Untuk Keluarga

Sebagai seorang istri dan ibu yang lebih sering menyediakan makanan hasil masakan sendiri di rumah daripada hasil masakan dari luar, memilih bahan makanan yang berkualitas dengan cara memperhatikan kandungan nutrisi atau gizi di dalamnya adalah sebuah keharusan. Apalagi dimasa pandemi ini, tubuh dituntut untuk kuat dari serangan virus, sehingga saya menjadi lebih selektif dalam memilih bahan makanan, terutama untuk anak-anak. Tentunya hal ini saya lakukan agar kesehatan suami dan anak-anak tetap terjaga. Selain itu, melihat suami dan anak-anak dalam kondisi sehat adalah sumber kebahagiaan saya.

#kejuaslicheck kraft
Syara bergegas turun ketika tahu macaroni and cheese kesukaannya sudah siap untuk disantap 🙂

Nah, karena saya lebih suka memasak sendiri di rumah, salah satu bahan makanan yang sering saya gunakan dalam menu masakan adalah keju, khususnya keju cheddar. Entah untuk menu masakan main course maupun snack, keju cheddar sangat mudah diaplikasikan ke dalam berbagai jenis masakan. So, tentunya setiap bulan pasti ada stok keju di dalam lemari dapur saya. Alasan lainnya, keju secara umum memiliki kandungan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Terlebih, saya memiliki anak-anak yang masih kecil dan bertumbuh, dimana mereka masih membutuhkan asupan makanan yang bergizi agar proses pertumbuhannya dapat berjalan dengan optimal.

 

MANFAAT KEJU

Pembuktian kandungan gizi pada keju yang memiliki manfaat banyak untuk tubuh, bisa kalian temukan dalam berbagai artikel kedokteran dan jurnal penelitian ilmiah. Salah satunya, jurnal ilmiah yang datang dari para peneliti asal Korea. Dalam sebuah jurnal ilmiah yang dilakukan oleh Hae-Soo Kwak, Palanivel Ganesan, dan Youn-Ho Hong dengan judul Nutritional Benefits In Cheese, disimpulkan bahwa keju adalah makanan paling bergizi lengkap dalam diet dunia! Wow! Saya pun cukup terkejut ketika membacanya. Dalam jurnal disebutkan, keju merupakan sumber protein, peptida, asam amino, lipid, asam lemak bebas, mineral seperti kalsium, fosfat, dan berbagai vitamin yang baik. Semua kandungan tersebut dapat berfungsi sebagai penambah kesehatan populasi dunia.

Sayangnya, beberapa pendapat ahli mengatakan keju adalah makanan yang mengandung kolesterol tinggi, sehingga tidak baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Sementara ahli lain, the USDA Dietary pada tahun 2015 yang saya baca pada artikel medicalnewstoday.com berpendapat, tidak ada korelasi antara makan makanan berkolesterol tinggi dengan level kolesterol dalam darah seseorang. Namun, apapun perbedaan pendapat soal kandungan kolesterol tinggi pada keju, keju memiliki lebih banyak manfaat kebaikan untuk tubuh daripada keburukannya.

Berikut di bawah ini adalah beberapa manfaat keju untuk kesehatan tubuh yang harus kalian ketahui:

Keju Untuk Kesehatan Tulang

Keju merupakan produk makanan turunan dari susu, sehingga jelas memiliki kandungan kalsium tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan tulang. Salah satu jurnal kesehatan yang pernah saya baca, konsumsi kalsium sangat diperlukan karena tubuh akan mengalami demineralisasi kalsium tulang. Hal tersebut terjadi ketika kadar kalsium darah tidak mencukupi. So, konsumsi makanan yang mengandung kalsium seperti keju, sangat diperlukan untuk mempertahankan kerangka yang baik.

Keju cheddar kraft

 

Keju Untuk Kesehatan Gigi

Selain baik untuk kesehatan tulang, dalam buku Cheese Consumption and The Development and Progression of Dental Caries oleh Kashket and DePaola (2002) tertulis, konsumsi keju membantu mencegah karies gigi dengan remineralisasi dan mengurangi proses demineralisasi. Hal ini terjadi karena keju mengandung kasein, salah satu jenis protein dalam susu yang bermanfaat untuk memperkuat permukaan gigi.

 

Keju Untuk Mengurangi Tekanan Darah

Kandungan kalsium dalam keju bermanfaat juga loh untuk mengurangi tekanan darah. Salah satu artikel dalam portal berita menuliskan pendapat Anna Stanhewicz, seorang ketua tim peneliti di Pennsylvania State University. Beliau mengemukakan bahwa, kandungan natrium pada keju memberikan efek positif bagi kesehatan kardiovaskular. Selain itu, kandungan antioksidan dalam keju bekerja untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Ini bisa diasumsikan bahwa keju masih tetap aman bila dikonsumsi oleh orang dewasa, asalkan tetap memperhatikan porsi yang dianjurkan (tidak berlebihan).

 

Keju Untuk Kesehatan Saluran Pencernaan

Keju mengandung bakteri probiotik. Hal ini dikarenakan oleh proses pembuatannya dilakukan secara fermentasi. Tak perlu khawatir ketika mendengar kata bakteri. Bakteri probiotik dalam dunia kesehatan sudah terkenal manfaatnya untuk menyehatkan saluran pencernaan. Sehingga, aktivitas buang air besar akan lebih lancar apabila rutin mengkonsumsi makanan yang mengandung probiotik seperti keju. Namun perlu diperhatikan, konsumsi keju harus sesuai porsi dan tak berlebihan. Konsumsi keju berlebih akan menimbulkan masalah pencernaan seperti diare, terutama bagi orang yang intoleransi laktosa.

Kejuaslicheck kraft keju cheddar

 

Keju Untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Anak

Inilah alasan utama seringnya membuat olahan makanan  dari keju untuk anak-anak saya di rumah. Banyaknya nutrisi yang terkandung dalam keju, membantu proses tumbuh kembang anak lebih optimal. Hal ini diamini oleh Dr. Rita Ramayulis DCN M.Kes selaku Nutritionist. Beliau menjelaskan, sebuah nutrisi memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung proses tumbuh kembang seorang anak. Kekurangan nutrisi membuat kekebalan tubuh anak menjadi tidak optimal dan dikhawatirkan menjadi lebih rentan terhadap infeksi virus. Tentu, jika anak rentan terinfeksi suatu virus, tumbuh kembang anak dapat terhambat ya. Terlebih, dimasa pandemi ini, kebutuhan nutrisi harian anak harus benar-benar tercukupi ya ibu-ibu!

Kejuaslicheck

 

Seperti yang sudah kalian baca di atas, keju memang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Masih banyak manfaat keju lainnya yang belum saya tulis dan kalian bisa temukan dalam berbagai jurnal ilmiah yang membahas tentang keju. Namun sayangnya, ada kemungkinan manfaat baik tersebut hilang atau tidak didapat sama sekali bila dikonsumsi secara tidak bijak dan berlebihan. Lebih fatalnya, bila salah dalam memilih keju.

 

KAMPANYE #KejuAsliCheck

Kesalahan dalam memilih keju yang saya singgung di atas, konteksnya adalah kesalahan dalam memilih real keju yang berkualitas, sehingga sudah bisa dipastikan konsumen tidak akan memperoleh benefits of cheese yang sesungguhnya. Pasti kalian bingung, memang ada ya keju yang tidak real keju? Untuk lebih jelasnya, saya ambil sample keju cheddar.

Kejuaslicheck

Sebagai jenis keju yang mudah ditemukan di supermarket maupun minimarket, serta mudah diolah untuk masakan rumah tangga sehari-hari, keju cheddar hadir dalam berbagai merek. Tak jarang, banyak orang terutama para ibu yang bingung memilih keju cheddar terbaik untuk keluarga.

Eh keju yang enak apa sih?”

”Buibu, ada yang tau keju yang bagus untuk anak-anak?”

Pertanyaan di atas seringkali saya baca di beberapa forum parenting. Saya pun seringkali bertanya dalam hati, apakah keju cheddar yang keluarga saya konsumsi benar-benar keju asli, bukan sekedar perisa maupun padatan tepung? Apakah bahan baku utama keju cheddar yang saya pilih sudah tepat dan berkualitas?

“Saya selaku juru masak, sekaligus berperan sebagai ‘ahli gizi’ di rumah yang sering memasukkan keju cheddar dalam campuran beberapa menu makanan, penting mengetahui informasi mana keju cheddar yang asli dan mana keju cheddar abal-abal.”

Nah, untuk mengatasi kesalahan atau kekeliruan dalam memilih keju cheddar, KRAFT baru-baru ini menyuarakan kampanye #KejuAsliCheck. Kampanye ini bertujuan agar para ibu cermat dalam memilih keju cheddar yang tepat dan memastikan adanya kandungan gizi yang optimal di dalam keju tersebut. Kampanye ini penting dan mengutamakan para ibu yang masih memiliki anak kecil, dimana anak mereka masih membutuhkan asupan makanan bergizi untuk memperlancar proses tumbuh kembangnya

Survei KRAFT

Kampanye #KejuAsliCheck ini juga didasari oleh hasil survei KRAFT terhadap konsumen beberapa waktu yang lalu. Hasil diperoleh, bahwa 50% responden merupakan para ibu yang sering mengkonsumsi keju (1 sampai 7x dalam seminggu). Namun, lebih dari 61% tidak tahu jika produk keju cheddar di pasaran itu tidak semuanya berbahan utama keju cheddar. Sebanyak 77% ibu mengaku terbiasa membaca label pangan. Namun sayangnya, sebesar 48% ibu tidak tahu cara membaca susunan komposisi dengan benar.

KejuAsliCheck kraft cheddar

Edukasi Label Pangan Dan Dukungan BPOM

Melihat hasil survei di atas, selain ingin mengenalkan ciri keju cheddar yang berkualitas, kampanye #KejuAsliCheck dari KRAFT ini, ingin sekaligus mengedukasi para ibu tentang cara membaca label pangan nutrisi pada keju cheddar. Di Indonesia, pencantuman label pada produk pangan olahan diatur dalam Peraturan Badan POM No.31 tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan. Itu dilakukan untuk memberikan informasi yang benar dan jelas kepada masyarakat tentang setiap produk pangan yang dikemas, sebelum membeli dan atau mengkonsumsi pangan.

Berdasarkan siaran press yang saya baca, selain mendapat dukungan positif dari masyarakat, kampanye #KejuAsliCheck juga mendapat dukungan dan apresiasi dari Badan POM. BPOM mengapresiasi kepada setiap pelaku usaha ataupun kepada masyarakat, yang secara sukarela melakukan inisiatif memberikan edukasi tentang pangan olahan, terutama soal pentingnya mengecek label pangan. Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Konsumen BPOM, Dra.Indriemayatie Asri Gani, Apt. berharap, masyarakat menjadi konsumen yang cerdas dengan selalu mengecek kemasan, cek label, cek izin edar, dan cek kadaluarsa.

Cara Kenali Produk Keju Cheddar Berkualitas

Lalu, bagaimana cara mengenali keju cheddar asli dengan komposisi bahan baku yang tepat dan berkualitas?

Melalui kampanye #KejuAsliCheck dari KRAFT, ibu-ibu diajak mengenali keju cheddar asli dengan 2 cara, yaitu:

  1. Memastikan keju pada urutan pertama komposisi (bukan air atau tepung).
  2. Memiliki klaim nutrisi pada kemasan.

KejuAsliCheck kraft cheddar

Dalam foto di atas, keju cheddar merek KRAFT tentunya telah memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan sesuai kampanye #KejuAsliCheck. Keju cheddar dari KRAFT ini memiliki bahan baku utama keju cheddar yang berada diurutan pertama pada bagian komposisi.

 

KEJU CHEDDAR KRAFT

Setelah mengetahui bahwa keju cheddar KRAFT memenuhi kriteria kampanye #KejuAsliCheck, saya merasa lega karena memang saya adalah konsumen KRAFT sejak dari dulu, bahkan sejak saya masih duduk di sekolah dasar. Itu artinya, produk keju cheddar yang saya konsumsi setiap bulannya adalah keju cheddar yang berkualitas.

Selain karena lolos kriteria dalam kampanye #KejuAsliCheck, keju cheddar dari KRAFT memiliki beberapa keunggulan yang membuat saya tetap bertahan pada merek ini sejak lama.

KejuAsliCheck cheddar keju kraft

Keunggulan Keju Cheddar KRAFT

1. Keju cheddar KRAFT berbahan utama Keju Asli New Zealand. Sebagaimana diketahui, New Zealand merupakan salah satu negara penghasil keju terbaik di dunia.

2. Keju cheddar KRAFT dilengkapi nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, protein, dan vitamin D. Kandungan tersebut menjadi salah satu komponen penting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Serta, kandungan kalsium pada keju cheddar KRAFT ini dapat memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

3. Keju cheddar KRAFT memiliki rasa gurih keju susu yang pas dan khas. So, ketika membuat masakan dengan menggunakan keju cheddar KRAFT, saya biasanya jarang menambahkan bumbu perasa lainnya seperti garam atau kaldu lainnya.

4. Keju cheddar KRAFT mudah ditemukan di beberapa tempat perbelanjaan. Mulai dari warung-warung kecil, minimarket hingga supermarket besar.

5. Keju cheddar KRAFT memiliki beberapa varian jenis dan ukuran. Tentu, dengan berbagai varian harga pula. Hal ini sangat memudahkan para ibu untuk memilih keju cheddar KRAFT sesuai kebutuhan.

Keju cheddar kraft

6. Keju cheddar KRAFT mudah diaplikasikan ke dalam berbagai jenis masakan sehari-hari. Sajian berbahan keju cheddar KRAFT bisa dimulai dari menu sarapan, makan siang, makan malam, hingga cemilan. Keju cheddar KRAFT juga tak hanya bisa digunakan untuk jenis masakan atau makanan gurih. Namun, bisa juga diaplikasikan ke dalam menu snack manis atau minuman. Beberapa resep masakan menggunakan produk keju cheddar KRAFT pernah saya tulis di sini dan upload di youtube hellomamika.

 

Resep Favorit Keju Cheddar KRAFT

Karena terlalu sering membuat menu kreasi masakan menggunakan keju cheddar KRAFT, saya bingung bila membagikan resep favorit. Sebab, semua aneka kreasi masakan dengan keju cheddar KRAFT selalu enak dan unik. Namun, ada 3 kreasi makanan dari keju cheddar KRAFT yang sering saya recook berulang kali, yaitu sandwich keju, aneka pasta dan keju (mac n cheese, spaghetti bolognese, macaroni schotel), dan burger keju.

Sandwich Keju, Praktis, Hemat Waktu, dan Mengenyangkan

Untuk sandwich keju, biasanya saya bikinkan untuk keluarga sebagai menu makan sarapan. Menurut saya, menu ini adalah menu praktis, tak butuh waktu lama untuk persiapan, namun sangat mengenyangkan. Apalagi jika roti yang digunakan diganti dengan varian roti gandum. Terkadang, saya menjadikan sandwich sebagai menu bekal ketika anak-anak sekolah offline sebelum pandemi.

Kejuaslicheck
Bahannya mudah. Makaroni, butter, bombay, susu, merica, parsley, dan KRAFT cheddar cheese.

Sedangkan aneka pasta dan keju, biasanya saya sajikan untuk menu makan siang atau malam karena menu ini termasuk menu main course bagi keluarga saya. Terakhir burger keju, biasanya saya sajikan untuk menu sarapan atau makan siang.

 

MENJAGA KESEHATAN KELUARGA DENGAN KEJU CHEDDAR KRAFT

Keju cheddar KRAFT memang sangat enak untuk dinikmati dengan atau tanpa diolah. Selain enak, keju ini mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh seluruh anggota keluarga. Untuk orang dewasa, perhatikan jumlah porsi yang dikonsumsi agar memperoleh manfaat kebaikan keju cheddar dari Kraft secara optimal. Konsumsi keju cheddar berlebih hanya akan mendatangkan sejumlah masalah pada kesehatan tubuh orang dewasa.

Sedangkan untuk anak-anak, keju cheddar menjadi sebuah sumber asupan yang penuh nutrisi penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Dr.Rita Ramayulis DCN M.Kes memberikan tips untuk menjaga kesehatan tubuh anak yang bisa ibu-ibu praktekkan di rumah.

Pemberian Makan Sesuai Waktu

Anak memiliki lambung dengan ukuran yang lebih kecil, sehingga tidak bisa menerima makanan dalam jumlah besar. Oleh karena itu, pemenuhan protein dan zat gizi mikronutrien harus diberikan di semua waktu makan mereka, yaitu pagi, siang, malam, dan snack pagi, sore, dan malam. Untuk itu, kreativitas ibu ditantang untuk membuat berbagai variasi menu makanan. And of course, keju cheddar KRAFT adalah solusinya. Sebab, keju cheddar KRAFT bisa dikreasikan ke dalam banyak jenis makanan as i said before.

Kejuaslicheck cheddar kraft

Pemberian Makan Sesuai Jumlah​

Pemilihan makanan bagi anak penting diupayakan harus yang padat gizi, sehingga volume makanan tidak besar. Makanan dengan ukuran lebih kecil tentu akan mudah dikonsumsi oleh anak. Terkait hal ini, mengkombinasikan keju cheddar KRAFT pada menu makan anak adalah cara yang tepat. Keju cheddar KRAFT sudah terbukti mempunyai kandungan yang dapat memenuhi 30% kebutuhan kalsium harian, sumber vitamin D dan protein.

Pemberian Makan Sesuai Jenis​​​​

Upayakan jenis makanan yang dipilih merupakan makanan yang padat gizi. Salah satunya denga  menggunakan keju cheddar KRAFT, yang mudah dijadikan campuran untuk berbagai olahan sajian lezat bernutrisi. Sebab, keju cheddar KRAFT berbahan utama Keju Asli New Zealand yang sudah dilengkapi nutrisi Calcimilk yang kaya akan kalsium, serta sumber protein dan Vitamin D.

 

MULUT NIKMAT, PERUT KENYANG, BADAN SEHAT

Well, itulah keju. Ketika memakannya, terasa nikmat di mulut, terasa mengenyangkan di perut, dan menyehatkan tubuh. Keju memang makanan favorit semua orang, dari yang muda hingga yang tua, terutama keju cheddar. Bisa langsung dinikmati tanpa diolah menjadi sajian lezat lainnya. Tapi ingat, jangan sampai salah memilih. Kenali keju cheddar asli dengan mengikuti petunjuk #KejuAsliCheck

Terima kasih teman-teman yang sudah membaca. Selamat menikmati keju cheddarmu. 🙂

Salam hangat,

Ika R.

 

*Seluruh foto yang digunakan dalam tulisan ini adalah milik pribadi yang diolah menggunakan aplikasi Canva

Leave a Reply

Your email address will not be published.