BEAUTY,  HEALTH

Review BIODERMA Sébium Gel Moussant Actif, Cleanser Untuk Kulit Acne-Prone

I’m a big believer in that if you focus on good skin care, you really won’t need a lot of makeup.
-Demi Moore-

Hello Readers !

Siapa yang setuju dengan pendapat Demi Moore di atas? Kalau saya, iya setuju. Make sense ya. Kalau kita fokus melakukan perawatan kulit sehat, lama-kelamaan pasti tidak akan membutuhkan banyak produk makeup lagi, terutama produk complexion seperti concealer atau foundation yang full coverage. Toh, kulit wajah sudah bagus, untuk apa ditutupi complexion tebal?

Untuk mewujudkan kulit wajah sehat nan flawless bukanlah suatu hal yang mustahil loh. Salah satu caranya, rutin menggunakan produk skin care yang tepat dan jangan pernah melewatkan step membersihkan wajah. Namun, step membersihkan wajah ini juga harus dilakukan oleh cleanser yang tepat. Artinya, produk cleanser yang digunakan sesuai dengan kondisi kulit. Sebab, salah dalam memilih produk cleanser dapat menimbulkan masalah baru untuk kulit kalian. Terutama bagi pemilik kulit acne-prone seperti saya! Huhu.

Yuk, yang acne-prone skin merapat yuk, i wanna share something useful about cleanser!

 

Mengapa Pemilihan Cleanser Harus Tepat? (PENTING untuk dibaca!)

For your information, saya tak hanya berkulit acne-prone. Namun juga sensitif dan kombinasi, berminyak di area TZone. Komedo saya pun banyak. And i can say, my skin is really complicated & unpredictable! (Padahal jika dilihat secara kasat mata, kulit saya tampak fine ya?)

Sebagai orang berkulit kombinasi sekaligus acne-prone, aktivitas membersihkan wajah tidak boleh terlewatkan. Proses membersihkan wajah juga harus benar-benar sempurna. Jika tidak, kotoran yang tak terangkat dengan sempurna akan menumpuk dan menyumbat pori-pori kulit. Pori-pori yang tersumbat akan menyebabkan datangnya jerawat dan komedo. Makanya, produk cleanser yang digunakan harus mampu mengangkat kotoran dan minyak di wajah secara optimal.

Namun sayangnya, tak semua cleanser yang mampu membersihkan kulit wajah secara optimal, cocok dengan segala jenis kondisi kulit. Terutama jika memiliki kulit sensitif seperti saya. Selain mampu membersihkan, formula cleanser yang digunakan harus lembut di kulit.

Based on my experience, salah dalam memilih cleanser dapat membuat kulit wajah saya gatal kemerahan, bahkan beruntusan. Entah karena bahannya yang terlalu mengiritasi, atau kulit wajah saya terlalu sensitif?

Semenjak itu saya belajar, memilih cleanser tidak bisa sembarangan. Perlu memperhatikan juga bahan yang terkandung di dalamnya. Apakah sudah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit kita atau belum.

Bak gayung bersambut, BIODERMA hadir mengeluarkan varian produk cleanser terbaru untuk orang-orang yang berkulit kombinasi dan acne-prone! Produk cleanser ini diciptakan sebagai jawaban atas harapan para acne fighter yang berada dalam sebuah survey.

Ternyata bukan hanya saya saja yang bermasalah dengan cleanser!

Jadi, ada sebuah survey di sebuah jurnal perawatan dermatologis tentang peran acne cleanser. Survey dilakukan kepada orang Italia yang merupakan pasien berjerawat. Hasil menunjukkan, 38% dari 786 pasien tidak nyaman dengan produk cleanser yang mereka gunakan sehari-hari. Mereka yang tak nyaman, berharap acne cleanser yang mereka gunakan bisa berkhasiat namun tetap memiliki toleransi yang baik untuk kulit. Harapan ini sama persis dengan harapan saya terhadap cleanser!

 

BARU!! BIODERMA Sébium Gel moussant actif

Bioderma Sébium Gel Moussant actif
The newest variant from Sébium cleanser, BIODERMA Sébium Gel moussant actif

Perkenalkan, ini adalah produk terbaru dari Bioderma yang sudah saya singgung di atas. Namanya, BIODERMA Sébium Gel moussant actif. Saya sudah menggunakan produk ini selama satu minggu terakhir. Sesuai judul blog, produk cleanser ini diformulasikan khusus acne-prone skin yang juga memiliki jenis kulit kombinasi to oily.

Sedikit ingin bercerita, sebelum bertemu dengan cleanser terbaru BIODERMA ini, saya sudah terlebih dahulu menggunakan varian BIODERMA lainnya selama 7 tahun terakhir. Sensibio Gel moussant dan Sébium Gel moussant. Saya menggunakan dua jenis varian yang berbeda karena kondisi kulit saya yang memang cenderung berubah-ubah. Sehingga, cleanser yang digunakan juga ikut menyesuaikan dengan kondisi kulit.

Bioderma Sébium Review
Cleanser andalan ternyaman selama bertahun-tahun, Sensibio Gel Moussant dan Sébium Gel Moussant.

Varian Sensibio yang berwarna pink saya gunakan ketika kulit saya terlihat normal (dan too sensitive). Sedangkan varian Sébium, yang berwarna biru, saya gunakan ketika kulit wajah sedang berjerawat dan memproduksi minyak lebih banyak (biasanya menjelang siklus haid). Well, selama ini saya terus bergantian memakai keduanya. Selama pemakaian pun sebenarnya tidak ada masalah. Hanya saja, problematika jerawat masih belum tuntas teratasi dengan kedua cleanser tersebut. Hingga akhirnya, saya bertemu dengan cleanser baru Sébium Gel moussant actif, yang katanya bisa membersihkan kulit sekaligus menghilangkan jerawat.

Sébium Gel moussant dan Sébium Gel moussant actif. Apa Bedanya?

Sekilas, nama cleanser Sébium Gel moussant actif berwarna hijau muda ini terdengar mirip dengan varian cleanser Sébium yang berwarna biru ya. Perbedaannya, varian cleanser Sébium yang terbaru terdapat tambahan kata “ACTIF” di belakang kata Gel moussant. Ini menandakan bahwa keduanya adalah produk yang berbeda. Bukan produk yang ganti kemasan atau repackage.

Secara fungsi, keduanya sama-sama mampu mengangkat kotoran dan mengontrol kadar minyak berlebih dalam kulit. Namun, Sébium Gel moussant actif memastikan keseimbangan, antara khasiat dan toleransi melalui bahan aktif yang terkandung di dalamnya. Jadi, cleanser ini bertindak sebagai pembersih yang lembut dan pembersih aktif. Pembersih lembut dimaknakan sebagai pembersih kulit yang tetap bisa menjaga pelindung kulit. Sedangkan pembersih aktif, membersihkan kulit secara lebih dalam dan mengurangi jerawat beserta komedo. Itulah perbedaan varian Sébium Gel moussant kemasan biru dengan kemasan hijau. Hal ini dikarenakan juga, varian produk Sébium terbaru (berwarna hijau muda) memang lebih dikhususkan untuk acne fighter atau seseorang yang sedang memiliki jerawat aktif (dan meradang). Di bawah ini, sudah saya sertakan gambar berisi informasi perbedaan manfaat antara Sébium Gel moussant dan Sébium Gel moussant actif.

Review bioderma sebium gel moussant actif

Sudah jelas ya, kedua produk di atas berbeda. Dilihat dari manfaatnya saja sudah terlihat perbedaan yang cukup jauh. Hal ini dikarenakan Sébium Gel moussant actif memiliki bahan aktif di dalamnya. Sedangkan Sébium Gel moussant berwarna biru, tidak ada. Yuk, lanjut baca di bawah ini soal bahan aktif pada cleanser Sébium yang baru.

 

Bahan Aktif BIODERMA Sébium Gel moussant actif

Karena lebih dikhususkan untuk kulit acne-prone atau acne fighter, bukan sekedar untuk kulit berjenis kombinasi to oily, Sébium Gel yang terbaru memiliki bahan aktif. Sébium Gel moussant actif mengandung 2 bahan aktif Keratolitik dan 3% Zinc Gluconate. Apa itu?

KERATOLITIK

Kandungan bahan Keratolitik aktif dalam cleanser BIODERMA Sébium Gel moussant actif adalah AHA (Glycolic Acid) dan BHA (Salicylic Acid). Kandungan AHA sebanyak 1%, sedangkan BHA sebanyak 1.8%.

Apa manfaat kedua bahan aktif tersebut?

Kandungan AHA dalam sebuah skin care bermanfaat untuk menghilangkan sel-sel mati dan dehidrasi, serta mempercepat pengelupasan. Bahan aktif ini menciptakan efek ‘memperbarui kulit’. Hingga hasil akhirnya, kulit menjadi cerah dan halus. Sedangkan BHA, berguna untuk mencegah munculnya komedo dan jerawat menjadi meradang dan merah. So, pori-pori akan terlihat lebih kecil dan jerawatpun berkurang.

Jika disederhanakan, kombinasi Salicylic Acid (BHA) dan Glycolic Acid (AHA) membantu membersihkan pori tersumbat, mengurangi jerawat, dan menghaluskan tekstur kulit.

ZINC GLUCONATE

Selain terdapat bahan aktif Keratolitik, ada juga bahan Zinc Gluconate sebesar 3%. Manfaat dari bahan aktif ini adalah menyembuhkan bekas luka yang diakibatkan oleh jerawat. Zinc Gluconate bekerja dengan cara mengontrol aktivitas minyak dalam kulit. Sehingga, adanya bahan Zinc Gluconate dalam cleanser juga dapat membantu mengurangi kilap pada wajah.

FRIENDLY INGREDIENTS FOR SENSITIVE SKIN

Selain bahan aktif di atas, dalam Sébium Gel moussant actif juga ada Caprylyl-capryl-glucoside, yaitu cleansing agentsoap-free dan Sulphate-free yang ringan untuk menjaga kesehatan kulit. Cleanser ini juga memiliki pH optimal 4,5 yang dapat memberikan keseimbangan terbaik antara efikasi produk serta kenyaman penggunaan produk pada kulit.

Komposisi bahan sebium gel moussant actif

 

 

KLAIM PRODUK BERDASARKAN STUDI KLINIS

Kata Mereka…

Seberapa parah jerawat itu sangat bervariasi, baik dalam breakouts yang sesekali muncul hingga jerawat yang parah. Namun, Sébium Gel moussant actif mengklaim produknya dapat mengurangi jerawat dan komedo, memperbaiki kualitas dan kuantitas produksi minyak, sekaligus menenangkan kulit. Klaim didukung berdasarkan studi klinis yang dilakukan oleh tim dermatologi BIODERMA setelah melakukan uji kepada 30 orang selama 21 hari, dengan pemakaian dua kali sehari, pada jenis kulit kombinasi rentan berjerawat (ringan hingga sedang). Klaim lainnya, silakan lihat gambar di bawah ini.

Review bioderma sebium gel moussant actif

Well, klaimnya menarik. That’s why, i’m so excited saat bertemu produk cleanser ini seminggu yang lalu. Penasaran, apakah hasil pemakaian bakalan sesuai klaim? Hmm…

 

KARAKTERISTIK PRODUK

Lanjut, sekarang saya akan bahas sedikit soal karakteristik produk. Mulai dari packaging, harga, tekstur, dan lainnya.

PACKAGING

Packaging dan Size

Cleanser BIODERMA Sébium Gel moussant actif hadir dalam bentuk tube plastik berwarna hijau muda bening. Packaging saat kita beli dilapisi oleh plastik bening. Tutupnya juga tersegel oleh semacam kunci. So, packagingnya aman dan minim tumpah atau bocor jika melakukan pembelian via online. Setelah segel dibuka, bentuk tutupnya tipe flip flop yang rapat dan tidak ringkih patah. Jadi, kalau mau bolak-balik buka tutup tetap aman. Cuma memang agak sedikit keras bukanya, saking rapat banget tutupnya.

Untuk size, Sébium Gel moussant actif hanya ada 1 jenis size yaitu 200ml. Berbeda dengan varian Sébium Gel moussant berwarna biru yang memiliki 2 jenis size, 100ml dan 500ml.

Kelengkapan Informasi Pada Kemasan

Informasi tentang produk pada kemasan bisa dibilang sangat lengkap. Mulai dari deskripsi manfaat, petunjuk pemakaian, komposisi, tanggal produksi dan kadaluarsa, informasi produsen, petunjuk batas pemakaian ketika dibuka, kode POM.

Harga

Harga untuk size 200ml sekitar 300 ribuan. Tergolong cukup pricey. Berita baiknya, official store Bioderma di marketplace sering mengadakan promo loh. So, rajin-rajin cek marketplace atau akun socmed Bioderma untuk mendapatkan update harga promo-an. Hehe!

Nah, untuk kalian yang mau mencoba produk cleanser BIODERMA Sébium Gel moussant actif, kalian bisa beli melalui link berikut ini: https://shope.ee/2VDlCWcmuW

(barusan saya cek lagi ada harga promo loh, buruan klik linknya ya!)

Review bioderma sebium gel moussant


Isi Produk

Tekstur

Sama seperti cleanser BIODERMA lainnya, teksturnya bukan gel yang thick. Teksturnya terbilang cair untuk ukuran gel. So, pakai sedikit saja sudah bisa untuk meratakan seluruh area wajah. Saat diaplikasikan ke kulit, tekstur berubah semakin encer seperti air. Gak heran sih, karena water berada di urutan pertama komposisi. Hanya saja, harus hati-hati saat menuangkan produk ke tangan. Isi produk berpotensi tumpah banyak ke tangan!

Level Foam

Cleanser ini hanya sedikit sekali menghasilkan busa. Di antara cleanser BIODERMA yang pernah saya coba, cleanser ini yang paling sedikit busanya.

Warna dan Aroma

Cleanser ini tidak berwarna. Bening persis seperti air. Untuk aroma, sedikit tercium campuran aroma lemon dan timun. Aromanya pun tidak strong dan tidak menganggu kok. Still ok lah.

Review sébium gel moussant actif

 

REVIEW PEMAKAIAN SELAMA SATU MINGGU

Efek Pada Kulit Saat Pemakaian

Saat cuci muka dengan cleanser ini, kulit terasa baik-baik saja. Nyaman. Tidak ada sensasi terbakar atau perih di kulit. Aman juga dipakai di sekitar area mata, tidak pedih. Selama seminggu saya pakai, kulit muka terasa lembut saat mencuci muka. Padahal cleanser ini ada kandungan aktif AHA dan BHA. Pengalaman dulu menggunakan cleanser yang mengandung kedua bahan tersebut, kulit rasanya tidak nyaman dan ingin buru-buru dibasuh dengan air. Namun cleanser Sébium Gel moussant actif ini tidak demikian. Bawaannya malah pengen mijit-mijit muka terus selama pemakaian, saking terlalu nyamannya.

Efek Pada Kulit Setelah Pemakaian

Hari Pertama Pemakaian

Muka rasanya segar dan cukup moist setelah mencuci muka dengan Sébium Gel moussant actif. Terasa juga, kondisi kulit bagian T-zone tidak begitu berminyak. Selebihnya kulit wajah saya belum terasa perubahan signifikan. Tidak kering kaku seperti ketarik, tidak merah, tidak ada gatal. Biasanya kalau saya tidak merasakan gatal atau kemerahan, artinya kandungan cleanser tersebut aman untuk kulit sensitif.

Hari Ke Empat Pemakaian

Masih sama seperti hari pertama pemakaian. Bedanya, beruntusan di dahi mengering dan memudar. Jerawat kecil di pipi juga mengempis, tak jadi membesar setelah cuci muka hari ke empat.

Review bioderma sébium gel moussant actif

Hari Ke Tujuh Pemakaian

Masih sama, kulit terasa nyaman menggunakan cleanser Sébium Gel moussant actif ini. Namun, ada sedikit perubahan kadar minyak di area T-zone. Setelah cuci muka selama seminggu, saya merasa T-zone sedikit kering cenderung normal. Bukan kering kerontang. Melainkan, tampak normal aja gitu. Ga kering, ga minyakan, moistnya pun dapat. Efek ini mungkin akan berbeda ya, teman-teman. Tergantung tingkat kondisi kadar minyak kalian dalam kulit. Kebetulan, level minyak di area T-zone saya memang tidak terlalu parah (tak terlalu berminyak sampai mengkilap).

So far, efek yang saya rasakan memang cukup sesuai klaim. Contohnya, kulit terasa lebih bersih, kulit menjadi cukup lembut, dan yang terpenting jerawat memudar. Mungkin pemakaian rutin 2x sehari selama lebih dari 1 minggu akan menghasilkan efek yang berbeda. Nanti akan saya update kembali.

 

REPURCHASE OR NOT?

Jika ditanya, saya akan jawab iya!

Apa yang membuat saya berpikir untuk membeli kembali adalah :

Hampir semuanya saya suka dan gak ada alasan untuk tidak suka dengan produk ini. But, what i love the most is…

1. Kandungan aktif AHA dan BHA, tidak membuat kulit saya kering memerah atau beruntusan. Justru membuat beruntusan dan jerawat saya hilang. Berharap pemakaian yang rutin dalam waktu yang lama akan menghasilkan hasil yang lebih baik.

2. Aman untuk membersihkan area mata. Gak bikin pedih. Sebab, ada cleanser yang bikin pedih jika terkena area mata.

3. Cleanser ini teksturnya gel dan busanya sedikit. Berdasarkan pengalaman, pakai cleanser yang busanya berlimpah dengan tekstur krim malah membuat kulit wajah saya kencang seperti ketarik-tarik.

4. Kemasannya berbentuk tube 200ml dan tutupnya rapat. Praktis dan mudah untuk dibawa bepergian.

Untuk kalian yang mau mencoba produk cleanser BIODERMA Sébium Gel moussant actif, silakan klik link berikut ini ya: https://shope.ee/2VDlCWcmuW

Baiklah, saya rasa cukup segini ulasan saya tentang BIODERMA Sébium Gel moussant actif. Semoga informasi dan penjelasannya bisa membantu kalian dalam mencari cleanser yang tepat. Sebelum pamit, saya ingin mengingatkan bahwa review ini berdasarkan pengalaman pribadi. So, Jika kalian merasa ada pendapat saya yang tidak sesuai dengan kalian, mohon dimaafkan! Hehe.

Terima kasih untuk yang sudah membaca dan sampai bertemu di tulisan saya selanjutnya!

Salam hangat, Ika 😉

 

2 Comments

  • ainun

    Dari dulu aku penasaran sama produk Bioderma
    kulit aku sendiri cenderung berminyak, gampang muncul jerawat, dan yang paling sebel kalau lihat T-Zone pas siang hari, kinclong karena minyak, jadinya terlihat ga seger nih wajah
    langsung kepoin produk ini, auto penasaran

    • hellomamika

      Bagus Mbak cobain deh.. aplg dicombine dg micellar waternya.. krn aku sndiri dari dlu ud pake produknya Mbak.. trs double cleansing emg perlu bgt Mba.. makanya disarankan bersihinin pake micellar waternya jg sblm cuci muka.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.