BEAUTY,  HEALTH

Pengalaman Perjalanan Merawat Kulit Wajah Bebas Jerawat Dengan ERHA Ultimate Acne Cure

Hello Readers !

Beberapa minggu yang lalu, saya berkunjung ke ERHA Clinic Bintaro dekat rumah untuk konsultasi soal jerawat. Ngapain? Memangnya Mamika ada jerawat ya?

Ada dong. ADA BANGET, Bun! Huhu kesal yaa, jadi gagal flawless deh kaya Song Hye-kyo. He he he.

Secara kasat mata, kulit saya memang terlihat tak ada masalah dengan jerawat aktif atau bekas jerawat yang dalam dan menghitam. Namun pada kenyataannya, ada satu bekas jerawat di dahi yang tak kunjung hilang sejak tahun 2019 hingga sekarang 2021. Bekas jerawat ini berupa benjolan kecil yang tak kunjung kempis. Selain itu, bila kulit wajah saya dilihat dari dekat, banyak pula beruntusan dan jerawat kecil putih keras yang menyebar ke beberapa area wajah. Saya pencet-pencet pun tak ada cairan yang keluar. Terkadang, kulit wajah saya jadi terluka akibat memencetnya dengan terlalu keras. Walau keduanya, baik itu bekas jerawat maupun jerawat putih berukuran kecil, tetap saja membuat saya terganggu dan tak nyaman.

ERHA Ultimate Acne Cure

Long story short, setelah googling dan tanya sana-sini tempat perawatan kulit, khususnya untuk mengatasi masalah jerawat saya ini, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba perawatan di ERHA Clinic.

Mengapa Pilih ERHA Clinic?

Jadi, ERHA Clinic ini selain memiliki reputasi yang bagus, terpercaya dan aman di bawah pengawasan dokter kulit, alasan kuat saya memilih adalah karena ERHA Clinic memiliki sejumlah program solusi untuk perawatan kulit. Jenis solusi perawatan kulit ini dipilih berdasarkan kondisi kulit pasien atau skin goals yang diinginkan. Mulai dari perawatan untuk mencerahkan (brightening), meremajakan (antiaging), memperbaiki tekstur kulit wajah, hingga mengatasi permasalahan jerawat. Nah, yang terbaru, ada program perawatan kulit yang mampu mengatasi permasalahan jerawat, yaitu ERHA Ultimate Acne Cure.

 

ERHA Ultimate Acne Cure

ERHA Ultimate Acne Cure adalah sebuah solusi aman dan efektif untuk perawatan kulit yang bermasalah dengan jerawat. Baik jerawat aktif dalam tingkat ringan maupun berat, sampai bekas jerawat menghitam atau menyebabkan luka dalam seperti bopeng. Solusi perawatan muka yang bermasalah dengan acne ini dilakukan oleh dokter spesialis kulit. Tentu ya, semua treatment dan produk perawatan kulit di ERHA Clinic di bawah pengawasan dokter spesialis kulit. Penanganannya juga dilakukan menggunakan teknologi modern dan terkini sesuai standar FDA.

ERHA Ultimate Acne Cure ini memiliki 5 program yang bisa dipilih sesuai kondisi atau skin goals yang diinginkan. Program tersebut antara lain,

No Acne No Cry Program : program ini terfokus bagi kalian yang masih memiliki jerawat aktif. Hasilnya, jerawat aktif akan berkurang (atau bahkan menghilang).

Acne Scar Program : program ini fokus untuk memperbaiki bekas jerawat jaringan parut sehingga tekstur kulit lebih halus dan merata.

Skin Redness Program : program ini fokus untuk orang yang memiliki bekas jerawat kemerahan dan meradang.

Dark Spot Program : program ini fokus untuk menyamarkan bekas jerawat kehitaman pada wajah.

Ultimate Program : program ini adalah program terlengkap untuk mengatasi segala jenis bekas jerawat. Mulai dari bekas jerawat jaringan parut, kemerahan, dan kehitaman.

Nah, setelah program ini dipilih, pilih lagi bentuk rencana perawatan atau treatment plan. Biasanya, treatment plan disesuaikan oleh kebutuhan, tergantung jenis atau kondisi kulit. Ada tiga jenis treatment plan, yaitu :

Basic Plan. Rencana perawatan ini terdiri dari konsultasi dengan dokter kulit, pemberian treatment 1x, dan pemberian serangkaian produk obat.

Product Plan. Rencana perawatan ini hanya terdiri dari konsultasi dengan dokter kulit dan pemberian serangkaian produk obat.

Advance Plan. Rencana perawatan ini terdiri dari konsultasi dengan dokter kulit, pemberian treatment lebih dari 1x, dan pemberian serangkaian produk obat.

Intinya, pilihan program dan treatment plan pada ERHA Ultimate Acne Cure ini bersifat sangat personal. Tergantung kondisi kulit dan tingkat keparahan masalah jerawat. So, masing-masing orang pasti akan menerima treatment atau tindakan yang berbeda sesuai program yang dipilih. Begitu pula dengan durasi dan harga atau biaya total yang dikeluarkan tentu akan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan saya bahas ERHA Ultimate Acne Cure dalam case saya, termasuk pemilihan program, treatment plan, hingga biaya yang saya keluarkan.

 

ERHA Ultimate Acne Cure di ERHA Clinic BINTARO

Tanpa berlama-lama, setelah memutuskan untuk memilih ERHA sebagai tempat perawatan kulit, saya langsung mencari ERHA Clinic yang terdekat. Kebetulan, ERHA Clinic yang terdekat dengan rumah ada di Bintaro sektor 7, ruko Kebayoran Arcade. Sebelum datang ke klinik, saya melakukan reservasi terlebih dahulu via whatsapp. Melalui whatsapp, Admin akan menginfokan nama dokter yang available di jadwal kedatangan yang kita pilih. Mungkin di masa pandemi ini, jumlah kunjungan dibatasi agar tidak ada penumpukan antrian para pasien.

Erha clinic bintaro review

Ketika tiba di ERHA Clinic, penerapan prosedur protokol kesehatan di ERHA Clinic Bintaro sudah sangat bagus. Di mulai dari cek suhu, penggunaan masker dan face shield oleh semua pegawai (beberapa pegawai yang melakukan tindakan bahkan menggunakan APD), pemberian tanda jarak duduk antara pengunjung satu dan lainnya, hingga penggunaan wajib APD bagi para pengunjung atau pasien yang hendak melakukan tindakan.

Lanjut, ketika tiba di ERHA Clinic Bintaro dan selesai melakukan protokol kesehatan (cek suhu dan pakai hand sanitizer), saya disambut dengan sangat ramah oleh staff front desk-nya (beneran ramahnya kebangetan). Karena saya adalah pasien baru, mereka meminta saya untuk scan barcode, baru kemudian dipersilakan menuju ruang tunggu di lantai 2.

ERHA CLINIC BINTARO

Tiba di lantai 2, saya disambut oleh ruang tunggu yang tidak begitu besar, sepi, namun terlihat bersih dan nyaman. Ada sofa panjang dengan beberapa stiker pertanda jaga jarak, juga ada beberapa air mineral kemasan gelas di atas meja yang disediakan untuk para pengunjung. Saat itu kebetulan sedang sepi tanpa pasien atau pengunjung, sehingga tak butuh waktu lama saya duduk di ruang tunggu, Mbak-mbak ERHA berpakaian APD dengan masker dan face shield memanggil saya untuk masuk ke dalam ruangan dokter.

 

KONSULTASI DOKTER

Saya datang hari kamis pukul 14.00, itu artinya jadwal dokter yang available untuk konsultasi adalah dr. Inge Mailiza Marpaung, SpKK. Saat masuk ke dalam ruangan dokter, dokter menyambut saya dengan ramah (kayaknya memang semua pegawai di ERHA Clinic ini ramah tanpa terkecuali, termasuk para dokter). Beliau langsung menanyakan keluhan kulit yang saya alami. Tak lama setelah saya ceritakan, dokter menyuruh saya berbaring di ranjang periksa. Beliau mengamati jerawat yang ada di wajah saya menggunakan alat berbentuk bulat menyerupai kaca pembesar. Selesai diperiksa, beliau mengatakan bekas jerawat di dahi yang tak kunjung mengempis itu membentuk semacam milia. Lalu, jerawat kecil putih yang menyebar di beberapa area muka juga sebenarnya itu milia, bukan jerawat.

Konsultasi dokter di ERHA Clinic bintaro
Ini foto bersama asisten dokter Inge 🙂

Sebagai informasi, menurut penjelasan dokter Inge, milia adalah lemak yang terperangkap di bawah permukaan kulit. Berbeda dengan jerawat, cairan putih di dalamnya lebih sulit untuk dikeluarkan. Sehingga, memencetnya hanya membuat kulit wajah iritasi dan terluka. Butuh treatment khusus dan pengobatan tertentu untuk mengeluarkan cairan tersebut. Salah satu solusinya, dengan memilih jenis perawatan dari program ERHA Ultimate Acne Cure. Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter terhadap kondisi kulit yang saya alami, program ERHA Ultimate Acne Cure yang disarankan untuk saya pilih adalah No Acne No Cry Program dengan treatment plan jenis Advance Plan. Sebab, dokter langsung memberikan dua jenis tindakan yang berbeda untuk membantu mempercepat pencapaian skin goals yang saya inginkan. Nah, dua jenis tindakan yang kemarin saya lakukan adalah injeksi dan acne peeling.

 

INJEKSI

Melihat permasalahan kulit saya, dr.Inge meminta izin untuk melakukan tindakan injeksi pada benjolan seperti milia ( yang awalnya saya anggap itu bekas jerawat  ternyata masih termasuk jerawat aktif) yang ada di dahi saya. Beliau menjelaskan, benjolan yang saya anggap bekas jerawat itu masih terlihat memerah. Injeksi ini dilakukan untuk mengurangi peradangan. Oh ya, awalnya saya takut karena ini adalah pengalaman pertama saya injeksi di wajah. Tetapi setelah injeksi selesai dilakukan, ternyata injeksi atau suntik jerawat ini tidak seseram dan sesakit yang dibayangkan loh (maaf, untuk tindakan ini tidak diizinkan oleh dokter untuk didokumentasikan). Memang akan sedikit mengeluarkan darah, namun tak perlu khawatir karena itu bukan sesuatu yang tidak normal. Setelahnya, asisten dokter akan menutup area kulit bekas disuntik dengan patch.

 

ACNE PEELING

Acne peeling itu apa sih? Tindakan yang bagaimana dan apa dampaknya setelah peeling selesai dilakukan? Itulah pertanyaan saya kepada dokter Inge ketika beliau menyarankan saya untuk diberikan tindakan acne peeling. Senangnya, dokter Inge ini tak hanya ramah, namun juga tak pelit informasi. Pertanyaan seputar acne peeling ini pun dijawab dan dijelaskan oleh dokter Inge dengan pemahaman yang sangat mudah dipahami.

Jadi, apa itu acne peeling?

Dokter Inge menjelaskan, acne peeling itu adalah tindakan pemberian obat luar pada kulit yang dilakukan untuk membersihkan sisa lemak, exfoliating sel kulit mati, mengendalikan minyak pada wajah, hingga membersihkan dan melunakkan komedo. Sehingga, ketika nanti facial, komedo bisa menjadi lebih lunak dan tidak sakit saat diekstraksi oleh facial terapis. Durasi lamanya acne peeling ini dilakukan tergantung jenis kulit yang dimiliki oleh pasien. Namun biasanya, rata-rata acne peeling dilakukan selama 40 menit. Nah, untuk tindakan acne peeling case saya, durasi pemberian obat peeling hanya sekitar 20 menit. Hal ini dikarenakan saya memiliki jenis kulit yang sensitif.

Acne peeling erha clinic bintaro dokter inge

Lanjut, saat krim acne peeling ini diaplikasikan ke kulit, dokter Inge juga menjelaskan bahwa akan ada sensasi yang kurang menyenangkan seperti gatal, perih, atau panas. Oleh karena itu, kulit wajah akan lebih sensitif setelah acne peeling ini dilakukan. Maka, dokter menyarankan pasien untuk menghindari olahraga yang berkeringat atau berjemur di bawah sinar matahari.

Lalu, bagaimana tahapan atau prosedur tindakan acne peeling di ERHA Clinic?

Setelah saya menyetujui untuk diberikan tindakan peeling, saya keluar dari ruangan dokter dan pindah ke ruangan khusus untuk peeling. Tiba di ruangan peeling, saya disodori pakaian APD, penutup rambut, dan obat kumur sebagai prosedur protokol kesehatan selama pandemi (sayangnya saya lupa mendokumentasikan atribut prokes tersebut hehe).

Peeling acne ERHA

Setelah pakaian APD dan penutup rambut saya kenakan, saya berbaring di ranjang yang disediakan. Step selanjutnya, kulit wajah saya dibersihkan menggunakan sabun muka dari ERHA Clinic oleh terapis. Selesai wajah dibersihkan, saya diberikan sebuah cottonbud. Katanya, kalau reaksi obat peeling sangat gatal, saya bisa menotolkan bagian gatal dengan cottonbud tersebut.

Acne peeling erha clinic bintaro

Step selanjutnya setelah wajah dibersihkan, krim peeling siap dioleskan oleh dr.Inge dan didiamkan setelahnya selama 20 menit. Selama kulit wajah didiamkan, ada reaksi gatal yang saya rasakan. Namun, saya memilih untuk menahannya dengan tidak menyentuh, menggaruk, bahkan menotolkan cottonbud. Kemudian, selesai didiamkan selama 20 menit, wajah saya dibersihkan dan dilanjut dengan pengaplikasian sunblock pada kulit wajah.

 

PEMBERIAN PRODUK OBAT

Setelah semua tindakan selesai, pastinya dokter memberikan serangkaian produk obat (krim wajah) yang bisa saya gunakan di rumah. Karena saya mengambil program ERHA Ultimate Acne Cure, produk krim wajah yang diberikan bukanlah produk krim wajah yang dijual bebas oleh ERHA. Namun, produk diracik terlebih dahulu oleh apoteker dengan kandungan obat yang sesuai kondisi kulit saya. Kemarin, saya diberikan 4 jenis produk racikan sesuai resep dokter dan 1 produk sabun pencuci muka milik ERHA Clinic yang dijual bebas. Bagi, kalian yang baru pertama kali perawatan muka di ERHA Clinic seperti saya, nanti jangan kaget bila krim wajahnya berbau tak enak atau berbau obat. Sebab, krim wajah racikan memang tidak diberikan fragrance atau pewangi. Dokter Inge mengatakan, terkadang, krim wajah yang sengaja diberikan pewangi dapat memberikan reaksi tertentu ke kulit wajah, khususnya pemilik kulit sensitif seperti saya. So, tahan saja bila baunya kurang enak di awal pengaplikasian ke kulit wajah. Lama-lama, baunya memudar kok.

ERHA ULTIMATE ACNE CURE

 

TOTAL BIAYA

Disclaimer, total biaya yang saya tunjukkan ini akan berbeda dengan pasien lain. Bisa lebih mahal dari saya atau lebih murah. Biaya berikut di bawah ini hanya sebagai gambaran biaya perawatan program ERHA Ultimate Acne Cure, khususnya untuk masalah kulit seperti saya.

Total biaya erha

Jadi, dalam program ERHA Ultimate Acne Cure, saya memilih No Acne No Cry dengan tipe perencanaan perawatan jenis Advance Plan. Total yang saya bayarkan untuk dua jenis tindakan (acne injection dan acne peeling) adalah 1.5 juta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya konsultasi dokter dan produk krim wajah. Total biaya terlampir pada foto di bawah ini ya.

 

RESULT 1 (Update per tanggal 27 November 2021)

Sama seperti total biaya yang dibayarkan, hasil dari perawatan pun akan berbeda. Dari tulisan ini dibuat, saya sudah menggunakan krim wajah selama 10 hari. Selama 10 hari pemakaian, belum ada perubahan yang signifikan kecuali, ukuran jerawat di dahi terasa mengecil. Namun secara keseluruhan, keadaan kulit wajah saya saat ini masih merah, perih, dan sedang mengalami pengelupasan. Saya sudah konsultasikan via whatsapp terkait kondisi kulit saya ini. Admin dengan ramah memberikan solusi untuk berhenti memakai salah satu jenis krim malam sementara selama 5 hari ke depan. So, jika ada yang mengalami hal yang sama dengan saya, jangan ragu untuk menghubungi pihak ERHA melalui whatsapp. Mereka pasti akan melayani pertanyaan dengan ramah dan memberikan solusi terbaik. 🙂

ERHA REVIEW

Erha acne review

Erha acne review

Erha acne review

Erha acne review


RESULT 2 (Update per tanggal 29 November 2021)

Hari ini, keadaan kulit saya lebih baik dari kemarin. Sepertinya karena saya menghentikan sementara pemakaian salah satu krim malam anjuran admin ERHA Clinic (tentunya setelah dikonfirmasi kepada dokter Inge). Merah-merah sedikit berkurang, pengelupasan hampir tidak ada (hanya ada sedikit di bagian dagu), rasa cekit-cekit menyengat juga berkurang. Saya juga merasa kotoran di wajah seperti jerawat (atau komedo) yang berupa seperti lemak-lemak putih yang ada di sekitar hidung keluar sendiri. I mean, tanpa effort dipencet, lemak tersebut muncul seperti ingin dibersihkan. So, saya juga merasa kulit wajah tampak lebih bersih dan tidak kusam.

Erha acne review

 

RESULT 3 (Update per tanggal 1 Desember 2021)

Hari ini, saya bangun pagi dengan kondisi kulit yang lembab dan area dekat hidung bersih. Pemakaian krim wajah tak lagi perih dan membuat kulit wajah memerah. Perih hanya di bagian sudut hidung dan dekat mulut. Kemarin, saya sempat melihat ada jerawat kecil baru di pipi (sepertinya jerawat hormon menjelang menstruasi), namun hal itu hanya bertahan beberapa jam setelah itu mengering, memudar, dan hilang. Pagi ini juga setelah mengaplikasikan krim pagi, kulit lebih lembab dari minggu lalu dan tak lagi kering mengelupas. Beruntusan pun di pipi pun berkurang. Alhamdulillah, saya senang melihat perubahan ini. Nanti malam, saya akan lanjutkan menggunakan krim malam yang sempat dihentikan selama 5 hari. Untuk hasilnya bagaimana, saya akan update terus secara berkala. Overall hingga hari ini tulisan di buat, saya puas dengan hasilnya. Apalagi jerawat di dahi sudah hampir rata dengan kulit.

Erha acne review

Note : Selama perawatan ini, saya tidak menggunakan sama sekali bedak atau kosmetik dekorasi lainnya. Dari tanggal  18 November 2021-1 Desember 2021, saya hanya menggunakan bedak dan blush on di tanggal 27 November saja karena ada keperluan acara yang mengharuskan wajah saya dimake-up. Selebihnya, kulit wajah saya biarkan ‘polosan’ tanpa makeup wajah (only makeup mata). Lalu, selama 3 hari setelah acne peeling, saya menghindari terkena panas matahari dan berkeringat atas saran dokter.

 

Well, cukup sekian ulasan saya tentang ERHA dan program perawatan acne terbarunya. So far, saya puas melihat hasilnya saat ini dan akan kembali meneruskan pemakaian produk dan perawatan dari ERHA Clinic ini. Kunjungan saya berikutnya, dokter menyarankan untuk tindakan laser dan ekstraksi milia, karena memang jika dilihat dengan kondisi kulit wajah saya saat ini, rencana kedua tindakan tersebut memang tepat untuk hasil yang lebih sempurna untuk case saya (milia memang tak bisa hilang begitu saja tanpa tindakan langsung dari dokter).

Untuk info lebih lanjut terkait ERHA Ultimate Acne Cure, kalian bisa cek Instagram atau TikToknya di @erha_ultimateacnecure atau kunjungi websitenya di ultimateacnecure.erha.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published.