LIBURAN KE HK DAY 2: DISNEYLAND

Hello Readers !

Seperti yang saya katakan di post sebelumnya, tujuan utama liburan ke Hong Kong adalah mengunjungi Disneyland. Finally, bisa terwujud di hari kedua saya berada di HK. Saya dan keluarga mengunjungi Disneyland seharian penuh di hari kedua liburan di HK ini. Senangnya!

***

CEK PRAKIRAAN CUACA DI HP

Bangun pagi hari, di malam pertama saya menginap di Novotel Citygate rasanya semangat sekali. Walaupun masih kurang tidur karena semalam baru tiba di negara ini, tetapi tetap tidak mengurangi semangat saya berpetualang bersama anak-anak dan suami di Hong Kong pagi hari.

Bangun tidur, saya langsung menyiapkan segala keperluan untuk beraktifitas mulai dari menyiapkan baju pergi anak dan suami, masak nasi dan mie instan untuk sarapan (duh orang Indonesia banget ya! Hahaha) sampai nge-cek prakiraan cuaca yang ada di aplikasi hp.

Cek prakiraan cuaca selama di Hong Kong sebelum menentukan tujuan pergi itu penting banget loh. Hong Kong itu cuacanya berubah-ubah setiap hari, yang paling mengganggu ya kalau hujan dan disertai angin kencang. So, walaupun sudah membuat itinerary, kemungkinan berubah agenda jalan-jalan itu ada (makanya jangan lupa siapkan plan B). Seperti hari kedua saya dan keluarga di Hong Kong ini.

Sebelum tiba di HK, saya sudah menyusun jadwal jalan-jalan termasuk hari kedua. Rencananya, jadwal hari kedua saya sekeluarga adalah mengunjungi Ngong Ping dan berenang sore hari. Saya pikir, jika pergi ke Disneyland pada hari kedua akan cukup melelahkan, karena sehari sebelumnya anak-anak berada di ‘jalan’ dalam perjalanan liburan ke HK, sehingga saya buat jadwal main di Disneyland adalah hari ketiga.

 

 

Saya lihat cuaca hari kedua ini juga sangat bagus, cerah dan hanya sedikit hujan di sore menuju malam hari yang sepertinya memang cocok untuk pergi ke Ngong Ping menikmati pemandangan dari Crystal Cabin cable car. Namun, saat saya akan pergi, saya cek kembali ramalan cuaca untuk besok. Ternyata, ramalan cuaca untuk hari ketiga kurang bagus, ada hujan dengan curah yang cukup tinggi disertai angin. Saat itu juga, saya katakan ke suami,

“Hari ini kita ke Disneyland saja ya. Besok hujan, takut anak-anak tidak bisa bermain di sana.”

Dan benar saja, cuaca hari kedua sangat bagus. Hujan hanya ada di sore menuju malam hari. Hari ketiga juga sesuai dengan ramalan yaitu hujan cukup deras. Ya, sejak hari kedua dan seterusnya saya liburan di HK selalu cek ramalan cuaca di HP. Ramalannya cukup akurat!

 

Menuju Main Street USA. Masih pagi namun sudah terlihat ramai. 🙂


PERGI KE DISNEYLAND NAIK MTR

 

Sebelum saya pergi ke HK, saya dan suami sudah memikirkan transportasi yang akan kami pakai, termasuk transportasi menuju Disneyland. Saya sekeluarga berencana naik MTR menuju Disneyland Park. Itu lah mengapa saya memilih menginap di Novotel Citygate karena lokasinya nyambung dengan stasiun MTR Tung Chung. Ya, setiap kereta dari stasiun manapun akan berhenti di stasiun Tung Chung jika tujuan akhirnya adalah stasiun MTR Disneyland Resort.

 

BELI OCTOPUS CARD DI STASIUN TUNG CHUNG

Sebelum naik kereta, saya dan suami terlebih dahulu membeli Octopus Card sebagai alat pembayaran MTR. Octopus Card itu semacam E-Money atau Flash di sini. So, gak hanya buat MTR saja sih, tetapi bisa digunakan juga belanja di mini market dan alat transportasi lainnya.

 

 

Kartu Octopus yang saya gunakan di HK kemarin, saya beli di stasiun Tung Chung. Saya membeli Octopus Card reguler, bukan untuk wisatawan. Harga kartu untuk 1 orang dewasa adalah 150HKD, saldo 100HKD+deposit 50HKD. Harga kartu untuk 1 orang anak (3-11th) adalah 70HKD, saldo 20HKD+deposit 50HKD. Deposit akan dikembalikan dalam bentuk cash setelah kita tidak memakai kartu lagi dan mengembalikan kartu ke official store mana saja yang menjual Octopus Card.

 

TUNG CHUNG – SUNNY BAY – DISNEYLAND RESORT

Begitu kartu Octopus sudah ada di tangan, waktunya masuk ke gate sambil nge-tap kartu. Caranya sama kok seperti naik MRT Jakarta.

Ada yang bilang space gate untuk nge-tap itu kecil sehingga stroller tidak bisa masuk. Itu tidak benar ya. Pilihan gate-nya ada yang lebar kok. Stroller bisa masuk dan biasanya itu diperuntukkan untuk disabilitas yang menggunakan wheel chair.

 

Baru tiba di Sunny Bay station dan siap pindah peron untuk menaiki kereta tujuan Disneyland Resort.

 

Lanjut setelah tap, pilih jalur kereta sesuai tempat tujuan. Untuk disneyland, pilih jalur Disneyland yang berwarna pink. Pilih yang melewati jalur stasiun Sunny Bay karena setelah naik kereta dari stasiun Tung Chung, turun di stasiun Sunny Bay.

Petunjuk di stasiun sangat jelas dan tersedia elevator untuk pengguna kursi roda atau baby stroller.

 

Perjalanan dari Tung Chung ke Sunny Bay sekitar 10 menit. Dari Sunny Bay pindah jalur ke Disneyland Resort. Naik kereta ke Disneyland Resort dijamin tidak akan salah karena bentuk keretanya berbeda. Bentuknya kepala mickey mouse, lucu deh! Perjalanan dari Sunny Bay ke Disneyland Resort memakan waktu sekitar 18 menit. Tarif 1 orang dewasa dari Tung Chung sampai dengan Disneyland Resort sekitar 15 HKD, sedangkan 1 orang anak sekitar 7.5HKD.

 

Desain kereta khusus untuk tujuan Disneyland Resort.


HONG KONG DISNEYLAND, KAMI DATANG!

Setelah kegirangan sendiri naik kereta khusus tema Disney (gak cuma anaknya yang happy, saya juga!), baru turun dari kereta aja kadar kebahagiaannya nambah lagi. Dalam hati saya berkata,

“Oh ini toh stasiun Disneyland Resort yang sering saya lihat di foto orang-orang”

Satu kata aja deh, SENANG! Akhirnya bisa lihat sendiri langsung stasiun dengan dekorasi yang Disney banget, bisa naik kereta yang juga khas Disney banget yaitu dengan dekorasi Mickey Mouse.

 

 

Selesai nge-tap kartu Octopus, saya sekeluarga disambut dengan cuaca yang cerah banget, ramainya pengunjung (padahal masih pagi banget sekitar jam setengah 10 pagi) dan bacaan ‘HONG KONG DISNEYLAND’. Huaaaah. Seketika kebahagiaannya bertambah berkali-kali lipat! Asli sih ga bohong, saya dan keluarga benar-benar bahagia bisa sampai ke tempat ini. Padahal baru di depan pintu keluar stasiun MTR nya aja, belum gate Disneyland Park-nya.

 

Foto di depan stasiun MTR Disneyland Resort.

 

Dari depan pintu keluar stasiun MTR Disneyland Resort, saya dan keluarga berjalan kaki kurang lebih 5 menit menuju gerbang masuk taman Disneyland. Kalau dihitung jarak kurang lebih 600 meter. Sepanjang jalan dari depan, semacam gapura?, pengunjung sudah diperdengarkan lagu khas Disney. Yah, bagi penggemar Disney pasti sudah bisa membayangkan lagu seperti apa yang diputar di sana. Satu hal pasti belum masuk pintu gerbang utamanya saja suasananya sudah seperti di alam dongeng khas Mickey. Gak bisa digambarkan lah bahagia banget bagi yang suka dengan Disney, terutama dongeng-dongeng Princess-nya.

 

 

 

SECURITY CHECK

Tiba di pintu gerbang masuk taman, saya sekeluarga langsung masuk ke antrian security check. Lumayan agak panjang, tetapi tidak makan waktu lama, hanya sekitar 10 menit. Kebetulan saat kami datang di depan pintu gerbang taman, jam operasional Disneyland Park baru saja dibuka.

 

 

Apa saja sih yang diperiksa? Pemeriksaan standar keamanan yang pasti, tetapi untuk detailnya bisa cek melalui website Disneyland mengenai peraturan benda yang dilarang dibawa ke taman. Beberapa orang mengatakan, begitu juga di website, tongsis dilarang untuk dibawa masuk. Kebetulan memang saya dan suami tidak membawa. Namun, kami berdua membawa tripod mini yang alhamdulillah tuh masih diperbolehkan dibawa masuk alias tidak diambil oleh mereka. Tetapi, saya dan suami sih sadar diri untuk tidak menggunakannya di dalam taman agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung lainnya. Kalau diluar taman, seperti depan gerbang sih masih oke-oke saja.

 

REDEEM TIKET

Setelah melalui security check, pengunjung harus melalui antrian lagi nih. Antrian membeli tiket dan antrian masuk setelah membeli tiket. Haha. Untungnya, saya dan suami datang pagi, juga sudah membeli tiket via Traveloka. Tempat penukaran atau redeem, ada di samping kiri dekat loket penjualan tiket on the spot. Dekat kamar mandi juga. Jadi, jangan salah antrian ya. Kasian juga sudah antri lama, eeh salah tempat antri. Seperti saya dan suami kemarin. Untungnya saja masih sepi.

 

Loket untuk pembelian tiket on the spot. Tidak melayani redeem tiket yang dibeli secara online.

 

Tempat untuk mengantri ke loket pembelian tiket on the spot. Saat saya datang, antrian hanya beberapa orang saja. Masih sepi. Lebih baik memang datang pagi saat taman baru buka.

 

Setelah redeem, petugas akan memberikan tiket fisik. Wah senangnya! Saya kira tidak akan mendapat tiket fisik, ternyata dapat juga. Tiket fisiknya saya dapat 6. Kok banyak? Iya, 3 buah adalah tiket masuk saya, suami dan anak saya yang pertama (anak kedua masih dibawah 3 tahun jadi free of charge). Sedangkan 3 nya lagi adalah voucher makan 3 in 1. Iyaa saya membeli paket yang ada voucher makan sekalian.

 

Tiket edisi Ant-Man.

 

Nah, setelah tiket fisik ada di tangan, tinggal antri deh ke gerbang utamanya untuk scan tiket yang tadi sudah di print. Setelah scan selesai… siap bermain dan puter-puter di taman Disneyland! Hooray!

 

 

TAMANNYA LUAS BANGET !

Informasi yang saya baca, Disneyland di Hong Kong itu merupakan Disneyland terkecil. Tetapi… tahu tidak? bagi saya dan suami, segitu tuh besar banget! Seharian saja belum semua dijelajahi. Eh mungkin kalau tanpa anak atau balita, menjelajah Disneyland Hong Kong seharian itu bisa. Kalau bawa anak, terutama balita, agak sulit yaa bisa muterin seluruh area atau bahkan cobain wahananya satu-satu dalam waktu seharian.

 

Toy Story Land. Warna-warni menggemaskan!

 

Satu lagi yang perlu diketahui, karena taman ini besar banget, wahai para orang tua jangan lupa bawa stroller! Di sana ada sih penyewaan stroller, tetapi melihat bentuknya yang kayaknya sih gak akan nyaman dipakai anak, kalau kata orang Sunda sih ‘ga enakeun‘. Haha. Jadi, mending bawa sendiri!

 

Tomorrowland. Tema ala luar angkasa dan futuristik.

JANGAN LUPA AMBIL MAPS DAN JADWAL EVENT

Sebelum masuk ke dalam taman, pastikan ambil kertas semacam brosur yang berisi maps dan jadwal acara.

 

Foto ini diambil di taman bagian depan setelah gerbang scan tiket, dimana terdapat box putih seperti lemari yang berisi maps dan brosur event yang bisa diambil oleh pengunjung.

 

Maps penting ya karena ukuran taman yang besar banget dan biar gak keliling-keliling cari wahana yang diminati. Jadwal acara juga jangan sampai yang dinanti itu terlewati. Misalnya jadwal foto dengan karakter Disney dan jadwal parade. Untuk foto dengan karakter Disney itu dibatasi jumlah peserta dan waktunya loh. So, kalau ada tokoh atau karakter Disney yang disukai banget, mending dicatat dan diingat baik-baik jadwal waktu untuk foto bareng mereka. Antrian fotonya lumayan banget, terutama untuk Mickey dan Minnie. Saya saja tidak dapat kesempatan foto bareng mereka.

 

MAKAN DI DISNEYLAND

Baru mulai masuk taman, saya sudah redeem makanan yang saya tukarkan dengan cemilan pop corn.

 

Pilihan rasa popcorn yang enak menurut saya sekeluarga adalah Honey Mustard. Manis asin gurih. Pokoknya enak deh. 🙂

 

Hmm, ya saya dan suami memang tidak menargetkan untuk mencoba semua wahana. Saya dan suami lebih ingin menikmati taman dengan santai, tujuannya biar anak tidak terlalu cape karena akan berada  di taman sampai malam hari. Di sana, saya sekeluarga hanya mencoba wahan-wahana ‘ringan’ yang anak juga bisa main dan suka. Oh ya, balik lagi soal makanan,

i suggest you to buy Disneyland admission ticket plus meal voucher.

Why?

Harga makanan di sini itu lumayan mahal banget! Satu paket sekali makan almost 300ribu Rupiah per orang!

Memang harga tiket plus voucher makan berapa?

 

ONE DAY TICKET PLUS MEAL VOUCHER 3IN1

Harga tiket dewasa yang sudah termasuk voucher makan 3in1 adalah sekitar 1.5 juta Rupiah. Tiket masuk Disneyland ini tipe one day ticket dengan waktu kedatangan bebas, bisa tanggal berapa saja. Voucher 3in1 ini bisa ditukar dengan 2x makan main course (lunch dan dinner senilai 149 HKD per sekali makan yang bisa digunakan di seluruh restoran yang ada di Disneyland Park),  1 snack (pop corn/frozen lolipop) plus potongan 5HKD untuk pembelian minum.

 

Klik foto untuk memperbesar gambar.

 

Sedangkan harga tiket anak yang sudah termasuk voucher makan 3in1 reguler adalah sekitar 1 juta Rupiah. Jenis tiket masuk dan ketentuan voucher makannya pun sama dengan tiket saya dan suami.

 

 

Menurut saya, pembelian tiket masuk disertai voucher 3in1 lebih murah daripada beli satuan tanpa voucher. As i told you, 1x makan per orang di sana harga nya sekitar 125HKD. Sedangkan dengan membeli paket, sekali makan limitnya 149HKD untuk lunch, 149HKD untuk dinner, snack untuk popcorn atau frozen lolipop. Jika dijumlahkan 2x makan plus 1x jajan snack itu bisa mencapai 700ribuan (jika dalam Rupiah). See? Lebih hemat ambil paket kan? Psst, ditambah potongan kode promo Traveloka, total harganya jauh lebih hemat dan murah loh! So, don’t forget to check Traveloka’s Attraction promo!

 

HALAL RESTAURANT, HALAL FOOD

Bagi pengunjung beragama Islam, tidak perlu khawatir soal makan di Disneyland karena di sana terdapat restoran bersertifikat halal. Saya dan suami pun senang akan hal itu karena sudah pasti mencari makan menjadi mudah.

 

Lokasi foto diambil : Explorer’s Club Restaurant, area Mystic Points.

 

Saat kemarin ke Disneyland, saya sekeluarga makan siang di Explorer’s Club Restaurant. Lokasinya di area Mystic Points. Jenis makanan di restoran ini adalah Asia. Ada nasi goreng, sayur kari, sate dan makanan Asia lainnya. Porsinya juga lumayan besar dan sangat mengenyangkan. Soal rasa sih hmm.. ya gitu deh. Hehehe. Nah, untuk makan malam, saya memilih makan di Tahitian Terrace di area Adventure Land. Saya pilih Laksa Singapore. Sedangkan suami, memilih kembali makan di area Mystic Points.

Lokasi foto diambil : Tahitian Terrace Restaurant, area Adventure Land.

Selama saya dan keluarga main di taman, dari pagi sampai malam, perut kenyang banget! Porsi makan seharga 150HKD itu besar. Belum ditambah jajan snack-nya. Alhamdulillah yaa kenyang, perut keisi dan jadinya badan gak masuk angin. Hehehe.

FASILITAS LENGKAP, TERMASUK MUSHOLA!

Fasilitas umum di Disneyland lumayan lengkap loh. Mulai dari klinik kesehatan, toilet, tempat mandi (beneran buat mandi!), nursing room (nursing room-nya bagus! Sayang gak sempat fotoin), mesin ATM sampai prayer room (mushola). Untuk prayer room ada di dekat wahana Mystic Manor. Tanya saja dengan petugas di sana karena petugas di sana lumayan fasih berbahasa Inggris kok.

 

OLEH-OLEH DISNEYLAND

Kalau ke Disneyland gak mampir ke merchandise atau souvenir shop kayanya kurang afdol ya. Hehehe. Banyak banget di sini tempat menjual oleh-oleh khas Disney seperti bros, gantungan kunci, magnet kulkas dan pernak-pernik gemas lainnya. Lokasinya pun menyebar di mana-mana, tidak hanya berada di Main Street USA. Sayangnya saya juga tidak sempat foto-fotoin toko di sana.

 

Foto diambil di kawasan Main Street USA.

 

Untuk harga lumayan pricey ya, tetapi tak bisa dihindari untuk tidak dibeli haha. Seingat saya, Sling bag mulai dari 150an HKD, gantungan kunci, bros dan magnet sekitar 35HKD, tempat minum mulai dari 80an HKD, pakaian mulai dari 120an HKD. Nah, kalau gak sempat membeli souvenir di Disneyland Park, di Bandara Hong Kong juga ada kok official store yang menjual souvenir Disneyland. Harganya juga sama dengan di Disneyland Park-nya. Pokoknya yang penting, jangan lupa beli, minimal 1 aja souvenir dari sana untuk kenang-kenangan. Hehe.

PARADE MALAM HARI DI DISNEYLAND

Waktu yang kami sekeluarga habiskan di taman ini memang tidak banyak mencoba wahana. Namun, anak tetap happy dan sangat berkesan terutama setelah mendapat foto bersama Princess Cinderella (yang memakan waktu hampir 1 jam untuk mengantri!). Mengantri memang menghabiskan waktu sih. Jelas! But, tidak menyesal karena hal menarik yang ada di taman ini ada sampai malam hari. Menurut saya ini lah puncak yang paling berkesan untuk semua. Parade malam hari dari berbagai karakter Disney.

Di awali dengan tayangan history Mickey Mouse dengan sorotan lampu dan musik, yang menurut saya dan suami sangat mengagumkan. Momen ini sulit terekam di kamera hp biasa, sepertinya harus dengan kamera profesional hehe. Tetapi tak masalah, karena saya sekeluarga benar-benar fokus menikmati sajiam luar biasa ini dari Disney.

Selesai tayangan lampu warna-warni beserta video Mickey yang diproyeksikan ke bangunan di Main Street USA, saya pikir acara taman telah usai. Ternyata tidak! Sekitar 45 menit kemudian, muncul parade yang benar-benar LUAR BIASA! Saya saja tidak terpikir untuk mengabadikannya karena benar-benar ingin menikmatinya. Serius deh, jangan pulang lebih awal, pulang saat malam sampai acara taman berakhir kalau tidak ingin menyesal! Hehe. Bagus banget banget banget. Oh iya jangan lupa ambil posisi duduk di sekitar trotoar bagian depan agar bisa lebih jelas melihat paradenya ya!

HK DISNEYLAND, LAYAK DIKUNJUNGI ATAU TIDAK SIH?

Setelah selesai seluruh aktifitas di taman, saya bilang pada suami bahwa kami sekeluarga harus mengunjungi Disneyland lainnya di negara lain, ya semoga ada rejeki untuk itu aamin. Kenapa? Karena taman ini luar biasa. Namun, saya masih saja mendengar kalimat seperti di bawah ini,

“Ngapain sih ke HK Disneyland, kan kecil”

“Ga seru kalii ke HK Disneyland, boring, gitu-gitu aja!”

“Ih mending ke Tokyo Disneyland lebih bagus”

“HK Disneyland mah jelek ah, wahananya buat anak kecil banget!”

Seriously, saya bingung masih banyak banget yang komen kayak gitu. Why? Mau kecil, mau besar, mau wahananya untuk anak kecil saja tetap saja tempat ini sangat menarik dikunjungi and i think

“DISNEYLAND IS THE HAPPIEST PLACE FOR EVERYONE”

 

Kedua anak saya, bahkan suami yang ‘buta’ banget soal Disney saja bisa sangat menikmati berada di taman ini. Hmm, ya mungkin balik lagi soal selera? Hehe.

Yah pokoknya sih bagi saya sekeluarga, Disneyland HK itu seru, banyak hal menyenangkan di sini. Mood hampir gak akan pernah bete. Dan… jika benar-benar penggemar Disney, semua Disneyland itu gak ada yang jelek! Semuanya menarik untuk dikunjungi! Apalagi untuk anak-anak. Pengalaman anak-anak ke Disneyland mungkin menjadi pengalaman terbahagia mereka saat kecil.

So, kalau pertanyaannya HK Disneyland layak dikunjungi atau tidak, jawabannya adalah OF COURSE, YOU MUST VISIT LAH!

Well, cukup sekian cerita Disneyland ini. Semoga terhibur dan termotivasi untuk datang ke tempat ini mengajak keluarga, hihi!

Thank you for visit and reading my blog!

Best Regards, 💋



2 thoughts on “LIBURAN KE HK DAY 2: DISNEYLAND”

  • Disneyland itu seruu! Tapi memang mereka kan fokusnya untuk segmentasi anak-anak, jadi tidak ada wahana untuk dewasanya. Anyway itu piring makan menu anaknya lucu banget! Bisa dibawa pulang nggak sih? hihihi…

    • Halo Mbak Diaz.. iya Mbak benar memang segmentasinya anak. Ada wahana untuk dewasa juga sih namun untuk di HK DIsneyland memang sedikit. Hahaha iya lucu ya lumayan buat piring makan anak di rumah tp sygnya ga bisa dibawa tuh hihihi 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *