BEAUTY,  FASHION & BEAUTY

BODY CARE SCARLETT WHITENING, YAY OR NAY?

 

Review scarlett whitening hellomamika
Hello Readers !

Sekitar sebulan yang lalu, saya jajan online lagi produk perawatan kulit tubuh. Ya dong, walaupun pandemi dan gak pergi ke mana-mana alias di rumah aja, perawatan kecantikan kulit harus tetap jalan. Biar apa? Biar tetap cantik lah. Hehe.

Nah, kebetulan salah satu jajan online bulan lalu adalah produk dari Scarlett Whitening yang akan saya bahas kali ini. Itu loh brand milik Felicya Angelista yang banyak diulas oleh para artis, influencer, dan beauty blogger. Tau kan?

Scarlett Whitening sebenarnya mengeluarkan banyak produk. Mulai dari produk rambut, wajah, hingga tubuh. Karena saya lebih sering mencoba-coba berbagai perawatan kulit tubuh dibanding perawatan kulit wajah dan rambut, saya memilih mencoba beberapa produk body care-nya. Lagipula, memang produk body care-nya yang lebih membooming.

 

APA SAJA PRODUK SCARLETT WHITENING YANG SAYA BELI?

Bulan lalu, aku membeli beberapa produk body care-nya. Antara lain adalah :

1. Body Scrub varian Romansa
2. Brightening Shower Scrub varian Mango dan Pomegrante
3. Fragrance Brightening Body Lotion varian Romansa, Charming, dan Freshy.

Scarlett Whitening body care review product

 

KENAPA SIH BELI SCARLETT WHITENING?

Saya tahu produk Scarlett ini tuh hype banget. Iklan dan reviewnya yang bertebaran di mana-mana membuat rasa penasaran saya bergejolak (dan berakhir membeli 6 produk sekaligus, hehe!). Kebetulan, produk body care Scarlett terkenal karena mampu memutihkan kulit. Namun, karena saya kurang tertarik dengan produk yang bisa memutihkan, bukan itu yang saya kejar. Saya sangat tertarik dengan review yang katanya seluruh produk body carenya wangi banget. That’s why, saya beli beberapa produk sekaligus dengan varian wangi yang berbeda-beda. Mau membuktikan apakah benar wanginya enak dan tahan lama?

 

BELI PRODUK SCARLETT WHITENING DI MANA?

Sebenarnya kalian bisa temukan produk Scarlett di beauty-commerce semacam Sociolla. Namun, saya lebih memilih membeli di official store Scarlett di Shopee. Sebab, saya bisa membeli paket hemat dengan harga yang lebih murah. Selain di Shopee, pembelian paket hemat bisa dilakukan melalui whatsapp 087700163000 atau DM Instagram resmi Scarlett Whitening di @scarlett_whitening .

Paket Hemat Scarlett Whitening

Jadi, kemarin saya membeli satu paket hemat yang harganya kalau dihitung-hitung lebih murah daripada beli satuan. Seluruh produk Scarlett harga satuannya Rp.75.000. Sedangkan harga satu paket yang berisi 5 produk ini adalah 300 ribu rupiah.

Isi produknya bisa pilih sesuai yang kalian mau. Kebetulan saya nambah 1 produk lagi sih jadi totalnya ada 6. Untuk item ke enam ini sayangnya tetap harga normal. But, it’s ok lah ya, biar saya bisa mereview lebih banyak tentang produk Scarlett ini. Hihi.

Scarlett whitening hellomamika

 

PENGEMASAN PRODUK SANGAT BAIK

Kemasan Box Ekslusif

Jujur, saat saya menerima paket dari kurir, saya tidak menyangka bakal mendapat kemasan sebagus ini. Terlihat mewah dan eksklusif! Boxnya kokoh dan masih tersegel plastik bening yang menutupi seluruh bagian box tersebut. Well, menurut saya, dilihat dari bentuk kemasannya yang seperti ini sih cocok untuk diberikan sebagai gift.

Scarlett whitening hellomamika body care review

Full Bubble Wrap

Selain kemasan boxnya yang bagus, isi produk juga dijamin aman. Produk dalam box dilapisi oleh bubble wrap yang cukup tebal. Masing-masing produk pun dilapisi lagi dengan plastik. Khusus produk shower scrub, pada bagian tutupnya dilapisi juga dengan bubble wrap yang cukup tebal. So, produk dijamin tidak akan tumpah atau bocor.

Kemasan scarlett whitening hellomamika

 

REVIEW PRODUK

Disclaimer : Di bawah ini akan saya ulas produk Scarlett Whitening yang sudah saya gunakan selama 3 minggu. Jenis kulit saya adalah normal dan sensitif. Hasil pemakaian produk pada saya kemungkinan akan berbeda dengan orang lain. Mengingat kondisi dan jenis kulit setiap orang berbeda-beda. 
BODY SCRUB

Varian : Romansa
Ukuran : 250 gr
Harga : Rp. 75.000 (harga paket hemat isi 5, @Rp. 60.000)

Body scrub hellomamika scarlett whitening review

Kemasan

(+) Ada penjelasan cara pakai, komposisi bahan, logo halal, logo not tested on animal, tanggal expired, nomor BPOM, dan juga stiker hologram bertuliskan Scarlett sebagai tanda produk tersebut original dari Scarlett. Saat barang tiba, walau kemasan body scrub ini tidak dilapisi plastik seperti produk lainnya, isi tetap aman. Tutup sangat rapat dan disegel oleh alumunium foil bertuliskan Scarlett. So, isi produk dijamin tidak akan tumpah.

(-) Tidak ada tulisan ukuran berat bersih produk. Saya harus menanyakan dulu kepada admin tentang berat produk. Padahal detail ini sangat penting.

Scarlett whitening review

Tekstur

Kesan awal saat saya membuka lapisan alumunium foilnya, teksturnya terlihat mirip es krim yang super creamy dan thick. Baru kali ini saya menemukan body scrub dengan tekstur sepadat ini. Isi produk di dalamnya juga banyak banget! Butiran scrubnya juga lembut saat digosokkan ke kulit sehingga tidak akan mengiritasi kulit. Kalau diraba, tekstur butiran scrubnya mirip mainan pasir kinetik atau garam dapur. Saat dibilas dengan air, butiran scrub ini akan lumer dan kulit tidak akan licin seperti scrub lain pada umumnya. Tidak juga kesat. Namun, kulit menjadi sangat lembab setelah menggunakan scrub ini.

Scarlet body scrub review

Wangi

Dari awal membuka segel, wanginya benar-benar semerbak. Enak banget wanginya! Untuk varian romansa yang saya coba, ini tipe wangi yang saya suka banget. Aroma wangi yang lembut, manis, dan elegan. Aromanya perpaduan antara ke bunga-bungaan dan buah. Entah ini penciuman saya, wanginya lama kelamaan berubah seperti bedak bayi atau white musk. Suka!

Warna

Varian romansa ini, memiliki butiran scrub berwarna putih. Warna putihnya sama seperti kemasan luarnya.

Cara Pakai

Sebelum nge-scrub, saya membasahi badan dulu dengan air hangat. Kemudian, saya apply scrub di kulit setengah basah. Ambil produk juga secukupnya, jangan kebanyakan. Kira-kira 2.5 sendok makan bisa untuk seluruh tubuh. Lalu, saya diamkan selama kurang lebih 3 menit baru saya gosok perlahan dengan cara memutar. Untuk kalian yang memiliki kulit sensitif seperti saya, menggosoknya harus sangat pelan ya agar tidak iritasi. Setelah digosok secara merata, tinggal dibilas sampai bersih deh.

Scarlett body scrub romansa

Hasil Pemakaian

Untuk efek putih atau mencerahkan sepertinya tidak bisa terlihat dalam waktu 3 minggu kalau di kulit saya. Lagipula, saya tidak berharap putih. Efek yang terasa setelah scrub, kulit terasa halus, bersih , dan lembab. Dan efek itu sudah sangat cukup bagi saya walaupun klaim bisa memutihkan belum saya dapatkan. Wanginya pun beneran tahan lama seperti yang orang-orang katakan. Apalagi kalau kombo ditambah dengan pemakaian body lotion dengan aroma yang sama juga (romansa).

 

BRIGHTENING SHOWER SCRUB

Varian : Mango (kuning) dan Pomegrante (ungu)
Ukuran : 300 ml
Harga : @Rp. 75.000 (harga paket hemat isi 5, @Rp. 60.000)

Scarlett shower scrub review

Kemasan

(+) Bentuk botolnya gendut dengan desain minimalis. Tutup botolnya jenis flip-flop dan sangat rapat. So, isi produk minim kemungkinan untuk tumpah. Label pada kemasan botol mengindikasi varian tertentu. Kuning untuk mango, ungu untuk pomegrante. Pada badan dan tutup botol terdapat emboss bertuliskan Scarlett. Pada label, informasinya tertera jelas ingredients, logo halal, logo no animal tested, tanggal expired, stiker hologram, nomor BPOM dan cara pemakaian.

(-) Bentuk botolnya terlalu bulky jika harus dibawa bepergian. Cara yang bisa saya lakukan biasanya memindahkan isi produk ke dalam wadah yang lebih kecil lagi saat dibawa untuk traveling. Tutupnya yang rapat juga bisa menjadi kekurangan, karena terkadang cukup sulit untuk membukanya.

Scarlett mango shower gel

Tekstur

Tekstur produk ini hampir sejenis body wash dengan tambahan bulir-bulir scrub kecil berwarna merah dan biru. Tekstur bulir scrubnya sangat lembut dan hampir tidak terasa. Saat diaplikasikan pada kulit, scrubnya berangsur hilang seiring saya menggosokannya. Sedangkan untuk tekstur liquidnya, kental dan sekilas lebih terlihat seperti gel. Saat diaplikasikan pada kulit, teksturnya hampir setipe dengan oil-based body wash dan milk body wash. Saya juga suka dengan produk ini karena tidak mengeluarkan banyak busa, namun saat dibilas tidak akan meninggalkan rasa licin ataupun kesat.

Shower scrub scarlett

Wangi

Di antara dua varian ini, saya lebih menyukai aroma dari varian pomegrante. Varian pomegrante ini wanginya lebih ke aroma manis permen dan ada efek calming. Sedangkan yang mango, wanginya lebih ke aroma yang segar, perpaduan antara mangga dan jeruk. Walaupun memiliki tipe wangi yang berbeda, wangi kedua varian sama enaknya. Tidak terlalu menyengat. Tinggal pilih tergantung selera kalian saja, suka wangi manis atau wangi segar.

Warna

Varian mango, cairan kentalnya berwarna kuning seperti jeruk. Sedangkan varian pomegrante berwarna ungu. Asli, kedua warna varian ini tuh menggemaskan banget!

Cara Pakai

Untuk cara pemakaian sih sama seperti kalau kalian sabunan aja. Basahi dulu tubuh, baru aplikasikan produk ini dan dibilas. Walaupun hasil scrubnya berbeda dengan body scrub, namun cukup membantu untuk memaksimalkan dalam membersihkan kulit sehari-hari.

Hasil Pemakaian

Sama seperti body scrubnya, pemakaian dalam waktu 3 minggu belum bisa menunjukkan hasil yang signifikan pada kulit saya. Apalagi hanya sekali pemakaian. Namun, hal yang sangat terasa, kulit lembab dan lembut setelah menggunakannya. Tidak kesat seperti sabun biasa.

 

FRAGRANCE BRIGHTENING BODY LOTION

Varian : Romansa (pink), Charming (ungu), dan Freshy (kuning)
Ukuran : 300 ml
Harga : @Rp. 75.000 (harga paket hemat isi 5, @Rp. 60.000)

Scarlett Whitening Body lotion romansa charming freshy hellomamika

Kemasan

(+) Kemasannya sama seperti Brightening Shower Scrub-nya. Dari segi emboss, stiker hologram, dan seluruh informasi produk pada label masih sama dan lengkap. Letak perbedaannya ada pada aplikator. Body Lotionnya ini menggunakan pump sehingga mudah untuk mengeluarkan isi produk. Bagian atas pump juga bisa diputar untuk stop dan open isi produk. Saat diputar ke arah stop, pump tidak akan bisa ditekan dan isi produk tidak dapat keluar. Scarlett juga memberikan lock tambahan untuk dijepit pada leher pump. Lock tambahan ini berfungsi untuk memastikan kepala pump tidak berputar ke kanan atau ke kiri saat produk dibawa ke dalam tas.

(-) Pump-nya memang sangat aman dan kemungkinan tumpah di tas sangat kecil. Namun, bentuknya masih bulky bila harus dibawa saat bepergian.

Kemasan scarlett whitening body lotion lock

Tekstur

Menurut saya, ketiga varian yang saya beli memiliki tekstur yang berbeda-beda. Varian Romansa (putih) memiliki tekstur paling kental di antara Charming (ungu) dan Freshy (kuning). Tekstur Charming berada di tengah-tengah antara Romansa dan Freshy, tidak terlalu kental, tidak terlalu cair. Sedangkan untuk Freshy, varian terbaru Scarlett, memiliki tekstur yang lebih cair dari Romansa dan Charming. Namun, walau ketiganya memiliki perbedaan tekstur, ketiganya mudah diratakan, cepat meresap dan tidak lengket. Semua varian juga awalnya setelah diaplikasikan ke kulit, cenderung agak kesat seperti pakai bedak. But, lama kelamaan berubah menjadi lebih halus dan lembab teksturnya di kulit. Love it!

Review scarlett whitening

Wangi

Jika diurutkan dari yang paling favorit, nomor satu adalah Romansa, Freshy, dan terakhir Charming. Varian Romansa, wanginya lembut manis seperti produk body scrubnya.

Varian terbaru Freshy, memiliki aroma wangi bunga yang manis dan segar. Katanya varian terbaru Freshy ini wanginya seperti Jo Malone English Pear & Freesia eau de cologne. Saya sendiri gak tau sih wangi Jo Malone seperti apa, yang jelas wangi Freshy ini enak banget. Suami saya suka kalau saya pakai varian yang ini.

Varian Charming memiliki aroma sedikit maskulin daripada kedua varian sebelumnya. Aromanya sedikit lebih strong. Sejujurnya, wangi Charming ini bukan tipe wangi yang saya suka sih. Menariknya, varian Charming ini yang paling tahan wanginya. Saya pakai sehabis mandi sore, besoknya bangun tidur pagi wangi lotionnya belum hilang.

Warna

Romansa memiliki warna lotion putih, Freshy berwarna kuning ke arah oranye, dan Charming berwarna ungu.

Cara Pemakaian

Biasanya, saya menggunakan lotion ini segera setelah mandi pagi dan sore. Saya aplikasikan lotion sedikit demi sedikit agar mudah diratakan. Terutama untuk varian Romansa yang teksturnya sangat kental, pakai sedikit saja sudah bisa untuk seluruh bagian tubuh.

Hasil Pemakaian

Bisa dikatakan, dari semua produk Scarlett, hanya body lotion yang terlihat klaimnya yang bisa memutihkan dalam sekali pakai. But, perlu digarisbawahi, awal diaplikasikan memang terlihat perbedaan antara tangan yang dipakaikan lotion dan yang tidak. Namun, setelah beberapa jam, warnanya kembali menyatu dengan kulit. Setelah kena air wudhu pun pudar. Saya tidak tahu ya, apakah efek putihnya bisa berlangsung selamanya atau tidak, jika rutin digunakan setiap hari? Sebab, selama 3 minggu warna kulit saya tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Efek yang saya rasakan setelah pemakaian lotion Scarlett di kulit saya, Scarlett membuat kulit saya menjadi lebih halus dan lembab.  Selain itu, untuk varian Charming juga kurang cocok di kulit saya karena membuat kulit gatal dan tidak nyaman. Sedangkan dua varian lainnya tidak.

Review lotion scarlett whitening

So, ya itu ulasan produk yang bisa saya berikan kepada kalian. Selanjutnya, saya akan memberikan sedikit informasi mengenai bahan unggulan yang ada di setiap produk Scarlett. Jika kalian memperhatikan, di setiap kemasan produk Scarlett tertulis +Glutathione dan +vitamin E. Yes, karena semua produk mengandung kedua bahan tersebut. Tetapi, tahukah kalian dengan bahan tersebut? Khususnya Glutathione?

 

APA ITU GLUTATHIONE?

Sejujurnya, saya belum pernah mendengar kandungan ini atau bahkan belum pernah mencari tahu sampai saya mencoba produk Scarlett dan menemukan tulisan +Glutathione+VitE di setiap kemasannya. Untuk vitamin E mungkin sudah banyak yang tahu dan mendengar tentang salah satu manfaatnya yaitu untuk melembabkan kulit. Sedangkan Glutathione? Sudah tahukah kalian tentang kandungan ini dan manfaatnya?

Dari sekian banyak artikel yang saya baca, Glutathione disebut sebagai mother of all antioxidants. Mengutip artikel dari SehatQ.com,

Glutathione adalah antioksidan yang diproduksi dalam sel tubuh. Glutathione terbentuk dari tiga asam amino: glutamin, glisin, dan sistein. Tidak seperti antioksidan pada umumnya, glutathione ternyata diproduksi tubuh dalam organ hati.

Keberadaan Glutathione di dalam tubuh memang membawa banyak manfaat positif. Namun, mengapa manfaat glutathione dikaitkan sebagai bahan untuk memutihkan kulit? Saya mengutip lagi artikel dari halodoc.com bahwa,

Salah satu manfaat Glutathione adalah untuk memerangi radikal penyebab kerusakan di sel tubuh) yang memiliki efek antimelanogenesis, yaitu melawan pembentukan pigmen melanin sebagai pemberi warna kulit. Sebab, semakin banyak pigmen melanin seseorang, maka akan semakin gelap warna kulitnya.

Pertanyaan selanjutnya, apakah penggunaan glutathione ini aman? Dari beberapa artikel yang saya baca, Glutathione ini cenderung bahan yang aman dan tidak ada efek samping yang membahayakan. So, bisa saya simpulkan, bahan Glutathione yang terkandung dalam produk Scarlett Whitening ini aman untuk digunakan.

 

BPOM & NOT TESTED ON ANIMALS

Sebagai bukti jaminan keamanan, produk Scarlett Whitening juga sudah terdaftar dalam BPOM. Seperti yang kita tahu, produk yang sudah terdaftar berarti sudah lolos uji standar keamanan kesehatan untuk digunakan. Selain itu, seluruh produk Scarlett Whitening not tested on animals. Artinya, produk Scarlett tidak melakukan uji coba sampel pada hewan. 🙂

 

Kesimpulan, SCARLETT WHITENING YAY OR NAY ?

Kalau saya sih YAY ya. Walaupun seluruh kemasan Scarlett itu bulky dan not travel friendly, tapi… tekstur dan wangi produk secara keseluruhan sudah sangat baik. And seriously, pakai produk shower scrubnya bikin mandi lebih rajin, alhasil saya semakin betah berlama-lama di kamar mandi! Hehe.

Poin selanjutnya, produk Scarlett pun aman karena sudah terdaftar di BPOM. Sekaligus membuktikan bahwa produk Scarlett bukanlah produk pemutih abal-abal. So, bagi kalian yang mencari produk untuk mencerahkan kulit, kalian bisa mencoba Scarlett ini. Adapun reaksi gatal saat saya menggunakan lotion varian Charming, kemungkinan disebabkan karena tingkat sensitivitas kulit saya.

Soal harga, Scarlett Whitening ini memang terkesan mahal ya dengan ukuran botol yang nampaknya tidak terlalu besar. Untuk itu, saya sarankan kalian membeli paket hemat seperti yang saya katakan di atas. Nah, untuk ukuran botol memang terlihat kecil. Tetapi, percayalah isinya tuh banyak banget karena pemakaian produk Scarlett cuma perlu sedikit saja, dikarenakan sebagian besar tekstur produk Scarlett tuh kental. 🙂

Well, saya rasa cukup sekian ulasan saya tentang Scarlett Whitening. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian. Sekedar mengingatkan kembali juga, produk ini mungkin cocok di saya, namun belum tentu cocok di kalian. Begitu juga dengan sebaliknya. 🙂

Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca blog ini. Sampai bertemu di tulisan saya selanjtnya.

Salam hangat,

Ika.

2 Comments

  • fanny_dcatqueen

    Aku juga sukaaaa produk2 Scarlett mbaaaa. Lagi pake skr . Wanginya sih yaa yg bikin jatuh hati :D. Apalagi kalo abis workout malam, trus mandi pake sabunnya, oles lotion, wiiih tidur makin nyenyak :D.

    Dan aku juga cobain serumnya yg brightly ever serum. Itu cocoooook. Seneng deh. Jd sepertinya aku bakal pake trus, trutama serumnya

    • hellomamika

      Halooo.. iyaaa wanginya gilaaa enak bnr yaa.. bikin betah di kamar mandi asli deh hahaha. Trs bangun tdr tuh wangi gtu yaa.. saya blm coba sih serumnya.. entar liat review lainnya dlu br brani coba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *