SOCIAL AND MEDIA,  TRAVEL,  TRAVEL STORIES

LIBURAN KELUARGA #SIAPDIJALAN DAN TETAP SANTUY DENGAN MEMBAWA 9 BARANG WAJIB INI !

Hello Readers !

Tidak terasa ya sebentar lagi menuju ke penghujung tahun. Itu artinya, libur anak sekolah juga akan segera tiba. Kalau sudah libur sekolah, biasanya saya dan suami merencanakan pergi berlibur bersama anak-anak, baik yang jauh maupun yang dekat-dekat saja. Ya, saya dan suami menganggap pergi berlibur itu adalah bentuk refreshing. Kata orang, biar hidup gak jenuh dan kaku kaya Kanebo. Hehe.

Bicara soal liburan, saya memang cukup sering pergi berlibur bersama keluarga. Tak terkecuali saat anak-anak saya masih berusia bayi. Memang sedikit repot mengajak anak-anak bepergian, terutama saat mereka bayi. Selain harus ekstra sabar menghadapi tangisan mereka, minta ini itu dan lain sebagainya, saya dan suami pun harus siap dengan konsekuensi barang bawaan dalam jumlah yang tidak sedikit. Mengalami keadaan kabin mobil yang berantakan, penuh dengan barang kebutuhan anak-anak, menjadi sebuah pemandangan yang tak aneh saat pergi liburan keluar kota. Membeli bagasi tambahan saat pergi dengan LCC Airlines juga menjadi hal yang wajar. Meskipun seperti itu, saya dan suami tetap semangat pergi liburan bersama anak-anak.

Terkait barang bawaan saat liburan bersama keluarga, saya memiliki beberapa saran barang yang wajib dibawa agar liburan tetap santuy alias santai! Biar liburan bisa bahagia, anti rungsing, anti repot pokoknya anti bad mood. Ini juga sebagai jawaban saya terhadap pertanyaan teman-teman,

“Ka, kamu bawa barang berapa banyak, apa aja, saat traveling dengan anak-anak?”

Jawaban umumnya yang pasti perlengkapan pakaian ya, termasuk popok sekali buang (diapers). Tetapi, ada beberapa barang wajib yang sama pentingnya dengan perlengkapan pakaian untuk dibawa saat bepergian dengan keluarga. Barang apa sajakah itu? Nah, jawabannya ada di bawah ini. Simak terus yaaa ๐Ÿ™‚

 

 

MINUMAN DAN MAKANAN

Kedua barang ini harus selalu ada di dalam tas dan masuk menjadi list pertama yang tidak boleh tertinggal. Seringkali penyebab anak-anak rewel dan menangis, adalah rasa haus dan lapar. Dan ini memang cara yang ampuh untuk anak-anak saya, terutama untuk si Bungsu. Kalau ada susu dan snack, perjalanan liburan akan aman sentosa. Hehehe.

Untuk minuman, saya selalu membawa botol minum berisi air mineral dan memang selalu sedia susu kotak kemasan. Untuk makanan yang dibawa, tak harus makanan berat, bisa juga berupa makanan ringan. Biasanya untuk makanan ringan, saya selalu sedia roti, wafer atau biskuit.

 

APRON, PENUTUP UNTUK IBU MENYUSUI

Nah, kalau barang ini sifatnya tentative. Bagi ibu yang masih menyusui anaknya, barang ini wajib dibawa. Kenapa? Pengalaman saya, barang ini menjadi penyelamat saat anak rewel ingin menyusu, namun minim tempat menyusui di tempat umum. Dengan ini tak perlu risih menyusui di manapun karena kain apron menutupi seluruh bagian badan sang ibu.

 

ACTIVITY BOOK

Berdasarkan pengalaman, selain minuman dan makanan, barang ini juga cukup ampuh mengatasi anak yang rewel karena jenuh selama perjalanan liburan. Bentuknya buku sehingga tidak memakan banyak tempat dibandingkan mainan. Activity book ini banyak sekali ditemukan di toko buku dengan harga yang jenis dan harga yang beragam. Favorit anak-anak saya sih activity book dengan stiker lucu beraneka ragam.

 

POCKET WIFI

Ini juga barang yang sifatnya tentatif seperti apron. Barang ini sangat penting jika kalian bepergian ke luar negeri. Bukan hanya untuk penggunaan update cerita liburan ke media sosial, WiFi berguna untuk memberitahukan lokasi lewat fitur GPS atau via Google di smartphone. Misalnya mencari lokasi stasiun kereta terdekat, tempat makan, masjid, pusat perbelanjaan dan wisata. Mau bertanya kepada warga lokal setempat kadang terpentok masalah bahasa. Solusinya ya memang harus googling atau GPS. Penggunaan GPS dan akses selancar di google pun membutuhkan koneksi internet. Oleh karenanya, koneksi internet melalui WiFi dibutuhkan. Berita baiknya, jaman sekarang sudah banyak penyewaan pocket wifi untuk destinasi liburan ke luar negeri. Tinggal kalian pilih sesuai kebutuhan.

 

POWERBANK

Ini nih barang krusial kedua setelah makanan dan minuman. Tanpa ini, momen liburan bakal kacau! Terdengar berlebihan namun itulah kenyataannya. Saat baterai smartphone kita sedang sekarat, tidak ada colokan listrik terdekat, benda ini menjadi penyelamat utama. Kenapa baterai smartphone harus selalu terisi selama liburan? Selain sebagai petunjuk GPS atau googling tempat transportasi terdekat dan kamera, smartphone saya dan suami menjadi alat penghibur anak-anak di kala rewel. Memang memberikan smartphone bagi anak-anak untuk menonton youtube atau bermain games itu tidak baik. Namun, beda cerita kalau sedang pergi liburan. Kalau sudah habis cara untuk menenangkan anak yang sedang rewel, cara terakhir adalah memberikan smartphone kita. Biar liburan tetap happy! Hihihi.

 

TONGSIS DAN TRIPOD

Kedua barang ini menjadi penunjang utama saat akan mengabadikan foto. Saya dan suami tidak akan pernah lupa membawa keduanya untuk memudahkan mengambil gambar potret keluarga. Repot juga kan jika harus meminta tolong orang lain? So, ambil tongsis atau tripod, nyalain timer, mulai foto dan selesai deh, ada foto berempat sekelurga! Hehe. Apalah arti liburan tanpa meninggalkan jejak foto. Setuju?

Nah, untuk tongsis dan tripod, kalian bisa cari di toko perlengkapan gadget. Tak perlu membeli tripod yang mahal jika hanya untuk smartphone. Tak perlu khawatir juga dengan ukuran tripod yang besar dan berat. Tripod milik saya untuk smartphone yang sering dibawa bepergian, harganya murah dengan berat tripod yang ringan. Pilih juga tripod yang sudah include tas pembungkus agar mudah dibawa.

 

EXTERNAL STORAGE

Baterai sudah terisi penuh, tripod sudah standby namun, memori internal smartphone menolak menyimpan hasil foto baru karena kapasitas penyimpanan sudah penuh. Mau backup foto tak sempat. Kalau tidak foto, rasanya ada sayang sekali jika tidak mengabadikan momen seru saat liburan. Apalagi kalau tempat liburannya kece. Saya pernah mengalami hal itu! Mau menghapus beberapa foto yang ada juga rasanya sayang sekali. Lalu bagaimana solusi untuk kapasitas internal yang sudah terbatas dan habis?

Solusi tercepat dan termudah adalah dengan menyediakan external storage yang bisa langsung terhubung ke smartphone. Bersyukurnya, sekarang sudah ada alat untuk melakukan hal itu. Bahkan digunakan pada iPhone pun bisa.

 

PAYUNG, JAS HUJAN DAN SUNBLOCK

Saat pergi liburan, kita tidak bisa berkompromi dengan alam. Termasuk dengan cuaca. Pengalaman yang pernah saya dan keluarga alami, sebagai contoh saat berlibur ke HongKong, cuaca di sana fluktuatif alias berubah-ubah. Kadang cerah, kadang mendung dan hujan. Mengetahui itu sejak jauh hari sebelum berangkat, saya sekeluarga sudah menyiapkan payung dan jas hujan. Alhasil semu itu terpakai saat akan pergi menuju Ngong Ping. Hujan deras. Namun, saya dan keluarga sih tetap santuy dong karena sudah siap payung dan jas hujan.

Cerita lain, saat libur ke tempat dengan matahari yang terik, sebagai contoh Bali. Sunblock menjadi barang yang selalu ada di dalam tas. Kulit terbakar dan perih membuat liburan menjadi tak nyaman. Selain itu sinar matahari yang terik berbahaya juga buat kesehatan kulit. So, sunblock penting untuk dibawa ya! Untuk spesifikasi sunblock terbaik, bisa disesuaikan juga dengan kondisi tempat liburan yang akan dikunjungi. Jika tempatnya memang memiliki keadaan matahari yang sangat terik dan panas, kalian mungkin bisa pilih sunblock dengan SPF yang tinggi.

 

CASE DAN SCREEN PROTECTOR SMARTPHONE

Barang terakhir yang wajib diperhatikan sebelum pergi berlibur. Sama seperti kulit tubuh kita yang butuh sunblock, smartphone juga butuh perlindungan. Sadar juga smartphone sudah menjadi bagian dari diri yang juga penting. Tanpa smartphone apalah arti liburan. Hehe.

Mengapa penting? Sepertinya tak perlu dijelaskan panjang lebar ya? Semua juga sudah sadar akan pentingnya casing smartphone beserta screen protector-nya. Terlebih bagi orang tua yang memiliki anak yang gemar ngutak-atik smartphone kita. Tak sengaja terjatuh, screen kotor dan lain sebagainya. Ya, intinya untuk meminimalisir kerusakan smartphone lah ya.

Pengalaman saya dulu, smartphone tidak sengaja terjatuh saat video-in momen liburan di SEA Singapura. Pinggiran smartphone lecet karena tidak menggunakan pelindung. Alhamdulillah smartphone-nya masih berfungsi. Hanya tampilan fisiknya saja yang lecet. Huh! Masih mengganggap remeh pelindung smartphone? Pikir lagi deh! Gak lucu juga kan, lagi liburan, smartphone tak sengaja terjatuh dan rusak karena tanpa casing atau pelindung? Dijamin, liburan kalian jadi tidak menyenangkan memikirkan smartphone yang rusak.

Ya, kayanya cukup segitu saja barang wajib selain pakaian, sepatu, stroller, peralatan mandi, dan obat-obatan, yang tidak kalah penting untuk dibawa saat liburan bersama keluarga. Memang sebagian besar berhubungan dengan gadget smartphone. Abis gimana dong? Smartphone sudah menjadi bagian penting hidup kita terutama saat pergi liburan. Ya, gak?

Kalau sudah cek dan tertarik dengan berbagai penawaran yang ada, tinggal kalian pilih untuk dibeli deh. Sudah mengerti cara belanja online kan? Jikaย semua hal di atas sudah kalian lakukan, tinggal berangkat liburan deh bersama keluarga! Anak rewel? Sudah tak takut lagi dong karena sudah #SIAPDIJALAN dengan semua perlengkapan liburan agar tetap santuy, uhuy!

Untuk yang sudah membaca tulisan di atas, terima kasih ya. Semoga bisa sangat bermanfaat untuk kalian. Selamat pergi liburan!

Salam hangat, Ika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *