LIFE STYLE

Aplikasi goKampus, Aplikasi Beken Untuk Daftar Kuliah Yang Bisa Bikin Kamu Semakin Keren

 

GoKampus
“Kamu lagi ngapain sih? Daritadi sibuk main hp.”
 
tanya saya kepada keponakan yang sedaritadi perhatiannya tak lepas pada smartphone-nya.

“Lagi mau liat-liat daftar kampus di aplikasi, Aunty… tahun depan kan aku masuk kuliah.” Saya tercengang saat mendengar kata-kata daftar kampus, aplikasi, dan kuliah. Penasaran, saya lanjut bertanya.

”Daftar kampus di aplikasi? Aplikasi salah satu kampus gitu, Dek?”

”Bukan, Aunty. Aplikasi untuk daftar kuliah gitu. Nih kaya gini nih…” Seketika saya takjub dan langsung berkomentar di dalam hati, “Enak juga jadi anak jaman sekarang ya.”

***

Hello Readers !

Setelah percakapan di atas terjadi, saya langsung mengingat mundur ke momen beberapa tahun silam. Momen ketika saya, terutama Almarhum Papa, cukup hectic mencari tempat kuliah untuk saya. Almarhum wara-wiri mengunjungi kampus swasta satu dan lainnya yang ada di Bandung dan Jakarta, hanya untuk memperoleh informasi akurat seputar penerimaan mahasiswa baru, tentu termasuk informasi akreditasi kampus dan fakultas, serta biaya kuliah.

Mengapa kok kampus swasta?

Ya karena kampus negeri baru membuka pendaftaran ketika UN sudah dilaksanakan. Jadi, ini ceritanya Almarhum Papa curi start daftar di kampus swasta sebelum UN dilaksanakan. Katanya, takut tak kebagian kursi untuk kuliah kalau daftarnya setelah UN. Ini juga sebagai bentuk antisipasi bila SPMB di kampus negeri tidak lulus (karena saya ingin tetap mencoba kuliah di kampus negeri), saya masih tetap bisa kuliah tepat waktu walaupun di kampus swasta. So, ya makanya Almarhum Papa rela bolak-balik Cirebon-Bandung-Jakarta demi anaknya kuliah di tempat yang terbaik. Saat itu, saya memang tinggal di Cirebon dan perjuangan Almarhum mendatangi kampus satu-persatu di luar kota itu sangat luar biasa loh. Sampai ada satu momen yang tak pernah saya lupakan, ketika akan mengembalikan formulir dan berkas untuk pendaftaran kuliah di Bandung, mobil kami mogok di tanjakan Cadas Pangeran. Bayangkan mogoknya hampir 2.5 jam pula! Ya, bisa kalian pikirkan betapa ‘bete’ nya hari itu. Beruntungnya, kampus tersebut belum tutup ketika kami tiba di sana, sehingga masih bisa menerima pengembalian formulir. Huft, alhamdulillah!

Review goKampus daftar kuliah mudah

Yup, begitulah cara jaman saya agar bisa kuliah. Usaha yang dikeluarkan terlihat merepotkan ya. Dulu, orang belum terbiasa akses informasi melalui internet. Sebab, memang belum dibiasakan juga dengan dunia teknologi berbasis digital internet. Akses internet pun sudah jelas belum semasif dan semudah jaman sekarang. Sehingga, untuk mendapatkan informasi soal kuliah lebih terperinci, mau tak mau harus mendatangi kampus satu-persatu.

 

Kini jaman telah berubah. Hampir semua aktivitas dilakukan secara daring atau online, termasuk kuliah online. Hal ini tak bisa dipungkiri, karena perkembangan teknologi dunia digital internet semakin mumpuni. To be honest, saya pun iri dengan generasi muda saat ini, termasuk kepada keponakan saya tadi. Banyak sekali kemudahan dari hasil perkembangan dunia digital internet yang sangat terasa perbedaannya antara dulu dan kini. Tak hanya kemudahan berbelanja dan memesan transportasi secara online, daftar kuliah pun dipermudah, termasuk penyerahan berkas syarat pendaftaran bisa dilakukan via online saja! That’s awesome tho! Dan, hal yang paling menyenangkan adalah, aktivitas daftar kuliah tersebut terangkum dalam satu aplikasi. Nama aplikasinya adalah goKampus.

Review aplikasi goKampus

goKampus

Nah, inilah aplikasi yang beberapa waktu lalu diperlihatkan oleh keponakan saya. Dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa, aplikasi ini berhubungan dengan dunia perkuliahan. Tanpa ragu, saya langsung download aplikasi goKampus ini di smartphone. Sebab saya penasaran, secanggih dan sekeren apa aplikasi yang populer di kalangan pelajar SMA dan para mahasiswa ini untuk dunia perkuliahan (?).

Isinya apa sih? Ada fitur apa saja di dalam goKampus?

Secara singkat dan garis besar, goKampus adalah platform untuk daftar kuliah di berbagai macam universitas. Sama halnya seperti marketplace yang memiliki berbagai macam toko atau penjual, bedanya, ini ‘jualan’ sekolah perguruan tinggi atau universitas, alias tempat kuliah. So, di aplikasi goKampus ini isinya tak hanya ada satu universitas atau perguruan tinggi. Namun, ada berbagai perguruan tinggi lokal bahkan luar negeri, yang bergabung dalam aplikasi goKampus ini.

Udah? Isi goKampus cuma segitu doang?

Tentu tidak dong, teman-teman. Aplikasi ini tuh benar-benar sangat membantu para calon mahasiswa/i yang ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Lebih dari itu, aplikasi ini bisa dibilang, one stop aplikasi untuk dunia perkuliahan. Segala informasi yang dibutuhkan oleh mahasiswa (tak hanya calon mahasiswa baru saja) , ada di dalam aplikasi berwarna ungu ini. Tak hanya informasi yang didapat, aplikasi goKampus juga bisa menghasilkan uang. Penasaran, kan?! Dan, jika saya disuruh memberikan score 1-10, saya pun akan memberikan score 9 untuk aplikasi ini. Loh kok hanya dikasih score 9? Ga kasih 10 sekalian? Ya, kata dosen saya dulu, score 10 hanyalah milik Tuhan semata. Hehehe. Bercanda yaa! Tetapi beneran deh, aplikasi ini wajib banget di-download di smartphone kalian. Informasi di dalamnya sangat berguna, tak sekedar untuk daftar kuliah saja!

Di mana sih untuk bisa download aplikasi goKampus?

Berita baiknya, aplikasi goKampus ini bisa kalian download melalui Appstore untuk pengguna iOs, dan PlayStore untuk pengguna Android. Tinggal pilih dan sesuaikan dengan operating system perangkat kalian, iOs atau Android.

Silakan klik link di bawah ini untuk mendownload goKampus khusus pengguna Android : goKampus Android

Silakan klik link di bawah ini untuk mendownload goKampus khusus pengguna iOs : goKampus iOs

Nah, untuk kalian yang masih ragu dengan aplikasi goKampus ini akan sangat berguna bagi kalian calon mahasiswa baru ataupun mahasiswa lama, saya jabarkan 10 alasan utama, kalian wajib download aplikasi goKampus. Di simak baik-baik ya! Hehe.

 

10 ALASAN WAJIB DOWNLOAD APLIKASI goKampus 

1. Bisa Daftar Di Universitas Swasta Lokal Maupun Luar Negeri, Pendaftarannya Mudah, Cukup Dari Rumah Saja!

Kalian berdomisili di Jakarta, tetapi mau daftar kuliah di Surabaya atau bahkan Australia? Tak perlu bingung dan repot mendatangi kampus. Kalian cukup klik ’DAFTAR’. Kemudian, berkas pendaftaran akan diproses oleh kampus atau universitas yang bersangkutan. Kalau kata anak jaman sekarang, “semudah ituuuh”.

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, aplikasi goKampus ini berisi macam-macam universitas swasta di Indonesia dan Luar Negeri. Melalui kemudahan ini, calon mahasiswa tidak perlu datang ke universitas yang ingin didaftarkan. Cukup memilih universitas yang dituju, pilih jurusan, siapkan berkas yang dibutuhkan, lalu daftar, dan selesai. Informasi tentang bagaimana mekanisme penerimaan selanjutnya dan hal lainnya, goKampus nantinya akan memberikan notifikasi. Untuk mengetahui sudah sampai di tahap mana proses pendaftaran kalian, kalian bisa cek pada kolom pendaftaran di aplikasi yang berisi ‘STATUS PENDAFTARAN’. Mudah sekali ya. Seems like effortless, daripada jaman saya daftar kuliah dulu. Andaikan aplikasi ini ada dari jaman saya daftar kuliah, jadi tak perlu bolak-balik Cirebon-Bandung-Jakarta deh. Hehe.

 

2. Bisa Mendapatkan Informasi Lengkap Terkait Universitas Yang Ingin Didaftarkan!

Salah satu keunggulan goKampus yang sangat dibutuhkan bagi calon mahasiswa (dan para orang tua tentunya) adalah lengkapnya informasi seputar universitas yang ingin didaftarkan. Mulai dari biaya pendaftaran, daftar jurusan atau fakultas yang tersedia di universitas yang dipilih, nilai akreditasi kampus secara umum dan nilai akreditasi fakultas, ada informasi lokasi, estimasi biaya kuliah per semester, jenis program studi yang tersedia (S1, S2, atau hanya S1, bahkan D3), dan terakhir, ada informasi jurusan yang dijelaskan secara rinci (penjelasan belajar apa saja di fakultas tersebut, jumlah SKS yang ditempuh oleh mahasiswa hingga lulus).

Review goKampus

 

3. Bisa Kuliah Gratis Melalui Program BEASISWA. Tinggal Daftar Saja Di Aplikasi goKampus.

Bagi kalian yang menginginkan kuliah tanpa harus memikirkan biaya kuliah, coba daftar program beasiswa di goKampus. Jadi, goKampus menyediakan infomasi program beasiswa dari berbagai kampus atau universitas di Indonesia, yang bisa kalian langsung daftarkan melalui aplikasi goKampus. Caranya, cukup pilih logo dengan tulisan ’BEASISWA’ pada aplikasi, kemudian baca rincian program, klik daftar dan selesai. Sangat mudah ya!

 

4. Bisa Perkaya Pengalaman Kerja Saat Kuliah Melalui Program MAGANG. Cara Daftarnya Cukup Melalui Aplikasi goKampus.

Tak hanya berisi soal pendaftaran kuliah, aplikasi goKampus juga menyediakan informasi magang. Ada beberapa daftar perusahaan yang menyediakan posisi untuk para mahasiswa yang ingin mencoba bekerja. Menariknya, apply program magang ini bisa dilakukan langsung melalui aplikasi goKampus dengan mengklik ‘DAFTAR’ pada perusahaan penyedia program magang. So, tak perlu bingung lagi mencari perusahaan untuk magang.

 

5. Ada TEST MINAT BAKAT, Gratis!

Dulu saya sempat bingung, pilih jurusan kuliah kedokteran atau desain. Satu sisi ingin memiliki pekerjaan yang bisa menolong orang banyak nantinya, satu sisi ingin juga bekerja di industri kreatif. Yaa, i know how naive i am, pada masa itu saya menganggap hanya profesi dokter yang bisa menolong orang banyak. Nyatanya kan tidak. Lalu pada praktiknya, saya tidak kuliah di kedua jurusan kuliah tersebut. Saya malah kuliah di fakultas Psikologi. Haha!

Well, kalau dilihat dari keinginan hingga praktiknya, jurusan yang saya pilih saat kuliah berbeda jauh ya dengan rencana pilhan jurusan di awal. Ini karena saya tidak mengindahkan pentingnya tes minat bakat. Sehingga, saya memilih jurusan apa saja dan berpikir yang penting kuliah. Alhamdulillah, bisa sampai lulus. Tak putus di tengah jalan. Hehe.

Holland test

Nah, bagi calon mahasiswa yang masih bingung seperti saya dulu, mau ambil jurusan apa kuliah nanti, saya sarankan WAJIB mengikuti tes minat bakat. Berita baiknya, test minat bakat disediakan secara gratis di aplikasi goKampus. Test yang tersedia di dalam aplikasi ini, menggunakan teori Holland Code dari psikolog John Holland, tes tersebut sangat bisa membantu kalian menentukan jurusan kuliah yang pas. Hasil test yang keluar akan menyarankan beberapa jurusan kuliat sesuai minat kalian, seperti foto hasil Holland Test milik saya di atas. So, please don’t skip this test ya!

 

6. Segala Informasi Bermanfaat Ada Di Aplikasi goKampus, Termasuk Informasi Dari Fitur Kalender, Informasi Promo, Jadwal Event, Bahkan Bisa Membuat Event Juga!

As i said before, aplikasi goKampus ini tak melulu hanya untuk daftar kuliah. Ada banyak hal bermanfaat yang bisa didapatkan di dalam aplikasi goKampus. Mulai dari informasi yang berasal dari fitur kalender. Fitur kalender ini berisi informasi terkait pembukaan dan penutupan pendaftaran kampus atau universitas. Jadi, hal itu bisa menjadi reminder agar tak terlambat mendaftarkan diri ke kampus yang diinginkan. Selain informasi tersebut, goKampus juga memberikan informasi promo seperti promo harga sewa kost, promo makanan, informasi jadwal acara yang bisa diikuti, bahkan kita bisa membuat acara sendiri loh!

 

7. Ada Opsi PINJAMAN

Aplikasi goKampus ini beneran ‘mahasiswa-friendly’, sekaligus mendukung pendidikan anak muda semakin maju. Terbukti, selain hadirnya goKampus sebagai aplikasi yang sangat membantu calon mahasiswa mendaftar kuliah, di dalam aplikasinya pun terdapat opsi PINJAMAN!

Jangan salah paham dulu ketika melihat tulisan ‘Pinjaman’. Opsi ini dibuat bukan untuk mengajarkan orang berhutang. Namun, membantu calon mahasiswa atau mahasiswa lama yang memiliki kesulitan dalam hal finansial, agar tetap bisa melanjutkan belajar di perguruan tinggi. Di aplikasi, ada dua penyedia dana pinjaman pendidikan yang bisa kalian pilih. Masing-masing memiliki beberapa ketentuan dan kebijakan yang berbeda. Saran saya, pelajari betul skema pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan kalian sebelum melakukan pinjaman. Untuk informasi lebih jelasnya, kalian bisa hubungi GIO (goKampus Instant Operator) ya 🙂

 

8. Ada Fitur WISHLIST!

Mengapa fitur ini menjadi salah satu alasan penting download goKampus di smartphone kalian? Jadi, wishlist di aplikasi goKampus ini berguna untuk menandakan universitas atau kampus impian kalian, agar tanggal pembukaan pendaftaran tidak terlewati.

 

9. Ada Fitur INSTANT APPROVAL. Bisa Diterima Di Kampus Impian Dalam Waktu 1 Jam Saja! 

Menarik sekali, ya kan?! Sejujurnya, ketika saya membaca kata-kata ini, mata saya terbelalak dan bertanya-tanya, “Hah, kok bisa? Kok enak sih mudah gini..”. Lebih mengejutkannya lagi, kampus saya dulu, Universitas Kristen Maranatha, termasuk ke dalam kampus yang bisa instant approval. Huaaa enak sekali yaaa generasi sekarang! Banyak banget kemudahannya! (Iri mode : ON) hehe.

Tetapi sebenarnya apa sih ‘Instant Approval’ itu? Beneran bisa keterima dalam waktu satu jam, kah?

Jadi, Instant Approval adalah proses penerimaan mahasiswa baru kurang dari satu minggu. Ya, gak satu jam banget gitu sih. Intinya kurang dari satu minggu.

Caranya bagaimana? 

Caranya mudah sekali teman-teman, tinggal upload rapor saja, kemudian tunggu hasilnya dengan estimasi kurang dari 1 minggu.

Keuntungannya apa sih memilih kampus atau universitas dengan fitur ‘Instant Approval’?

Banyak banget keuntungannya! Selain proses penerimaan cepat dan prosedurnya lebih sederhana dari non instant approval, kalian juga dibebaskan dari biaya pendaftaran. Selain itu, kalian bisa mendapatkan cashback hingga Rp. 500.000,- ketika kalian sudah menyelesaikan proses pembayaran kuliah. Double combo ya keuntungannya!

 

10. Aplikasi goKampus Bisa Menghasilkan Uang Melalui  Program GoPreneur! Keren Banget!

The last reason, why you should download goKampus on your smartphone is… aplikasi ini benar bisa menghasilkan uang! Biasanya, kalau sudah mendengar kata uang, semuanya pada merapat ya. Hehe.

Review aplikasi goKampus

Sekali lagi saya ingin bilang, aplikasi ini memang sangat berpihak kepada mahasiswa. Seolah tahu benar akan kebutuhan mahasiswa, termasuk soal pentingnya uang untuk jajan atau keperluan kuliah lainnya, goKampus dengan baiknya memberikan program GoPreneur.

Apa itu GoPreneur?

GoPreneur adalah sebuah program referral, dimana ketika kalian mengundang teman untuk daftar kuliah di goKampus (daftar kuliah dengan instant approval atau overseas university) melalui link referral yang kalian bagikan, kalian akan mendapatkan saldo sebesar Rp. 50.000. Wuih, lumayan besar ya saldonya untuk dipakai jajan makanan. So, melihat fakta ini, apakah masih ragu untuk download aplikasi goKampus?

 

BANYAKNYA KEMUDAHAN, YANG SAYANG BILA DISIA-SIAKAN

Selain karena aplikasi goKampus memang sangat berguna, tahu tidak, mengapa saya mengulas aplikasi goKampus ini?

KULIAH ITU PENTING

Ya, tujuan saya selain mengulas goKampus adalah, saya ingin mengajak para generasi muda untuk sadar bahwa investasi leher ke atas itu penting – dan secara instan, kalian akan terlihat lebih keren bila otakmu berisi – hehe. Salah satunya, dengan melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Entah itu hanya program diploma yang akan diambil atau bahkan sampai strata 1, 2, bahkan program doctoral, yang jelas melanjutkan sekolah lagi setelah sekolah menengah atas itu penting. Tak hanya untuk menambah ilmu pengetahuan dari fakultas atau major yang kalian ambil, namun, dengan kuliah juga kalian dapat mengembangkan wawasan secara umum, mengembangkan pola pikir yang lebih maju, mengasah skill sosial, problem solving, resiliensi dalam diri, serta dengan kuliah, kalian dapat mengembangakan lingkungan sosial yang lebih luas.

Kan, tidak semuanya mampu untuk kuliah, apalagi secara finansial?

Betul. Memang tidak semua orang memiliki kesempatan dan kemampuan untuk kuliah. Namun, melihat banyaknya kemudahan jaman sekarang yang ditawarkan, salah satunya dalam aplikasi goKampus, seperti adanya program beasiswa dan opsi pinjaman dana pendidikan, rasanya alasan tersebut masih bisa diupayakan, teman-teman.

Well, saya pribadi, juga suami, yang kini statusnya sudah menjadi orang tua saja masih memiliki keinginan untuk kuliah lagi. Saya berkeinginan untuk sekolah lagi, sekolah yang berhubungan dengan seni gambar dan desain. But, saya belum tahu kapan rencana keinginan itu terealisasi. Sebab, saya masih sibuk dan belum bisa membagi waktu untuk mengurus rumah tangga dan anak-anak yang masih kecil dengan urusan kuliah. So, kalian yang masih lebih muda dari saya, diberikan kesempatan waktu dan tenaga yang lebih banyak, yuk kuliah yuk! Sayang sekali loh, jika berbagai kemudahan di era digital ini, termasuk kemudahan untuk kuliah, kalian sia-siakan.

Sekian tulisan saya kali ini. Semoga tulisan saya ini bisa menginspirasi bagi kalian yang membaca. Don’t stop spreading kindness and positivity! And also, jangan lupa download goKampus ya! Hehe.

Terima kasih dan sampai bertemu di tulisan saya berikutnya.

Salam, Ika.



*Infografis dan foto milik hellomamika yang diedit menggunakan aplikasi Canva.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.