ROCKSTAR GYM, YAY OR NAY ??

Hello Readers !

How’s your day? Semoga semuanya mengalami hari yang menyenangkan yaaa. Tulisan saya kali ini akan mereview Rockstar Gym berdasarkan pengalaman dan penilaian pribadi. Penilaian pribadi loh ya, jadi seandainya ada hal yang tidak berkenan atau tidak sependapat dengan saya mengenai Rockstar Gym mohon dimaafkan. 🙂

Sebetulnya apa sih Rockstar Gym? Tempat gym untuk para bintang atau selebriti kah? Bukan Moms bukan. Ok, bagi yang belum tahu tempat apakah Rockstar Gym itu saya akan menjelaskan secara garis besar. Untuk informasi selengkapnya bisa klik websitenya di http://rockstar-gym.com/ . So, Rockstar Gym adalah tempat pendidikan aktivitas fisik khusus untuk anak-anak, mulai dari bayi berusia 6 bulan – sampai dengan remaja 17 tahun (koreksi bila saya salah). Intinya tempat nge-gym anak-anak hehe. Eits, namun jangan bayangkan aktivitasnya sama seperti tempat gym orang dewasa ya! Beda, Moms.

FREE TRIAL CLASS. Well, awalnya saya dan suami ingin mencarikan sekolah non formal untuk anak saya yang pertama, Syara. Tujuannya sederhana agar anak mengenal lingkungan sosial di luar rumah. Namun, kami berdua tidak menginginkan sekolah yang materinya berat seperti calistung (baca, tulis, hitung) karena menurut kami anak berusia 2 tahun belum membutuhkan pelajaran seperti itu. Pilihan kami jatuh pada Rockstar Gym karena selain aktivitas di sana murni aktivitas fisik yang fun ke arah bermain, ada tetangga kami juga yang bergabung di Rockstar dan kebetulan di dekat kantor suami pun ada Rockstar Gym juga. Sebelum kami benar-benar memutuskan untuk bergabung, Rockstar Gym menawarkan untuk mengikuti trial class selama 3 kali secara free. Ya, tanpa dipungut biaya sama sekali. So, sebelum memutuskan untuk join saya sarankan mengikuti trial-nya untuk melihat apakah anak tertarik atau tidak.

BIAYA ROCKSTAR GYM. Finally, setelah Syara mengikuti free trial class dan terlihat senang mengikuti kegiatan di kelas, saya dan suami memutuskan untuk join di Rockstar Gym. Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan agar bisa menjadi student di Rockstar Gym? Untuk bergabung sebagai student di Rockstar Gym, biaya yang dikeluarkan pada saat 2016 kami mendaftar adalah sekitar 3.3 juta-an. Sebagai rincian, kami dikenakan biaya pendaftaran (cmiiw) sekitar 500 ribu dan sisanya adalah biaya bulanan untuk 3 bulan ke depan yang memang harus dibayarkan di awal. Untuk biaya bulanannya dikenakan sekitar 900 ribu-an. Di awal setelah mengisi form data diri dan menyetujui biaya yang harus dibayarkan, para orang tua siswa juga harus menyetujui kontrak terikat selama 7 bulan. Ini artinya Rockstar Gym memberlakukan sistem penalti apabila siswa baru sebelum 7 bulan sudah memutuskan untuk keluar keanggotaannya dari Rockstar Gym. Fyi, untuk trial class saya lakukan di Rockstar Gym Kota Kasablanka, namun aktif menjadi siswa di Rockstar Gym BXc.

AKTIVITAS ROCKSTAR GYM. Pada namanya memang terdapat kata gym, namun aktivitas di dalamnya bukan seperti tempat gym orang dewasa. Rockstar menyediakan pendidikan aktivitas fisik atau gymnastik dalam beberapa kategori. Adapun kategorinya adalah gymnastik, sports, martial arts, ballet, dance dan yoga. Untuk kategori sports, jenis aktivitas yang ada di dalamnya adalah seperti tennis, basket, futsal dan swimming. Untuk martial arts terdapat taekwondo dan muai thai. Sedangkan kategori dance terdapat pilihan modern dance dan traditional dance. Masing-masing jenis aktivitas yang ada dapat dilakukan berdasarkan level usia. Untuk level Syara yang berusia 2 tahun, kelas yang dapat diambil adalah kelas gymnastik jumper, ballet, baby dance, yoga, dan swimming.

Apa sih yang dilakukan di dalam kelas tersebut? Well, saya akan menjelaskan aktivitas kelas yang diambil oleh Syara saja ya yaitu Gymnastik Jumper, Ballet (only for girl), Baby Dance, Yoga, dan Swimming.

Gymnastik Jumper adalah aktivitas gymnastik untuk level usia 2-3 tahun. Beberapa contoh aktivitas yang dilakukan di kelas jumper adalah bergelantungan di monkey bar, melakukan roll depan dan belakang, berjalan di papan keseimbangan atau jumping ke dalam lingkaran hoola hoop.

Ballet Class untuk anak balita ini adalah kelas ballet dasar. Artinya anak hanya akan diajarkan gerakan ballet dasar yang mudah. So, ya jangan bayangkan after class anak dapat berdiri dengan telapak kaki menekuk. Kelas ini benar-benar dasar, singkatnya pengenalan kaya gini loh ballet tuh. Hampir sama seperti baby dance, tarian ballet diiringi oleh lagu anak-anak popular.

Baby Dance, anak-anak akan menari mengikuti lagu seperti baby shark, twinkle-twinkle little start, baba black sheep serta lagu anak-anak lainnya.

Untuk kelas Yoga, anak-anak diajarkan untuk melakukan gerakan yoga basic sederhana di yoga mat. Kelas Yoga ini dilakukan bersama orang tua. Coach akan memberi contoh gerakan yoga yang kemudian orang tua membantu mengarahkan anak mengikuti gerakan coach tersebut.

Untuk kelas Swimming anak-anak di ajarkan untuk latihan diving sederhana. Peraturan kelas swimming mewajibkan siswa Rockstar Gym dan orang tua pendamping memakai pakaian khusus renang. So, ga boleh ya asal pakai kaos oblong lalu nyemplung ke kolam. Hehe.

Setiap masing-masing kelas, siswa yang berusia 6 bulan – 3 tahun wajib didampingi oleh salah satu orang tua atau wali. Menurut saya hal ini sangat bagus membangun bonding dengan orang tua agar semakin erat.

So, saya selalu mengikuti kegiatan di dalam kelas bersama Syara. Saat kelas dance saya pun ikut menari bersama, begitupun dengan kelas yoga. Namun, untuk kelas ballet kehadiran saya di kelas hanya untuk menemani dan tidak ikut melakukan gerakan ballet. Untuk durasi kelas, berapa lama sih aktivitas disetiap masing-masing kelas berakhir? Durasi setiap kelas berbeda-beda. Untuk kelas baby dance, yoga dan jumper adalah 45 menit. Sedangkan ballet dan swimming adalah 30 menit.

Adakah peraturan lain terkait pengaturan kelas? Ya ada. Pada saat awal bergabung, orang tua diberikan pilihan jadwal yang fix khusus kelas gymnastik dan swimming. Masing-masing kedua kelas tersebut hanya boleh diambil sebanyak 2 kali dalam seminggu. Jadi untuk kelas lainnya selain gymnastik jumper dan swimming boleh diambil atau diikuti setiap hari apabila ada jadwal kelas yang tersedia. Misalnya, setiap hari tersedia kelas baby dance artinya siswa boleh saja datang setiap hari untuk mengikuti kelas baby dance.

Namun, untuk kelas Gymnastic Jumper dan Swimming apabila sudah menetapkan jadwal fix pada hari selasa dan kamis, siswa hanya boleh datang mengikuti kelas pada hari tersebut.

Selain menentukan jadwal fix, peraturan lainnya siswa wajib membawa student card Rockstar Gym. Setiap sebelum masuk ke dalam area dan kelas, kartu wajib di tap sebagai tanda kehadiran. Dulu pada tahun 2016, Rockstar Gym masih memberikan kertas untuk diberikan tanda stamp setiap kehadiran di kelas untuk ditukar dengan merchandise bila stamp sudah penuh. Namun, saat ini sudah tidak ada lagi pemberian stamp. Reward untuk penukaran merchandise hanya diperoleh dari akumulasi tap kartu saat kehadiran di kelas.

Performance Week. Pada setiap trimester, Rockstar Gym ada ujiannya loh. Wah, seperti sekolah formal dong? Tidak. Tidak sehoror itu kok. Ujian pada setiap trimester ini disebut perfomance week. Jadi, selama 2 minggu tidak diadakan kelas reguler seperti biasa. Kegiatan di Rockstar diisi dengan menunjukkan perfomance siswa-siswa Rockstar di masing-masing kelas yang akan dinilai oleh Coach yang biasa mengajarnya. Hasil penilaian dari Coach akan dituliskan pada kertas rapot yang langsung diberikan kepada siswa setelah perfomance selesai. Tenang saja, tidak akan ada rapot merah yang membuat siswa malu. Rapot hanya berisi evaluasi siswa secara garis besar selama mengikuti kelas di Rockstar. Good points! Suatu hal positif karena dapat meningkatkan motivasi anak untuk berprestasi.

FASILITAS PENUNJANG ROCKSTAR GYM. Berdasarkan pengamatan saya dikedua lokasi Rockstar Gym yang berbeda, Rockstar Gym KoKas dan BXc, secara garis besar kedua fasilitas penunjang Rockstar Gym ini cukup lengkap, aman untuk anak-anak, bersih dan terawat. Seluruh ruangan memiliki pendingin ruangan kecuali kolam renang indoor yang ada di BXc. Terdapat locker dan kamar mandi yang dilengkapi dengan shower air hangat yang dapat digunakan setelah mengikuti kelas swimming. Alas ruang kelas pun menggunakan karpet dan beberapa matras tipis untuk menghindari kepala terbentur saat jatuh. Instrumen gymnastik juga tersedia dalam berbagai jenis, contohnya terdapat tiang monkey bar, balok segitiga berbusa, tumpukan balok untuk dipanjati anak-anak, balok untuk melatih keseimbangan dan lainnya.

Untuk kelas lainnya seperti tennis, futsal, basket dan swimming, Rockstar Gym KoKas lebih lengkap dan besar. Rockstar Gym KoKas memiliki lapangan tennis outdoor dan waterpark besar untuk kelas swimming. Kegiatan kelas swimming di Rockstar Gym KoKas pun lebih menyenangkan karena kedua orang tua boleh bebas renang sepuasnya walaupun kelas swimming telah berakhir karena swimming pool outdoor di Rockstar Gym KoKas sangat besar. Lain halnya dengan BXc, swimming pool indoor kecil, hanya boleh salah satu orang tua yang menemani saat kelas swimming dilakukan dan tidak boleh melanjutkan kegiatan swimming saat kelas telah berakhir. Lapangan basket dan futsal indoor di KoKas pun sangat besar. Berbeda dengan Rockstar Gym BXc seluruh aktivitas berada dalam ruangan yang tidak cukup besar baik untuk tennis, basket atau kelas swimming. Namun secara keseluruhan masih cukup memadai. Hanya saja kapasitas ruang tunggu Rockstar Gym BXc kecil dan sempit sehingga di hari-hari tertentu seperti weekend sangat penuh berdesakkan.

STAFF & COACH ROCKSTAR GYM. Saat mendaftar sebagai siswa baru, salah satu anggota marketing akan menjelaskan perihal biaya, kelas, schedule bahkan free trial class di Rockstar Gym. Staff marketing ini juga merupakan PIC (Person In Charge) selama anak-anak aktif menjadi siswa di Rockstar Gym. Mereka biasanya akan menginformasikan kepada orang tua siswa perihal jadwal kelas atau events Rockstar Gym.Untuk tenaga pengajar atau coach, masing-masing kelas terdiri dari 1 orang coach dan asisten. Coach di Rockstar ada yang lokal orang Indonesia maupun ekspatriat dari negara lain. Sebagian besar Coach yang ada merupakan orang profesional yang ahli dibidangnya. Misalnya, Coach untuk Ballet merupakan seorang ballerina dan untuk kelas renang diajarkan juga oleh coach yang memang atlet perenang. Adapun yang bukan seorang profesional, coach tersebut sudah menjalani pelatihan sebelumnya. Berdasarkan informasi, para coach dan asisten selalu mendapatkan arahan dan pelatihan setiap minggunya untuk meningkatkan skill mengajar mereka.

LOKASI ROCKSTAR GYM. Salah satu daya tarik Rockstar Gym dibandingkan gymnastik anak-anak lainnya adalah lokasi. Lokasi Rockstar Gym sangat mudah ditemukan karena berada di dalam pusat perbelanjaan. Secara tidak langsung, dengan mengikutsertakan anak berkegiatan di Rockstar orangtua ikut merasakan hal yang menyenangkan dan refreshing karena dapat sekaligus window shopping di mall. Hehe. Hanya saja lokasi di mall ini lah terkadang menjadi sumber dari segala keborosan. Iyaa boros! Boros jajan mainan, makanan, belum lagi tiket naik choo choo train atau bermain di amazone dan sejenisnya. Namanya juga anak-anak ya, Moms! Susah dikontrol kalau anak sudah banyak maunya.

CONCLUSION. So, how masih ragu untuk join di Rockstar Gym? Ok, di bawah ini akan saya jabarkan plus dan minus nya yah.

PRO’s :

  1. Meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus pada anak melalui aktivitas yang ada di Rockstar.
  2. Meningkatkan kemampuan percaya diri pada anak. Misalnya berani menyebutkan nama di depan teman-teman dan saat Syara mencoba roll depan dan bergelantung di monkey bar.
  3. Menciptakan bonding yang kuat antara anak dan orang tua. Selain itu mood anak dan orang tua juga happy.
  4. Meningkatan kemampuan bersosialisasi pada anak. Bagaimana Syara berkomunikasi pada teman dan coach. Untuk para orangtua juga menambah teman loh.
  5. Lokasi mudah ditemukan.
  6. Konten atau materi yang diajarkan seluruhnya bersifat positif, bagus untuk anak.
  7. Boleh datang setiap hari mengikuti kelas yang ada sesuai usianya atau stage-nya.
  8. Swimming pool di Rockstar KoKas wajib coba. Lumayan seru untuk mengisi kegiatan di akhir pekan karena konsepnya berupa waterpark.

CON’s :

  1. Lumayan mahal terutama bila tidak rajin ikut kelas.
  2. Lokasi di mall kemungkinan untuk keluar biaya tak terduganya besar.
  3. Terkadang jadwal kurang fleksibel. Kelas penuh sehingga tidak dapat memilih kelas pada hari yang diinginkan.
  4. Kelas swimming dan ballet terlalu singkat waktunya. Seharusnya 30 menit itu bisa dimaksimalkan dengan ditiadakannya waktu istirahat.
  5. Kegiatan monoton membuat anak cepat bosan. Misalnya gerakan dengan lagu yang sama setiap minggunya.

Well, Rockstar Gym yay or nay?? YAY. Menurut saya, walaupun sedikit mahal dan membosankan (monoton) Rockstar Gym memberikan manfaat dan pengalaman positif bagi anak dan orangtua. Bila masih ragu untuk join, saya sarankan ikut trial-nya deh, free kok!

Ya, cukup sekian ulasan saya mengenai Rockstar Gym. Ulasan di atas hanya pendapat pribadi berdasarkan pengalaman yang dirasakan selama bergabung dengan Rockstar Gym. It’s ok kalau tidak sependapat dengan saya dan saya minta maaf bila ada informasi yang missed. Untuk update seputar informasi Rockstar bisa cek website nya atau kunjungi Rockstar terdekat saja ya, hehe. Thank you for reading my blog. 🙂😘



3 thoughts on “ROCKSTAR GYM, YAY OR NAY ??”

  • Ini mahal amat ya mbk. Hahaha…
    Karena menurutku masih bisa dialihkan dananya untuk kegiatan lain yang bisa juga ngikat bonding ortu sama anak.

    Belum lagi “pajak”nya karena lokasi di mall. Anak liat apa, kitanya dipajakin. Ampun dah.

    • Hai Mbak Lelly.. iya Mbak betul, mahal dan seharga spp sekolah reguler yah kalo dipikir2 mah. Hehehe. Denger2 juga sekarang naik dan semakin mahal..
      Ikut rockstar biar ga rugi dan gak kerasa ‘mahal’ memang harus setiap hari banget sih, belum lagi ‘pajak’ anak minta ini itu jg mahal bgt.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *