COOKING,  CULINARY,  RECIPES

Masak Menjadi Lebih Menyenangkan Dengan YUMMY APP!

Hello Readers !

Apa kabar semuanya? Semoga kalian dalam keadaan sehat ya, aamin!

Sudah cukup lama saya tidak muncul di blog selama pandemi ini. Beberapa kerabat mengira saya tidak lagi menulis di blog ini. Pada kenyataannya, saya masih selalu aktif kok di blog ini. Banyak sekali draft yang menunggu untuk dipublikasikan. Namun, apa daya, masih banyak tulisan belum layak tayang karena masih banyak yang perlu direvisi. Mau merevisi, eeh kok ya ada saja pekerjaan lain yang harus dikerjakan. Haha, banyak alasan ya! Ditambah pula dengan tantangan baru sebagai orang tua yang memiliki anak SFH (School From Home). Tantangan membuat anak tetap semangat dan fokus belajar walaupun di rumah saja. Hal yang melelahkan dan cukup sulit, Buibu!

Akhirnya, setelah bisa menyempatkan waktu, saya kembali menulis dan muncul lah postingan terbaru saya ini dengan kalimat intro seperti di atas. Bukan tanpa sebab, namun pertanyaan ini sudah tidak asing juga di telinga kalian setiap hari. Benar? Apalagi, selama pandemi ini banyak orang jadi lebih rajin memasak di rumah daripada membeli makanan di luar. Jadi, saya putuskan untuk berbagi cerita dan sedikit tips seputar masak-memasak sebagai topik utama tulisan kali ini. Topik yang sudah lama sekali ingin saya bahas.

 

MENGAPA HARUS MASAK?

Pertanyaan dan pernyataan ini sering sekali saya dapatkan dari keluarga dan teman-teman. Mereka mungkin paham pekerjaan saya sebagai ibu rumah tangga yang tanpa asisten itu cukup melelahkan. Wajar jika saya tidak masak pun tak apa dan dimaklumi. Namun, saya bersikeras untuk tetap masak di rumah sendiri setiap hari. Mengapa?

Jawaban pertama adalah, masak dapat menghemat uang dibandingkan jajan di luar. Sekali, dua kali jajan di luar mungkin masih oke ya, tak masalah. Tetapi, kalau setiap hari? Pengeluaran akan membengkak dan boros. Daripada boros karena jajan, lebih baik dialokasikan untuk hal lain. Misalnya, menabung? Jadi, memasak adalah rutinitas wajib yang saya lakukan setiap hari. Jajan ya seperlunya saja. Kalaupun jajan makanan di luar, biasanya jajan dagangan makanan milik teman. Sebab, selain bisa membuat perut kenyang, dapat membantu perekonomian teman juga.

Yummy app

Jawaban kedua adalah pertimbangan faktor kebersihan. Saya tidak berkata bahwa makanan yang dibeli di luar itu kotor. Hanya saja, saat memasak sendiri di rumah, saya mengetahui langsung kualitas bahan-bahan makanan yang akan dimasak. Terakhir, saya memasak di rumah karena memasak adalah hal yang menyenangkan. Entah mengapa, menyiapkan stok bumbu halus di dapur dapat membuat saya amat bahagia!

 

MEMBUAT RENCANA MEMASAK


Entah itu sahabat, teman online, keluarga, maupun diri sendiri, seringkali melontarkan pertanyaan itu setiap hari. Saya ulangi, SETIAP HARI.

Kadang, kalau saya belum membuat jadwal memasak, pertanyaan semacam itu membuat saya pusing sendiri. Tunggu, tadi saya menyebutkan jadwal memasak? Coba, di antara kalian para pembaca, apakah memiliki jadwal memasak rutin?

Yes yes yes! Adanya jadwal perencanaan memasak adalah satu hal penting untuk menghilangkan pertanyaan masak-apa-hari-ini setiap hari. Percaya atau tidak,

membuat jadwal rencana memasak ikut andil dalam membuat diri kalian lessstress.

Kalian pasti tak ingin stress, kemudian jatuh sakit hanya gara-gara memikirkan masak-apa-ya-besok. Perlu diingat, dalam keadaan pandemi ini kita harus selalu menjaga tubuh kita agar tetap sehat loh. So, membuat jadwal rencana memasak itu wajib ya bagi kalian yang sering memasak sendiri di rumah.

Saya sudah cukup lama menerapkan cara ini, membuat jadwal rencana masak. Lalu, harus mulai dari mana membuat jadwal rencana memasak? Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari dan mencatat sebanyak-banyaknya resep masakan. Hal ini berguna untuk membuat daftar belanjaan bahan makanan dikemudian hari, Buibu! Jadi, setelah resep masakan terkumpul banyak, kalian bisa susun kapan waktunya resep itu di masak.

Mengetahui resep masakan yang akan dimasak, itu artinya kalian juga tahu bahan-bahan masakan yang akan dibeli, yaa kan? Tandanya, membuat jadwal rencana memasak ikut mendukung dalam gerakan belanja bijak. Belanja sesuai kebutuhan.

Sebagai pengingat juga, pandemi mendesak kita untuk bijak dalam pengeluaran karena kondisi perekonomian global atau negara yang masih belum menentu.

Nah, untuk resep masakan, harus cari di mana sih? Well, resep masakan kalau kalian berselancar di internet banyak sekali. Hanya saja, beberapa bulan terakhir, saya menggunakan aplikasi memasak di smartphone. Kebetulan saya tidak sengaja melihat informasi ini di Instagram Explore, saat sedang mencari resep masakan di Instagram.

 

WAJIB DOWNLOAD YUMMY APP

Yummy app review indonesia hellomamika

Adalah Yummy App, aplikasi yang sudah saya gunakan dalam beberapa bulan terakhir ini. Saya baru tahu ternyata aplikasi ini sudah ada sejak 2019. Sayangnya, saya baru tahu ada aplikasi berguna seperti ini di tahun 2020. Kasihan deh saya! Haha. Dan… kalau saja Yummy App adalah manusia, saya akan sangat berterima kasih padanya karena telah membuat hari-hari saya tidak dipenuhi oleh pikiran ‘masak-apa-ya-hari-ini’. Sangat jelas bahwa, saya ketergantungan dengan aplikasi ini yang sudah banyak membantu dalam hal masak-memasak! Kalian sudah tahu tentang aplikasi ini atau belum sih?Yummy app review yummy app indonesia

Bagi yang belum tahu, Yummy App adalah sebuah aplikasi yang berisi aneka resep masakan. Berdasarkan informasi yang saya baca, awalnya Yummy App pada tahun 2016 hanya sebuah platform yang menyediakan resep, tutorial dan tips memasak saja di bawah naungan IDN Media. Namun, 2019 berkembang menjadi sebuah aplikasi yang isinya tidak hanya resep masakan. Bahkan lebih dari itu, bisa menghasilkan uang! Nah kan kalian pada melek mendengar kata uang! Hahaha.

Maka dari itu, saya sangat tertarik untuk membahas serta merekomendasikan aplikasi ini untuk kalian download. Wajib pake banget! Berbagai keunggulan pada Yummy App membuat saya jatuh cinta dan ketergantungan. Penasaran seperti apa keunggulan yang saya suka dari aplikasi Yummy App? Nah, di bawah ini, saya bahas manfaat yang saya rasakan selama menggunakan aplikasi Yummy App dalam beberapa bulan terakhir.

 

Salah satu hal yang membuat kegiatan masak menjadi menyenangkan adalah mencoba berbagai variasi resep baru. Ini mutlak bagi saya untuk menyediakan menu makanan yang berbeda setiap harinya, walaupun suami dan anak-anak tidak menuntut hal itu.

Yummy App Review Ramen

Aplikasi Yummy App menyediakan berbagai variasi resep masakan. Suka nonton drakor alias drama Korea dan ingin mencoba memasak makanan Korea seperti di film? Ada dan lengkap! Kalian mau cari berbagai resep masakan nusantara, Indian, Western, semua ada. Tinggal ketik kata kunci di kolom cari. Yummy App tidak hanya menyediakan resep masakan main course loh, tetapi juga side dish atau resep cemilan bahkan resep minuman seperti jus juga ada, Buibu.

 

Kadang, kalau melihat resep dari seseorang, saya suka berpikir apakah resep ini menjamin menghasilkan masakan dengan rasa yang enak? Minimal, berhasil dalam soal tekstur makanan yang dimasak. Sebagai contoh, resep menjamin menghasilkan bolu yang tidak bantet. Bagi yang sering berpikir seperti saya, please download aplikasi Yummy App sekarang juga! Sebab, di Yummy App ada akun resmi dari para Chef atau pemasak handal yang sudah terpercaya menghasilkan resep masakan anti gagal-gagal klub. Seperti Chef Arnold atau para Chef dari Yummy App.

 

Salah satu keunggulan dari Yummy App yang saya suka adalah menampilkan informasi estimasi total biaya dari satu resep. Keunggulan ini ada di dalam fitur filter harga. Sebagai contoh, ketika saya mencari sebuah resep dengan budget memasak terbatas, saya bisa mencari aneka resep berdasarkan filter harga. Iyes, Yummy App memang memberikan pilihan resep-resep sesuai budget yang kalian punya. Jadi, tak perlu khawatir jika kalian hanya memiliki budget 10k, tetap masih bisa memasak masakan yang lezat kok 😉

 

Menurut saya, rincian informasi tentang suatu resep itu sangat penting ya. Selain ada informasi estimasi biaya bahan-bahan masakan dalam satu resep, di Yummy App juga menampilkan rincian informasi durasi memasak dan ukuran porsi makanan yang dimasak. Menampilkan informasi durasi memasak sangat berguna, terutama bagi Ibu yang memiliki anak berusia balita. Sebab, sang ibu bisa mempertimbangkan resep masakan yang akan dimasak berdasarkan durasi memasak. Hal ini guna menghindari gangguan dari si kecil saat memasak. Kalau saya sih, biasanya akan memilih resep masakan yang durasinya singkat. Hal ini berlaku juga saat saya memasak bekal untuk Pak Suami ke kantor. Jika terpaksa memilih resep masak yang memerlukan durasi memasak cukup lama, biasanya saya lakukan pagi hari sebelum anak-anak bangun tidur.

Untuk informasi porsi juga berguna nih bagi saya. Saya terbiasa masak untuk sekali makan. Artinya, saya masak untuk makan siang ya untuk siang dan tidak akan dihangatkan kembali. Jadi, saya biasanya akan memasak dalam porsi kecil. Dengan adanya informasi ini, saya terbantu untuk memilih resep dengan porsi kecil sehingga bahan-bahan yang saya siapkan pun secukupnya atau sesuai resep saja.

 

Siapa yang di sini masih bingung mengaplikasikan bacaan resep di rumah? Kalau iya, coba download Yummy App deh. Beberapa resep di Yummy App diunggah dalam bentuk tutorial video memasak. Tutorial videonya sangat jelas dan mudah dipraktekkan.

Jadi, sambil masak, kalian bisa melihat langsung proses pembuatan atau cara memasaknya. Dijamin, masakannya berhasil! Oh ya cara penyampaian video tutorial ini sangat informatif loh bagi kalian pemula yang ingin belajar masak.

 

Nah, ini nih keunggulan menarik Yummy App yang membuat saya sangat cinta. Namanya FITUR MEMASAK. Fitur ini menampilkan daftar bahan makanan yang kalian miliki di rumah. Intinya, melalui fitur ini, resep akan muncul setelah menyesuaikan daftar bahan-bahan masakan yang ada di rumah kalian. Sebagai contoh, kalau kalian hanya memiliki wortel, kentang, buncis, bawang, dan tomat di kulkas, kalian tidak akan bingung mau diapakan bahan tersebut. Sebab, setelah kalian klik ke semua bahan yang kalian punya di rumah, akan muncul berbagai pilihan resep menggunakan bahan-bahan yang ada tadi. So, saat kalian lupa membuat jadwal rencana memasak, kalian tinggal gunakan fitur ini dan katakan selamat tinggal untuk pertanyaan masak-apa-hari-ini. Fitur yang brilian ya.

 

Setelah galau memikirkan mau-masak-apa-hari-ini, saya sudah berikan solusi untuk membuat jadwal rencana memasak. Budget terbatas untuk membeli bahan-bahan masakan, saya berikan solusi juga menggunakan salah satu fitur di Yummy App. Nah, masih bermasalah soal masak-memasak karena tidak ada uang? Saya punya solusinya, download Yummy App. Lagi-lagi saya sarankan aplikasi ini sebab, Yummy App bukan sekedar aplikasi resep masakan biasa, Buibu. Tetapi, lebih dari itu. Banyak sekali manfaatnya, termasuk dapat menghasilkan uang. Terkejut? Ya, dan itu benar. Kalian bisa mendapat uang di Yummy App melalui dua cara yaitu, Tulis Resep dan Kode Referral. Apa itu? Ok, saya jelaskan di bawah ini satu-satu ya.

Fitur tulis resep di Yummy App, tidak hanya tulis, posting, dipublikasikan, dan berakhir dibaca oleh audience Yummy App. Tidak berakhir sampai di situ saja. Setelah resep dipublikasikan, kalian bisa mendapatkan uang. Dengan catatan, uang akan kalian terima setelah resep disetujui oleh tim Yummy App.

Selain melalui fitur tulis resep, cara kedua yang dapat menghasilkan uang adalah dengan membagikan kode referral kepada teman atau keluarga. Setiap teman yang kalian undang berhasil mendownload, kalian akan memperoleh poin yang bisa diubah menjadi uang. Besar nominalnya pun lumayan loh, kalian akan mendapat sepuluh ribu rupiah untuk setiap teman yang berhasil mendownload aplikasi Yummy App. Seru ya!

 

Well, sebenarnya masih banyak lagi sih keunggulan dari Yummy App yang saya suka. Seperti, banyaknya tips-tips yang sangat bermanfaat seputar memasak, penawaran kompetisi memasak yang berhadiah uang sekaligus memacu pengguna untuk berkreasi dengan resep masakan, dan terakhir UI, UX yang enak dilihat dan nyaman digunakan oleh pengguna.

So, gimana nih? Sudah dijabarkan keunggulan masih belum mau download aplikasi anti galau masak-memasak? Yakin? Semua keunggulan itu didapatkan dari aplikasi nol rupiah loh! Alias gratis tis tis tis. Kalau masih belum yakin download karena masih belum paham menggunakannya, berikut di bawah ini, saya berikan video cara menggunakan aplikasi Yummy App!


RESEP MASAKAN FAVORIT : Ayam Goreng Mentega

Oh ya, di bawah ini, saya juga mau memperlihatka masakan saya hasil contek dari resep Yummy App. Resep masakan yang diberikan oleh Yummy app selalu berhasil saat saya coba praktekkan dan rasanya enak. Salah satunya resep masakan ayam goreng mentega.

Sudah tak terhitung, berulang kali saya masak masakan ini. Ini menu makanan favorit keluarga.  Bahannya mudah, proses masaknya mudah, dan durasi waktu memasak cukup singkat. Biasanya saya masak ini untuk bekal makanan suami di kantor. Suami dan anak-anak pun selalu memuji masakan saya ini. Kata mereka, rasa masakannya seperti di restoran! Hihi. Senang deh! Nih, saya kasih lihat hasil masakannya 🙂

Resep masakan yummy app
Kurang bawang daun nih… tetapi tidak mengurasi rasa 🙂

Mau masak ini juga? Silakan save foto di bawah ini. Saya tulis ulang resep masakan dari Yummy App.


Yok Ayok SEMANGAT MASAK !

Baiklah, intinyaaa.. saya kasih wejangan lagi nih, persoalan masak-memasak jangan dibikin pusing. Semua itu ada solusi. Mulai dari solusi membuat jadwal rencana memasak, pengelolaan pengaturan durasi waktu memasak, pengelolaan budget, dan lain-lain. Dan…

semua solusi dari permasalahan masak-memasak sebenarnya sudah ada di Yummy App!

Masak menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Dari yang tidak bisa memasak, jadi bisa memasak. Dari yang tadinya pusing mikirin masak-apa-hari-ini setiap hari, jadi gak pusing lagi. Dari yang susah mengatur waktu antara memasak dan mengurus anak, ada solusi pemilihan resep dengan durasi waktu memasak singkat di Yummy App. Budget terbatas, juga ada fitur filter harga di Yummy App. Mau cari apa lagi tentang informasi masak? Semua adaaaaa! Saya gak akan bosan bilang ini ke kalian, PLEASE DOWNLOAD! Tinggal download di Google Play atau Appstore tok dan GRATIS. Effortless banget loh ini. ;D

Ok, sekian tulisan saya tentang masak-memasak dan review Yummy App. Semoga tulisan ini dapat membantu kalian yang masih galau dalam dunia masak.

Terima kasih telah berkunjung dan membaca blog saya. Sampai ketemu lagi di tulisan saya berikutnya.

Salam Hangat,

Ika 😘

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *