Play Time : Sabtu Siang Di MINIAPOLIS AEON BSD

Hello Readers !

Lumayan lama nih, saya dan suami tidak mengajak anak-anak bermain di playground. Terakhir kali mengajak anak-anak bukan ke playground, tetapi ke themes park Disneyland. Hahaha. Sombong! Cerita selengkapnya tentang Disneyland ada di link bawah ini.


LIBURAN DAY 2 DI HK : DISNEYLAND


Terakhir kali mengajak anak-anak bermain di playground memang sebelum kami berangkat liburan ke HK ya. Setelah itu libur puasa dan lebaran. Libur sekolah juga banyak agenda lain sehingga saya dan suami belum sempat mengajak anak-anak main di playground atau taman bermain sejenisnya.

Alhamdulillah, dua minggu yang lalu, saya dan suami kesampaian juga mengajak anak-anak bermain di playground. Lokasinya masih yang dekat rumah saja. Masih di sekitar Tangerang Selatan. Saya pilih di BSD karena masih berada di dalam mall kecintaan saya yaitu AEON. Hehehe. Sesuai dengan judul play time di atas, nama playground yang anak-anak kunjungi kemarin adalah MINIAPOLIS.

***

KONSEP MINIAPOLIS

Sebelum saya masuk ke dalam arena bermain di Miniapolis, saya mengira konsep bermain di sini akan serupa dengan playground lain seperti KIDZOOONA atau PLAYTIME yang berada di AEON. Ternyata beda. Konsep bermain di Miniapolis AEON BSD lebih menekankan kepada aktifitas bermain yang melibatkan fisik. Benar-benar bergerak aktif. Ada juga sih beberapa permainan kecil yang tidak terlalu mengeluarkan banyak energi. Namun, jumlahnya sangat sedikit, tidak sebanyak playground lain di AEON yang pernah saya kunjungi.

 

LOKASI, JAM OPERASIONAL DAN HARGA TIKET MASUK MINIAPOLIS AEON BSD

Sebelum saya menceritakan lebih banyak tentang jenis permainan yang ada di dalam Miniapolis AEON BSD, saya akan menginformasikan hal dasar tentang Miniapolis dimulai dari lokasi.

Lokasi Miniapolis AEON BSD ini ada di lantai 2. Letaknya bersebelahan persis dengan Gramedia.

Jam operasional Miniapolis dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB. Jam tersebut berlaku dari Senin sampai Minggu. Perbedaan jam operasional mungkin akan berbeda di hari-hari tertentu seperti libur perayaan hari raya lebaran atau natal.

 

 

Untuk harga tiket masuknya (ini nih yang paling penting, ya kan?), ada harga member dan non member. Harga tiket keduanya, baik member atau non member berlaku untuk seharian. Tidak ada harga waktu bermain 1 jam atau seharian, semua harga memang untuk 1 full day. Bisa bolak-balik masuk asalkan gelang penanda tidak rusak atau robek. Berikut di bawah harga tiket masuk berdasarkan member dan non member.

MEMBER : weekday 60ribu, weekend 80ribu.

NON MEMBER : weekday 80ribu, weekend 110ribu.

Harga tersebut sudah termasuk pendamping satu orang dan harga di atas berlaku untuk pembelian langsung di loket tiket. Kalau saya membeli langsung di loket, saya juga dikenakan harga tiket non member. Namun, tiket masuk Miniapolis AEON BSD bisa juga dibeli melalui Traveloka, bahkan lebih murah! Harga tiket weekend di Traveloka 99ribu/pax ditambah saat saya membeli sedang ada promo Hari Anak sehingga ada potongan 70ribu. Jadi, total tiket masuk Miniapolis yang saya bayarkan kemarin Sabtu untuk dua orang anak adalah 128ribu. Jauh lebih murah kan? Hehehe.

 

ADA PERMAINAN APA SAJA DI MINIAPOLIS AEON BSD ?

Tadi sudah saya katakan bahwa konsep bermain di Miniapolis AEON lebih banyak aktifitas fisik. Jadi, jenis permainannya pun sebagian besar adalah berbentuk playground dalam arti sebenarnya. Dimana playground dalam arti sebenarnya adalah jenis permainan outdoor anak-anak yang biasanya ada di sekolah atau taman. Hanya saja playground Miniapolis ini kan ada di dalam ruangan. Untuk mengikuti konsep playground yang sebenarnya, Miniapolis AEON BSD ini juga menata dekorasi arena bermain dengan lantai yang beralaskan rumput sintetis. Begitu juga dengan dinding yang dilukiskan awan dan rerumputan sehingga mengesankan bermain di playground outdoor sungguhan.

Real Playground

Trampoline

Tidak hanya permainan khas di playground seperti memanjat, menggelantung, berseluncur, berayun di ayunan dan melompat di atas trampoline, ada beberapa jenisbpermainan lainnya. Permainan itu antara lainnya adalah sepeda, kick scooter (otoped), perosotan balon dan kolam bola. Juga aneka permainan menyusun balok besar, piano, dan wiregame. Untuk dua jenis permainan terakhir yang saya sebutkan, jumlahnya sangat terbatas yaitu hanya 1 buah. Walaupun untuk sepeda, kick scooter dan sejenisnya pun hanya ada sekitar 2 atau 3 buah per jenis (cmiiw).

Aneka Permainan Sepeda

Perosotan Balon dan Kolam Bola

Puzzle Block, Mini Piano, dan Wiregame

 

 

 

KERETA MINIAPOLIS

Selain playground dan teman-temannya, anak-anak yang bermain di Miniapolis AEON BSD ini juga bisa mencoba naik kereta Miniapolis. Keretanya berada di luar arena bermain, sama seperti choo-choo train berkeliling mengelilingi mall. Untuk mencoba berkeliling dengan kereta tidak akan dipungut biaya, sudah include dari tiket masuk di awal. Jika hanya ingin naik kereta tanpa membeli tiket bermain seharian di Miniapolis juga bisa. Harga tiket keretanya 40ribu per anak. Kalau menurut saya sih mahal yaa jikalau membeli single ticket untuk train. Lebih baik sekalian membeli paket bermain di Miniapolisnya juga.

Sayangnya, kemarin saat anak-anak bermain, keretanya sedang rusak, rodanya macet. Jika dipaksakan jalan akan membahayakan anak-anak. Apa boleh buat ya.. Tetapi, ada satu permainan lagi yang bisa menjadi daya tarik anak yaitu menangkap ikan. Nama permainannya Fish Scooping.

 

FISH SCOOPING

Di Miniapolis AEON BSD ini, ada akuarium kecil yang berisi ikan-ikan kecil. Anak-anak bisa mencoba menangkap ikan dengan serokan ikan berukuran kecil. Tetapi, untuk bisa bermain menangkap ikan ini dikenakan biaya 15ribu per anak. Harga tersebut termasuk dua ekor ikan yang bisa dibawa pulang dari hasil tangkapan anak. Kemarin, saya sih hanya membeli untuk 1 anak namun bermainnya bergantian antara kakak dan adik. Hehehe. Oh iya, untuk permainan ini tidak antri dan cenderung sepi walaupun letaknya ada di depan samping loket tiket. Mungkin karena berbayar ya?

KEAMANAN DAN KEBERSIHAN

Saat awal masuk setelah pembelian tiket, petugas akan memberikan 4 gelang kertas untuk anak dan pendamping. Gelang tersebut harus dipakai dan jangan sampai robek. Gelang itu juga digunakan sebagai bukti untuk penjemputan anak. Agar tidak sembarang orang bisa menjemput anak-anak. Selain gelang, di depan pintu masuk selalu ada petugas dan gerbang juga selalu ditutup. Hal itu untuk memastikan tidak ada orang luar yang berusaha masuk, apalagi jika orang tersebut tidak menggunakan gelang, maka tidak akan diijinkan masuk ke dalam arena bermain.

 

 

Selain anak, stroller yang dibawa juga dipastikan aman. Miniapolis menyediakan tempat untuk parkir stroller. Letaknya masih di dalam area Miniapolis bukan di luar. Begitu juga dengan rak sepatu yang ada di dalam (di belakang kasit loket tiket) dekat gerbang masuk. Ya, masuk arena bermain, anak dan pendamping harus melepaskan sepatu atau sendal agar arena bermain tetap bersih. Namun, anak dan pendamping harus menggunakan alas kaki yaitu kaos kaki saat masuk ke dalam arena bermain.

 

 

Keamanan bermain anak tidak hanya terletak di bagian gerbang masuk yang dijaga oleh petugas, alat bermain dan alas bermain juga dipastikan aman. Sebagian besar material playground adalah besi dan itu dilapisi oleh busa untuk meminimalisir kecelakaan saat bermain. Alasnya pun menggunakan karpet busa sehingga aman untuk anak-anak.

Soal kebersihan tentunya bersih ya. Apalagi tidak menggunakan sepatu atau sendal ke dalam arena bermain. Namun, beberapa area yang memang tidak terjangkau anak lumayan kotor dan berdebu. Walaupun tidak akan terjangkau anak, sepertinya harus tetap dibersihkan sih ya. Saran, setelah bermain anak langsung cuci tangan dan jangan lupa ganti baju, ya! 🙂

***

KESIMPULANNYA…

Sudah baca cerita di atas? Kalau sudah, berarti, setidaknya sudah ada gambaran ya apakah Miniapolis ini tempat bermain yang tepat atau tidak untuk anak Ibu atau Bapak. Ya gak?

Nah, kalau kesimpulan saya atau bisa dikatakan kesan saya terhadap Miniapolis AEON BSD adalah Miniapolis sangat cocok untuk anak-anak yang memang aktif, energinya banyak, suka berlarian, memanjat dan seluruh aktifitas fisik. Singkat kata, tidak bisa diam, gerak mulu kerjaannya. Ini dalam arti yang positif ya. Karena beberapa anak memang ada yang tidak menyukai kegiatan bermain seperti, hanya duduk menyusun Lego atau membentuk-bentuk sesuatu dengan PlayDoh. Beberapa menyukai kegiatan bermain di playground seperti yang ada di Miniapolis.

Awalnya saya memang kaget dan bergumam dalam hati,

Loh cuma segini aja nih mainannya?

Ya, karena hanya melihat jenis mainan seperti yang ada di playground outdoor, namun dalam jumlah besar dan lebih komplek.

Ternyata, walau terkesan sedikit dan kurang menarik bagi saya, permainan yang ada di Miniapolis sangat menarik buat anak-anak saya. Mencoba scooter, menjelajah playground yang besar, bebas berlarian, bebas loncat-loncat baik di trampolin atau bukan. Terkesan remeh yaa bermain semacam itu, tetapi anak-anak super happy loh.

Untuk jangkauan usia, Miniapolis AEON BSD sepertinya masih kurang cocok untuk anak usia 1 tahun dan di bawahnya. Permainan seperti menyusun balok atau wiregame juga jumlahnya sangat terbatas. Kalaupun bermain di Miniapolis mungkin harus lebih diawasi oleh pendamping agar anak tidak bertabrakan dengan anak yang usianya lebih besar. Namun, untuk melatih merangkak dan berjalan, masih bisa lah. Apalagi alas yang berupa rumput sintetis cukup bagus untuk melatih jalan sekaligus indera perabaan anak usia di bawah 1 tahun, mengenal permukaan kasar dan bergerinjal.

Selain membuat anak happy, Miniapolis juga nyaman untuk para pendamping. Mau duduk di bawah atau kursi, sama nyamannya. Berlama-lama di playground tetap nyaman karena udara di dalam playground dingin, full AC (yaiyalah, gile aje kagak pake AC hahaha). Harga tiket masuk Miniapolis 1 day full yang dijualkan juga ‘nyaman’ di dompet para orang tua. Meskipun Ibu atau Bapak membeli tiket on the spot bukan via Traveloka. Hehe.

Baiklah, sekian cerita pengalaman saya dan keluarga bermain di MINIAPOLIS AEON BSD. Semoga bermanfaat dan sampai ketemu di cerita Play Time lainnya.

Saya juga mohon maaf jika ada kata-kata yang saya tulis di atas, tidak berkenan untuk pihak-pihak tertentu.

Thank you for visit and reading my blog!

Best regards, 💋



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *