Hotel Story: H SOVEREIGN BALI

Photo Credit : Tripadvisor.com

Hello Readers !

Pengalaman berpindah hotel saat liburan memang sangat seru. Sekalipun mendapat hotel yang kurang mengenakkan seperti kemarin, tidak mengurangi kebahagiaan saya dan keluarga. Ya anggap saja pengalaman di hotel yang tidak enak sebagai bagian cerita paling menarik untuk dikenang. Hahaha.

Masih sama seperti dua hotel sebelumnya, hotel ini di-cover oleh perusahaan tempat suami saya bekerja (mengingat ini adalah bussiness trip). But, saya tetap membagi pengalaman saya ini yang mungkin akan berguna bagi kalian yang sedang mencari referensi hotel di Bali.

Mini stage with Balinese ornaments, located next to the H Sovereign restaurant.

H SOVEREIGN BINTANG 4

Ini adalah hotel ketiga sekaligus hotel terakhir yang saya tempati bersama keluarga saat liburan dadakan ke Bali dua tahun yang lalu. Hotel ini merupakan hotel bintang empat. Saya menginap di hotel ini hanya 1 malam. Salah satu yang membuat saya dan suami tertarik menginap di hotel ini adalah rooftop swimming pool. Selain itu, score dan review tamu di Traveloka pun cukup tinggi. Acuan tersebut penting, mengingat pengalaman menginap sebelumnya mengecewakan karena tidak memperhatikan score dan review tamu, hanya berdasarkan tampilan foto kamar.

LOKASI HOTEL

Hotel ini terletak di daerah Tuban. Sangat dekat dengan Bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Jarak hotel dengan bandara hanya sekitar 1.5 km. Lebih dekat dari Swiss-Belhotel Tuban. Lokasi hotel sangat strategis. Hanya beberapa langkah menuju pusat oleh-oleh Krisna di daerah Tuban karena lokasinya tepat di samping hotel. Di sekitar hotel juga banyak sekali tempat makan, mulai dari makanan pedagang kaki lima, warteg rumahan, gelato ice cream, hingga Bebek Tepi Sawah pun ada.

HOTELS RATE (Tarif Hotel)

Lokasi sudah sangat oke, bagaimana dengan tarif per malam? Tarifnya juga oke. Tarifnya sangat amat affordable. Saat saya memesan kamar hotel dua tahun lalu, November 2017, tarif kamar yang saya tempati sekitar 450ribu. Harga tersebut adalah harga tipe kamar deluxe room yang sudah termasuk sarapan untuk dua orang dan free wifi.

TIBA DI HOTEL

Saya dan keluarga tiba di hotel sekitar pukul 12 siang. Tiba di pelataran lobby bagian luar disambut ramah dan dibukakan pintu lobby oleh staff hotel. Ya, tidak seperti beberapa hotel di Bali yang pernah saya tempati, lobby hotel di H Sovereign bukan open air lobby. Lobby hotel berada di ruangan tertutup alias dalam gedung seperti hotel-hotel pada umumnya. Lobby-nya kecil dan terdapat beberapa penghargaan untuk hotel di meja resepsionis salah satu di antaranya dari Tripadvisor. Sebelah kiri dan kanan lobby hotel terdapat dua tempat makan di dalam hotel. Sebelah kiri semacam coffee shop dan kanan restoran Jepang.

Hotel elevator.

Saat tiba di hotel, saya dan keluarga belum bisa masuk kamar karena kamar belum ready dan belum masuk jam untuk checkin. Saya juga melihat banyak tumpukan tas koper di lobby yang sepertinya juga menunggu antrian untuk check-in. Sambil menunggu, saya berkeliling di sekitar area lobby hotel. Di bagian belakang lobby, banyak terdapat sofa untuk menunggu. Sangat nyaman.

DELUXE KING ROOM

Waktu yang sudah dinanti, masuk ke kamar! Saat melewati lorong menuju kamar, saya bisa mendengar percakapan tamu di dalam kamar dari luar kamar. Sepertinya ruang kamar tidak begitu kedap suara.

Begitu tiba, pemandangan yang terlihat saat pintu kamar terbuka adalah meja beserta kursi kerja dengan jendela besar dan cahaya terang di belakangnya. Di sebelah built-in closet terdapat connecting door yang aksesnya ditutup. Secara keseluruhan kesan awal yang bisa saya nilai tentang kamar ini adalah kamar tidak terlalu besar, minimalis dan pencahayaan yang cukup banyak alias terang.

Luas Kamar

Kamar ini adalah kamar terkecil di Bali yang pernah saya tempati. Luas kamar hanya 25m2. Namun, sebenarnya saya tidak ada masalah dengan kamar yang kecil. Hanya saja kamar yang kecil akan menimbulkan kesulitan bagi tamu yang membawa barang bawaan banyak dan koper berukuran besar seperti saya. Untungnya kamar ini masih memiliki tempat untuk meletakkan barang bawaan dan koper. Ada built-in closet dan meja khusus meletakkan koper. Tetapi, space di lantai untuk membuka koper berukuran 29 inch cukup sempit (yang tidak mungkin ukuran koper sebesar itu dibuka di atas meja khusus koper). Cara saya saat menginap di kamar yang kecil adalah mengeluarkan sebagian isi koper yang akan di pakai dan diletakkan di closet yang tersedia. Dengan begitu kamar rapi dan koper besar tidak menghalangi untuk berlalu lalang di dalam kamar.

Kamar Tidak Terlalu Kedap Suara

Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, kamar hotel sepertinya tidak begitu kedap suara. Memang benar karena suara tamu lain dari dalam kamarnya terdengar juga di dalam kamar yang saya tempati. Saya juga bisa mendengar suara pintu kamar tetangga yang sedang dibuka tutup. So, bagi yang tidak terbiasa dengan kebisingan sepertinya tidak cocok dengan hotel ini. Saya sendiri sih tidak ada masalah karena selama menginap tidak terlalu mengganggu terutama pada malam hari. Suara dan bunyi-bunyi lebih terdengar saat siang hari, pas malam hari tidak ada berisik yang mengganggu. Mungkin tamu lain juga menyadari ya kalau kamar tidak kedap suara.

Area Tidur

Pada area tidur lantai tertutup oleh karpet tebal yang empuk. Ukuran tempat tidur kamar ini adalah king. Kasurnya empuk dan sangat bersih. Kiri dan kanan terdapat side table. Samping kanan tempat tidur juga terdapat single sofa berlengan.

Di depan tidur terdapat LCD TV (sepertinya berukuran 40 inch), meja gantung yang menyatu dengan meja kerja beserta kursinya. Menurut saya hotel ini cocok bagi seseorang yang sedang melakukan perjalanan bisnis. Meja kerjanya besar, kursinya juga memang kursi kerja yang sangat nyaman.

Kamar Mandi

Jujur, selain karena lokasi kolam renang yang berada di rooftop, saya jatuh cinta dengan desain kamar mandinya. Kamar mandi didominasi keramik berwarna putih krem. Bagian shower kaca dengan pemandangan tempat tidur. Iya, jadi bagian area tidur dan kamar mandi terpisah oleh jendela kaca. Kacang bening malah, bukan kaca buram. Tetapi tenang saja ada tirai penutupnya kok. Sabun dan shampoo di kamar mandi juga tidak perlu takut kehabisan karena keduanya berada dalam bentuk dispenser yang menempel di dinding, mirip YOTEL Singapore. Sabunnya seingat saya pun wangi jeruk. Seluruh bagian di kamar mandi ini bersih.

Fasilitas Kamar

Fasilitas di dalam kamar cukup lengkap, ya sesuai standar hotel bintang 4. Mulai dari coffee and tea maker, hairdryer, deposit box, dan sebagainya. Semua tidak ada masalah. Fasilitas free wifi sangat baik. Sinyalnya kencang.

RESTORAN DAN SARAPAN

Restoran untuk sarapan berada di samping restoran Jepang. Restorannya besar dan indoor. Ruangan di restoran sangat bersih. Bagi perokok, bisa duduk di resto bagian luar yang terdapat seperti panggung mini dengan dekorasi ornamen khas Bali.

Saat tiba di resto, staff menghampiri apakah ingin teh atau kopi. Staff yang melayaninya ramah. Untuk menu, hampir sebagian besar (atau bahkan semuanya?) menu sarapan adalah menu internasional. Menurut saya menunya cukup lengkap. Pilihan menu jus buah sangat banyak, aneka toping salad juga sangat beragam. Untuk pilihan menu sarapan yang sedikit berat ada nasi goreng, pasta kacang merah dan masih banyak lainnya. Di antara ketiga hotel di Bali yang saya tempati, baru H Sovereign yang menu sarapannya saya sukai.

Blurry photo. Captured by my daughter.

SWIMMING POOL

Nah, ini dia daya tarik hotel ini. Kolam renangnya berada di bagian paling atas hotel. Sayangnya sedikit pepohonan dan tidak ada penutup alias tidak ada atapnya. Saran saya, lebih baik berenang di sini saat sore menjelang sunset. Pemandangannya bagus, matahari pun sudah tidak terlalu panas. Saat berada di sini pun bisa menikmati pesawat yang hilir mudik terbang di atasnya. Maklum saja jarak bandara dan hotel sangatlah dekat. Anak saya sangat senang berenang di sini karena bisa melihat pesawat sambil berenang. Hehehe.

FREE SHUTTLE TO AIRPORT

Buat kalian yang menginap di sini tidak perlu mengeluarkan ongkos bayar taksi untuk ke airport. Hotel menyediakan free shuttle menuju bandara. Sebelum checkout, saya membuat janji jam berapa saya dan keluarga menuju bandara. Konfirmasikan saja di resepsionis. Driver-nya pun sangat ramah. Untuk rute pelayanan free shuttle ke mana saja selaim bandara, bisa ditanyakan ke bagian resepsionis ya.

Enjoy sunset. Nice pool, nice panorama.

***

SO, WOULD I RECOMMEND H SOVEREIGN BALI?

Absolutely, YA i would. Saya merekomendasikan hotel ini jika kalian berlibur di Bali. Lokasi sangat oke, kamar masih oke, kamar mandi sangat saya suka, kolam renang menyenangkan, staff ramah, sarapannya enak, ada shuttle gratis pula yang akan mengantarkan ke bandara dan yang pasti harga kamarnya masih cukup terjangkau, worth it.

Sekian hotel story kali ini. Saya mohon maaf apabila ada opini yang menyinggung pihak tertentu. Tujuan saya hanya berbagi pengalaman yang saya rasakan selama menginap di hotel ini.

Thank you for visit and reading my blog!

Best Regards 💋

Just arrived at the departure terminal Ngurah Rai International Airport. Bye Bali, Bye H Sovereign…


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *