FUN DAY SUNDAY AT BALI SAFARI & MARINE PARK

Hello Readers !

Selama liburan di Bali dua tahun yang lalu, banyak hal seru yang saya dan keluarga lakukan. Salah satunya mengunjungi kebun binatang di Bali.

Di Bali ada 5 tempat kebun binatang. Ada Bali Zoo, Bali Bird Park, Turtle Island, Bali Butterfly Park dan Bali Safari & Marine Park. Oleh karena keterbatasan waktu, saat itu dari ke 5 pilihan, dibuat menjadi 2 pilihan. Saya dan suami pengen kebun binatang yang multi hewan, haha maksudnya kebun binatang yang isinya berbagai macam jenis hewan. Tujuannya agar anak tahu beragam jenis hewan. So, pilihan nya ada Bali Zoo dan Bali Safari Park. Tanya-tanya sama orang setempat dan review di internet, katanya bagusan Bali Safari Park walau harga lebih mahal dari Bali Zoo. Ya sudah, akhirnya saya dan keluarga memutuskan pergi mengunjungi Bali Safari & Marine Park.

BALI SAFARI & MARINE PARK

Location : Gianyar, Bali

Admission Fee : Safari Explorer Package IDR 150.000 (Adult), IDR 120.000 (Child) – price for Indonesian citizen.

Opening Hours : 09.00 – 21.00 WITA

***

BERANGKAT KE BALI SAFARI

Masih sama seperti kemarin ke GWK, Pantai Pandawa, dan Uluwatu, saya dan keluarga pergi dengan mobil rental plus driver. Mobil dan driver-nya pun masih sama. Saya dan keluarga berangkat sekitar pukul 10.00 pagi dari Swiss-Belhotel di daerah Tuban menuju daerah Gianyar. Perjalanannya lumayan jauh dan lama. Jarak keduanya 32 KM, waktu yang ditempuh kurang lebih sekitar 1 jam-an.

Expression of happiness to explore Bali Safari Park

TIBA DI BALI SAFARI

Tiba di Bali Safari, depan lobby dekat loket cukup ramai pengunjung, baik wisatawan asing maupun domestik. Antrian di loket tiket juga lumayan panjang. Tadinya pengen beli tiket di Traveloka. Sayangnya, Traveloka tidak menjual tiket Bali Safari saat itu, hanya menjual Bali Zoo (kalau sekarang tiket Bali Safari sudah tersedia di Traveloka).

Tersedia Banyak Pilihan Jenis Tiket Masuk

Sampai di loket pembelian tiket, saya dan suami sempat bingung karena banyak sekali pilihan paket dengan harga yang berbeda-beda. Harga untuk wisatawan asing saja berbeda dengan wisatawan domestik pemegang KTP Indonesia. Harga tiket masuk yang ditawarkan untuk wisatawan domestik mulai dari 20 ribu hingga jutaan. Paket safari juga tersedia untuk safari siang dan safari malam. Saya sendiri sih memilih paket standar saja yaitu Paket Safari Explorer. Saya membayar tiket untuk 2 dewasa dan 1 anak. Anak usia 2 tahun dan di bawahnya masih free. So, anak saya yang bayi tidak bayar tiket masuk.

Yeay! We are ready to explore!

Paket Safari Explorer itu meliputi single safari ride, kunjungan ke aquarium, elephant show dan animal show yang bisa disaksikan berdasarkan jadwal yang tersedia. Jadi untuk paket ini ga include naik-naik gajah ya. Seingat saya paket yang naik gajah itu sekitar 750 ribu. Lumayan mahal yaa. Masih banyak paket menarik seperti sarapan diliatin sama Lion atau sambil menginap di cottage-nya yang bangun tidur langsung disambut jerapah dan kawan-kawannya. Hehehe. Kalian cek aja di balisafarimarinepark.com.

Bracelet Penanda

Setelah pembelian tiket di loket selesai, pengunjung akan diberikan kertas untuk dililitkan sebagai gelang di tangan. Gelang ini nanti akan d scan sebelum masuk ke area taman safari. So, jangan sampai robek ya.

Show off the bracelet. Photo location, Main Terminal.

ADA APA SAJA DI BALI SAFARI & MARINE PARK?

Taman safari ini luas banget loh. Dari namanya saja sudah terlihat kalau di dalamnya juga terdapat tempat untuk hewan-hewan di laut. Hanya saja untuk Marine Park memang masih dalam tahap pembangunan. Namun, tetap saja area taman safarinya gede banget. Jadi, jangan lupa mengambil maps yang ada di sekitar pos-pos yang ada ya. Kalaupun tidak mengambil, cukup ikuti petunjuk yang ada di sekitar taman atau bertanya pada petugas taman safari, petugasnya cukup banyak dan ramah.

Photo source : balisafarimarinepark.com

Legend Area dan Funzone Area

Bali Safari ini terdiri dari dua area, area Legend dan area Funzone. Area legend isinya ya tempat hewan-hewannya yang terbagi atas beberapa bagian area lagi. Di area Legend ini juga terdapat beberapa fasilitas umum seperti kamar mandi umum, mushola, baby changing room. Sedangkan area Funzone adalah area bermain seperti waterpark, jungle cruise, roller coaster mini, marie go round dan masih banyak wahana permainan lainnya. Pengunjung yang membeli paket Safari Explorer seperti saya dan keluarga tidak bisa menikmati area Funzone. Tetapi, kalau sekedar lihat-lihat saja sih boleh.

Waterpark, Fun Zone area.

Shuttle Service

Kedua area tersebut cukup jauh dari pintu masuk Bali Safari jika dicapai dengan berjalan kaki. Jadi, pengunjung akan diantar ke area tersebut dengan shuttle bus yang telah tersedia. Setelah melakukan scan pada gelang, pengunjung langsung menuju Main Terminal yang tidak jauh dari tempat scan tersebut. Sekedar informasi, mobil shuttle-nya besar dan ber-AC, ga perlu takut kepanasan. Mobilnya juga stroller friendly. So, bagi yang membawa stroller bisa antri dibarisan pertama agar duduk di bagian depan. Mobil bagian depan luas, dapat menampung sekitar 2 stroller tanpa dilipat.

The Shuttle Bus.

Main Terminal ke Bali Terminal

Dari Main Terminal, pengunjung akan dan selalu berhenti di Bali Terminal untuk menuju tempat-tempat hewan di area Legend dan wahana atraksi di area Funzone. Pokoknya, mulai berpetualang itu pemberhentian awal pasti di Bali Terminal ini. Pulangnya juga. Mau balik ke parkiran mobil harus menuju Bali Terminal untuk menunggu shuttle yang akan mengantar ke Main Terminal.

Just arrived at Bali Terminal.

Lobby Barong

Tiba di Bali Terminal, pengunjung akan segera bertemu dengan Lobby Barong. Di lobi ini ada petunjuk ke arah funzone area, legend area atau akuarium. Baby changer room dan penyewaan stroller juga ada di lobby ini.

Tiger pose at the lobby.
The hallway to Barong Lobby.
There is a mini field on the side of the hallway.

FRESH WATER AQUARIUM

Di area ini ada beberapa aquarium, namun menurut saya jenis ikan yang dipamerkan hanya sedikit. Ikan yang paling menarik bagi saya dan keluarga adalah Piranha. Piranha-nya cukup banyak. Hal menarik adalah pengunjung bisa melihat jadwal saat tim Bali Safari memberi makan Piranha. So, perhatikan jadwalnya ya agar tidak terlewat.

Say hello to Piranha!
Unfortunately, we missed “feeding piranha” session.
Fresh water aquarium area, a lil bit dark.

Bagi yang ingin mengunjungi Bali Safari, harap selalu perhatikan schedule show-show yang ada ya. Salah satu hal menarik dari Bali Safari adalah kegiatan atraksi hewan-hewan di sana. Atraksi hewan satu dengan lainnya memiliki jadwal yang berbeda-beda.

BANYAK ATRAKSI MENARIK UNTUK TIDAK DILEWATKAN

Di sini, pengunjung tidak hanya melihat hewan dalam kandang tetapi juga bisa berinteraksi langsung loh. Nah, interaksi tersebut ada jadwal tertentu, tidak setaip waktu. That’s why saya bilang harus catat dan ingat jadwal waktunya karena sayang banget deh kalau sampai terlewat.

Very crowded in Petting Animal area.
On the other hand, the hedgehog area is very quiet.

Bertemu Dengan Nami

Salah satu yang tidak boleh dilewati adalah bertemu Nami. Nami adalah seekor orang utan. Pada waktu tertentu akan ada sesi bertemu langsung dan bisa berfoto dengan Nami. Foto bareng benar-benar bersebelahan! Tenang saja Nami-nya jinak kok. Nanti pihak Bali Safari akan fotoin pengunjung secara profesional. Hasil fotonya boleh diambil (dibeli) boleh tidak. Kalau mau foto pakai kamera sendiri juga ga apa-apa. Mereka juga siap bantu fotoin kok.

Bertemu Dengan Macaw Cantik

Selain Nami si orang utan, saya dan keluarga juga berkesempatan bertemu dengan burung-burung Macaw yang cantik. Kebetulan jadwal dan lokasi atraksinya berdekatan dengan Nami. Sama seperti Nami, kami juga bisa berfoto bareng Macaw tersebut.

My daughter vs Me photo with Macaw haha.

Animal Presentation Show

Kalau ini adalah pertunjukkan beberapa hewan. Hewan-hewan akan melakukan beberapa aksi yang sangat menghibur para pengunjung. Pertunjukkan ini dilakukan di Hanuman Stage. Sayangnya saya tidak mengambil foto saat pertunjukkan ini berlangsung.

At Crocodile Area.
The Elephant Museum.

Selain pertunjukkan ini, ada beberapa atraksi pertunjukkan hewan yang menarik lainnya yang tidak sempat saya foto. Seperti pertunjukkan harimau putih, melihat gajah yang dimandikan, memberi makan hewan-hewan seperti gajah, kambing atau kelinci. Untuk pemberian makanan, makanannya beli dulu di petugas Bali Safari.

An elephant’s trunk pose. Hahaha.

SAFARI JOURNEY

Nah, menurut saya dan keluarga, ini adalah atraksi yang paling menarik di antara semua atraksi di Bali Safari, Safari Journey.

On Safari Journey tour.

Safari Journey adalah semacam tour ke habitat aneka hewan-hewan liar. Jadi, hewan-hewan tersebut ditempatkan pada sebuah kawasan yang menyerupai habitat aslinya dan dibiarkan liar atau bebas. Bukan berada di sebuah kandang hewan dalam jeruji. Oleh karena hewan tersebut dibiarkan bebas berkeliaran, pengunjung akan diantar menggunakan shuttle bus.

Shuttle Bus untuk safari journey hanya berhenti di Terminal Toraja. Jadi, pengunjung yang ingin mengikuti tur ini harus menuju terminal Toraja. Tur ini juga hanya bisa dilakukan 1 kali bagi pengunjung yang membeli paket Safari Explorer.

Waiting for Safari Journey’s shuttle at Toraja Terminal.

FASILITAS PENUNJANG DI BALI SAFARI & MARINE PARK

Bali Safari Park memiliki fasilitas umum dan penunjang yang cukup lengkap. Mulai dari mushola, baby changing room, public rest room, akses yang ramah untuk wheel chair atau baby stroller, penyewaan stroller, restoran, kios makanan dan minuman, toko souvenir dan shuttle bus.

Souvenir Shop in Bali Safari and Marine Park.

***

Well, Bali Safari & Marine Park sangat menarik untuk dikunjungi, terutama bagi yang pergi bersama anak-anak. Saya dan keluarga menghabiskan waktu sekitar 5 jam disini. Dengan waktu selama 5 jam, kami sekeluarga cukup puas mengeksplor seluruh taman safari, walaupun ada beberapa atraksi yang tertinggal.

My husband always does some silly things.

Harga yang dibayarkan cukup layak mengingat lengkapnya fasilitas dan ukuran taman safari yang besar. Taman safari ini pun bersih dan banyak pepohonan yang cukup rindang.

Saran saya, pakai alas sepatu yang nyaman karena akan lebih banyak berjalan kaki selama di area taman safari. Bawa juga sejumlah uang cash untuk membeli minuman dan makanan, Bali Safari melarang pengunjung membawa makanan dan minuman dari luar.

 

Sekian cerita saya dan keluarga di Bali Safari & Marine Park.

Thank you for visit and reading my blog.

Best Regards, 💋



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *