BEAUTIFUL GARDENS BY THE BAY SINGAPORE

Hello Readers !

Kalau ditanya tempat yang wajib dikunjungi di Singapura pasti banyak banget yang jawab Sentosa, Orchard, dan Merlion Park. Sebenarnya banyak banget daftar tempat menarik di Singapura yang wajib dikunjungi. Nah, kalau saya yang ditanya, salah satu yang tidak boleh terlewatkan alias wajib dikunjungi adalah Gardens By The Bay.

 

Kenapa sih harus ke Gardens By The Bay? Ada apa di sana? Aah, paling isinya cuma taman-taman biasa gitu kan? Ga menarik ah cuma ngeliat pohon-pohonan doang! Eits, jangan salah! Gardens By The Bay bukan sembarang taman biasa. Bagi saya ini taman spesial hahaha. Agak lebay memang sih ya, but it’s true! Saya sangat terkesan dengan tempat ini.

 

LOKASI GARDENS BY THE BAY

Sebelum saya cerita ada apa saja di Gardens By The Bay, mungkin sudah banyak yang mengetahui juga bahwa lokasi taman ini berada di sekitar Marina Bay. Marina Bay yang ada hotel seperti kapal itu? Yap benar sekali. Alamat tepat Gardens By The Bay ini di Marina Garden. Untuk mencapai taman ini, pengunjung dapat menggunakan transportasi bus, MRT, taksi maupun kendaraan pribadi.

 

Bagi pengunjung yang ke sini dengan kendaraan pribadi atau taxi, sangatlah muda karena driver atau map pun pasti sudah mengenali. Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum MRT seperti saya sekeluarga juga mudah kok, pilih kereta dengan tujuan Bayfront Station. Turun dari kereta, pengunjung cukup ikuti petunjuk ke arah Gardens By The Bay. Sekedar informasi stasiun Bayfront ini terkoneksi langsung dengan Marina Bay Sands hotel dan mall-nya. Jadi buat yang mau melihat mall yang terkenal di Marina ini monggo nge-mall sekalian. Hehe. Untuk informasi lebih lengkap mengenai transportasi bisa klik di http://m.gardensbythebay.com.sg/en/plan-your-visit/getting-here-and-parking.html.

 

IT’S A REALLY HUGE GARDEN

Awalnya saya berpikir Gardens By The Bay hanya berisi dome-dome yang terkenal itu dan itu memang tujuan saya, mengunjungi dome-nya. Ternyata saya salah. Setelah keluar dari pintu exit stasiun, saya dan suami bertanya-tanya di mana ya dome tersebut? Kok kaya ga sampe-sampe. Then i can say, Gardens By The Bay is a huge garden i’ve ever visited in my life. Asli, ga bohong, tamannya luaaaaas banget. Saya hanya membayangkan tempat ini paling seluas taman safari lah alias tidak terlalu besar yang gimana gimana gitu untuk mencapai dome tujuan saya. Nyatanya besar sekali OMG sampai saya takjub dan kaki saya pegal. Iya lah pegal lha wong saya jalan kaki dari MRT Bayfront.

 

 

INSTAGRAM-ABLE PLACE

Selain untuk tujuan wisata mata karena keindahan taman yang luar biasa, tempat ini juga bisa dijadikan wisata kamera. Kalau anak muda jaman sekarang bilang tempat ini tuh Instagramable banget lah. Kenapa? Karena seluruh objek yang ada di taman ini bagus, ga ada yang jelek sama sekali. Mulai dari Flower Dome dengan tema-tema uniknya, Cloud Forest dengan air terjun buatannya, keindahan dan keunikan Supertree Groove seperti di film Avatar, danau, jembatan dengan latar Marina Bay Sands, dan masih banyak lagi objek yang bisa membuat gallery foto di hp penuh. Hehe.

 

 

FREE ENTRY GARDEN

Gardens By The Bay memiliki luas taman yang sangat besar yang terbagi atas beberapa area yaitu Bay South, Bay East dan Bay Central. Semua keseluruhan area taman ini free entry alias gratis tis tis. Jadi, bagi kalian yang menyukai keindahan tumbuh-tumbuhan, pepohonan, bunga atau sejenisnya dan menginginkan wisata gratis, Gardens By The Bay lah tempatnya. Pemandangannya bagus, udaranya bersih, tanpa biaya masuk pula. Menyenangkan bukan?

 

 

ATRAKSI WAJIB KUNJUNG DI GARDENS BY THE BAY

Jauh hari sebelum berangkat ke Singapura, saya sudah membuat itinerary berkunjung ke taman ini. Rencananya saya ingin mencoba semua atraksi mulai dari Cloud Forest, Flower Dome, OCBC Skyway dan Supertree Groove Rhapsody di malam hari. Keempatnya merupakan atraksi yang wajib dicoba jika berkunjung ke Gardens By The Bay. Sayangnya, atraksi yang gratis hanya Supertree Rhapsody di Supertree Groove. Lainnya berbayar. Loh tadi katanya semua area taman gratis? Seperti yang saya katakan, berkunjung ke Gardens By The Bay memang tidak dipungut biaya sedikit pun. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika ingin berkunjung ke kedua Dome atau naik OCBC Skyway di Supertree Groove.

 

 

Gardens By The Bay ini memiliki rumah kaca yang disebut Dome dan OCBC Skyway Supertree Groove di area Bay South. Rumah kaca ini pun terdiri dari 2 tempat yaitu Flower Dome dan Cloud Forest. Masing-masing dome berbayar. Sedangkan, Supertree Groove akan berbayar kalau ingin mencoba naik ke OCBC Skyway. So, hanya 3 itu saja kok yang berbayar. Kalau tidak mau mengunjungi ketiga tempat tersebut juga tidak apa-apa. Di luar tempat atraksi tersebut Gardens By The Bay sudah sangat cantik tempatnya untuk dinikmati. But, saran saya sih kalian wajib mencoba mengunjungi tempat atraksi tersebut dan pasti kalian tidak akan pernah menyesal.

 

 

FLOWER DOME

Dari seluruh atraksi wajib di Gardens By The Bay yang ingin saya coba, hanya Flower Dome yang terealisasi. Alasannya karena keterbatasan waktu dan membawa dua balita. Mau melihat atraksi musik dan lampu di Supertree Groove pun kemalaman. Mau naik OCBC Skyway terlalu tinggi, saya khawatir anak-anak nangis saat berada di atas. Kan sayang jadi tidak bisa menikmati. Then why i choose Flower Dome than Cloud Forest? Jawabannya Flower Dome lebih menarik karena saat itu sedang ada tema bunga Tulip.

 

 

Bagi yang belum tahu, kedua rumah kaca di Gardens By The Bay ini memiliki konsep yang berbeda. Cloud Forest memiliki konsep hutan dengan air terjun buatan yang sangat tinggi. Sedangkan Flower Dome menampilkan aneka jenis tanaman berbunga dan dalam beberapa periode tertentu memiliki tema yang berbeda-beda. Kedua tempat ini berada di dalam ruangan kaca tertutup. Informasi yang pernah saya baca juga, rumah kaca di Gardens By The Bay menjadi salah satu rumah kaca terbesar di dunia, khususnya untuk Flower Dome.

 

 

Harga Tiket Masuk Flower Dome. Harga tiket masuk Flower Dome dan Cloud Forest berbeda. Bagi yang ingin mengunjungi dua tempat tersebut sekaligus ada harga kombonya, cmiiw. Saya sendiri membeli single ticket untuk Flower Dome saja. Saya membeli 2 tiket dewasa dan 1 tiket anak. Tiket anak terhitung mulai dari usia 3-11 tahun. Harga tiket dewasa SGD 16 dan SGD 11 untuk anak. Harga tersebut berlaku untuk pembelian tiket on the spot. Untuk harga tiket online melalui Traveloka atau Klook mungkin akan sedikit berbeda.

 

TULIP MANIA 2018. Saat saya sekeluarga berkunjung, Flower Dome sedang dalam tema Tulip Mania. Begitu masuk ke dalam Flower Dome, saya disambut oleh banyaknya Tulip yang bermekaran dengan aneka warna. CANTIK SEKALI! Dekorasi tema juga sangat menarik. Pengunjung dibuat seolah-olah berada di pedesaan di negara asal Tulip yaitu Belanda. Uniknya saat tema ini, ada dekorasi kepala manusia dengan mata yang dapat berkedip loh! Keren banget…

 

 

FLOWER DOME Sejuk dan Wangi. Kalian pasti membayangkan masuk ke dalam rumah kaca itu panas dan pengap. Salah! Saya dan suami terkejut ternyata di dalamnya sangat sejuk. Ga ada hawa panas sekalipun ramai oleh pengunjung. Anak-anak pun anteng, tidak rewel kepanasan malah bikin ngantuk! Hehe. Selain sejuk, dalam ruangan pun wangi bunga asli tersebar di seluruh ruangan. Berada di Flower Dome benar-benar membuat relax.

 

 

Fasilitas Nursing Room. Bagi ibu menyusui, fasilitas ini sangatlah penting. Berita baiknya di dalam Flower Dome terdapat fasilitas ini. So, tidak perlu menyusui di depan orang banyak saat anak saya rewel ingin menyusui. Ruangannya bersih disertai dispenser air hangat. Berguna bagi ibu yang ingin membuat susu dalam botol dot.

HAL LAIN YANG DAPAT DILAKUKAN DI GARDENS BY THE BAY

Tidak hanya menikmati atraksi rumah kaca atau taman avatar dengan jembatan OCBC Skyway-nya, ada hal lain yang bisa dilakukan di taman ini. Nah, jika kalian berkunjung ke Singapura lalu ingin jogging santai sore atau pagi hari, bisa banget loh datang ke Gardens By The Bay. Saya sekeluarga datang sore hari dan melihat beberapa orang sedang jogging. Selain jogging, bisa juga bersepeda karena di Gardens By The Bay sepertinya tersedia penyewaan sepeda (entah berbayar atau gratis). Hanya sekedar duduk di kursi taman di sekitar area dekat dome juga menarik karena memiliki pemandangan Singapore flyer. Saran saya datang saat sore, matahari sudah tidak terik dengan angin yang lebih sejuk.

 

 

JAM OPERASIONAL GARDENS BY THE BAY

Untuk menikmati taman ini, sebagian besar area atau tempat atraksi mulai beroperasi untuk umum pukul 5 pagi dan tutup pukul 2 pagi. Khusus atraksi berbayar yaitu Cloud Forest, Flower Dome, dan OCBC Skyway mulai beroperasi pukul 9 pagi sampai 9 malam. Pembelian tiket ketiga atraksi paling lambat pukul 8 malam.

 

 

FASILITAS PENUNJANG DI GARDENS BY THE BAY

Tidak hanya berisi tanaman dan pemandangan yang cantik, taman ini memiliki beberapa fasilitas umum cukup lengkap di antaranya adalah :

  • Public rest room. Kamar mandi di taman ini cukup bersih.
  • Keran air minum bersih dan gratis. Sama seperti di beberapa tempat di Singapura, di Gardens By The Bay juga terdapat air keran yang bisa diminum langsung. Tidak perlu takut kehausan setelah berjalan kaki. Saran saya membawa botol minum kosong berukuran besar untuk diisi.
  • Kursi taman. Kursi taman cukup banyak tersebar di seluruh area taman.
  • Public dining. Tidak perlu takut kelaparan setelah berkeliling di taman seluas Gardens By The Bay. Taman ini memfasilitasi beberapa tempat makan cukup lengkap. Ada Bakerzin dan McDonalds (Halal) juga.
  • Toko souvenir. Taman ini juga menyediakan tempat yang menjual souvenir yang bisa dijadikan oleh-oleh. Sayangnya saya tidak mengunjungi tempat ini.
  • Shuttle service. Bagi yang tidak terbiasa jalan kaki atau memang tidak ingin berjalan kaki, sebenarnya bisa menggunakan shuttle yang tersedia. Harganya juga tidak terlalu mahal, sekitar SGD 3, tetapi antriannya panjang. Daripada wasting time untuk mengantri, saya dan suami lebih memilih berjalan kaki sekalian olahraga ceritanya sih. Eeeh, ternyata memang jauh, pantes saja saat itu saya dan suami sudah melewati jembatan segala macam kok masih belum saja terlihat penampakan flower dome. Hehehe. So, kalau ga kuat jalan jauh pakai shuttle saja ya! 🙂
  • Penyewaan stroller anak. Bagi orang tua yang membawa balita wajib membawa stroller ya kalau mau berjalan kaki. Kebayang ekstra pegal kalau jalan kaki sambil menggendong anak. Namun, bila tidak membawa taman ini menyediakan penyewaan stroller. Kalau saya tidak salah, tidak berbayar dan sistemnya first come first serve.
  • Nursing room. Tidak hanya di Flower Dome, ruang menyusui juga tersedia di beberapa area di taman ini.
  • Informasi lengkap mengenai fasilitas umum bisa kalian kunjungi juga di halaman ini http://m.gardensbythebay.com.sg/en/plan-your-visit/services-accessibility.html.

Nah, gimana? Tertarik mengunjungi taman ini? Saya jamin tidak akan menyesal deh. Saya saja berencana ke sini kembali jika berkunjung ke Singapura. Duduk-duduk sambil melihat pemandangan cantik dan menghirup udara segar, aaah happy banget deh pokoknya. 🙂

 

Sekian cerita saya di Gardens By The Bay. Thank you for visit and reading my blog!

Best Regards 💋



2 thoughts on “BEAUTIFUL GARDENS BY THE BAY SINGAPORE”

    • Semuanya sebenarnya menarik sih.. yang kolam dragonfly aja belum sempat didatangi hehe. Tp emang yang pling nyaman di flower dome itu. Udah wangi terus adem lagi, Mbak 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *